Mengupas Habis Manfaat dari Olahraga Bulutangkis

olahraga bulutangkis

Olahraga bulutangkis membutuhkan kesiapan stamina yang kuat karena tingginya intensitas pertukaran shuttlecock yang Anda lakukan dengan partner. Banyak manfaat dari olahraga bulutangkis yang akan Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin.

 

Go Dok Memiliki badan yang tetap sehat nan bugar sebenarnya tidak sulit, lho! Salah satunya dengan cara berolahraga bersama teman. Selain menyehatkan, berolahraga yang membutuhkan partner atau rival juga lebih memacu semangat dan adrenalin karena melibatkan aspek sosiologi dan psikologis. Salah satunya dengan melakukan olahraga bulutangkis atau badminton.

Melakukan olahraga ini membutuhkan kesiapan stamina yang kuat karena tingginya intensitas pertukaran shuttlecock yang Anda lakukan dengan partner. Selain itu, adrenalin pun terpicu karena gengsi untuk mendapatkan poin yang lebih tinggi juga membuat keringat Anda terkuras secara tidak sadar.

Setidaknya, ada 9 manfaat olahraga bulutangkis yang bisa Anda rasakan jika melakukannya secara rutin! Mau tahu?

Yuk, simak manfaat olahraga bulutangkis di bawah ini!

1. Kebugaran Fisik

Olahraga bulu tangkis bisa membakar lemak sekitar 450 kalori per jam lho! Bagaimana bisa? Karena, dalam bulu tangkis Anda akan selalu berlari, menerjang, dan memukul bola. Jenis latihan ini bisa membuat tubuh Anda selalu dalam kondisi prima.

2. Mengembangkan Atletisme

Sifat permainan yang serba cepat ini meningkatkan kecepatan dan juga refleks Anda. Anda juga diharuskan untuk berpikir cerdik karena harus tahu bagaimana cara menipu lawan di setiap pukulan bola.

3. Pola Otot yang Meningkat

Bermain bulutangkis dapat mengencangkan otot paha depan, gluteus, betis dan paha belakang. Selain itu, lokasi otot inti seperti otot lengan dan punggung juga dapat berkontraksi sehingga meningkatkan massa otot.

4. Fleksibilitas dan Kekuatan Otot

Semakin Anda banyak bergerak, maka otot akan semakin fleksibel. Selain meningkatkan fleksibilitas, Anda juga mendapatkan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

5. Mobilitas

Seiring bertambahnya usia, mobilitas Anda akan semakin terbatas karena faktor pengeroposan tulang dan sendi yang mulai tidak elsatis. Bermain bulutangkis bisa mencegah permasalahan ini, lho. Dengan melakukan olahraga bulutangkis secara rutin, maka sendi akan selalu terlumasi dan mencegah arthritis atau radang sendi serta osteoporosis berkembang.

6. Penurunan Berat Badan

Bulutangkis juga dapat membantu mengontrol berat badan Anda karena sifatnya yang membakar lemak dan meningkatkan metabolisme. Dikombinasikan dengan diet yang tepat, Anda akan mencapai penurunan berat badan yang optimal.

7. Manfaat Psikologis

Selain meningkatkan kebugaran fisik, bulutangkis juga membantu mengurangi stres dari rutinitas pekerjaan Anda. Nyatanya, olahraga bulutangkis dapat meningkatkan hormon endorfin, yang merupakan neurotransmiter atau menimbulkan rasa relaksasi di otak. Hal ini juga bisa memperbaiki suasana hati Anda dan membantu untuk tidur nyenyak.

8. Kesehatan Sosial

Dalam bulutangkis, Anda akan membutuhkan setidaknya satu lawan. Anda juga bisa bermain dalam bentuk ganda yang membutuhkan rekan tambahan di dalam satu tim. Interaksi sosial dalam permainan ini akan menghasilkan perasaan positif. Anda juga akan merasa sebagai bagian dari komunitas.

9. Baik untuk Kesehatan Secara Seseluruhan

Bulutangkis dapat mengurangi atau menghilangkan risiko Anda terkena banyak masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. Olahraga ini juga bisa mengurangi risiko Anda untuk terkena penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) Anda.

Setelah mengetahui manfaat olahraga bulutangkis yang bisa dirasakan, tentunya dapat membuat Anda semakin semangat untuk berolahraga, bukan? Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melengkapi kebutuhan asupan nutrisi dalam tubuh, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi