Mengungkap  Ragam Manfaat Ceker Ayam bagi Kesehatan

Manfaat ceker ayam

Manfaat ceker ayam bagi kesehatan sangatlah banyak sebagaimana ceker ayam didominasi oleh jaringan urat yang membuat bagian ini kaya akan kolagen, yang berkhasiat bagi aliran darah, kulit, maupun tulang. Tak hanya itu, lho masih banyak ragam manfaat ceker ayam lainnya.

 

Go Dok – Sebagai orang Indonesia yang gemar makan segalanya, dikenal selalu memanfaatkan seluruh anggota tubuh hewan untuk diolah menjadi makanan, termasuk ayam. Mulai dagingnya hingga organ dalamnya seperti usus dan ampela pun dilalap habis. Dari kepala hingga kakinya pun tidak luput untuk dikonsumsi.

Memang, kebanyakan orang akan memilih bagian dada, mengingat bagian ini memiliki jumlah daging yang lebih banyak dengan kandungan protein yang tinggi bisa diperoleh secara maksimal.

Walaupun bentuknya cukup mengerikan, ternyata ceker ayam menyimpan segudang manfaat jika dikonsumsi, lho. Ternyata, ceker ayam didominasi oleh jaringan urat yang membuat bagian ini kaya akan kolagen, yang berkhasiat bagi aliran darah, kulit, maupun tulang, lho.

Mau tahu informasi lengkap dari manfaat ceker ayam bagi kesehatan?

Manfaat ceker ayam bagi kesehatan kulit

Jika Anda menginginkan kulit yang awet muda secara natural, tanpa harus menggunakan produk anti-aging untuk kecantikan, Anda bisa memilih alternatif yang lebih alami, murah dan mudah dengan mengonsumsi ceker ayam secara reguler.

Sebuah penelitian dari Faculty of Veterinary Science Chung-Hsing University menyebutkan kolagen yang terkandung dalam ceker unggas ini mirip dengan kolagen yang ditemukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Efeknya, zat ini dapat membantu kulit untuk tetap kencang dan elastis; dengan begini, kulit Anda bisa terlihat lebih muda kan?

Manfaat ceker ayam bagi kesehatan tulang

Pengeroposan tulang yang biasanya terjadi pada orang paruh baya ini umum disebabkan oleh degenerasi sel penyusun tulang karena kemampuan tulang yang tidak lagi maksimal dalam menyerap kalsium.

Nah, manfaat ceker ayam yang mengandung protein, kalsium, dan kolagen mampu memberi asupan yang cukup untuk kebutuhann tulang. Dengan begini, risiko pengeroposan tulang dan osteoporosis bisa diminimalisasi, kan?

Manfaat ceker ayam untuk proses penyembuhan

Bagi Anda yang belum tahu, kolagen merupakan salah satu nutrisi yang mampu mendorong proses regenerasi sel, lho. Nah, luka atau penyakit yang mengganggu kesehatan sel dalam sebuah jaringan bisa pulih lebih cepat dengan mengonsumsi kolagen yang cukup.

Bahkan, penelitian yang dilakukan di AS menyebutkan bahwa proses penyembuhan bisa juga berada di sumsum tulang belakang.

Manfaat ceker ayam bagi kesehatan pencernaan

Manfaat ceker ayam bagi kesehatan selanjutnya baik bagi pencernaan. Pasalnya, ceker ayam mengandung protein, kolagen, kondroitin, dan glukosamin yang bisa membantu proses pencernaan. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih baik dan maksimal.

Manfaat ceker ayam untuk sistem imun

Sistem kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam menangkal segala faktor luar yang membahayakan fungsi normal dari organ-organ serta menyembuhkan kerusakan yang ada di dalamnya.

Nah, untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat, kolagen dan gelatin dibutuhkan dalam jumlah yang cukup, serta seng, magnesium, kalsium dan fosfor. Kabar baiknya, ceker ayam bisa mendukung asupan suplai nutrisi-nutrisi tersebut, yang tidak bisa dilakukan oleh bagian ayam lainnya.

Demikianlah ragam manfaat ceker ayam bagi kesehatan yang belum diketahui banyak orang. Selain enak dan mudah didapat, yang penting ceker ayam juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, kan!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.