Mengobati Bengkak Setalah Infus di Rumah Sakit

Mengobati bengkak setelah infus

Mengobati bengkak setelah infus ; Beberapa orang mengalami pembengkakan pada bagian kulit yang merupakan tempat memasukkan jarum infus, karena reaksi alami tubuh. Namun, Pembengkakan dalam skala yang besar bisa menyebabkan penekanan pada syaraf-syaraf Anda sehingga menyebabkan rasa sakit, nyeri, atau mati rasa.

 

Go Dok Anda baru saja selesai menjalani perawatan di rumah sakit? Apakah Anda menerima perawatan berupa injeksi cairan infus selama dirawat di sana? Biasanya, setiap wanita yang habis melahirkan di rumah sakit, mau tidak mau akan menjalani perawatan dan menerima cairan infus guna menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Nah, sehabis menerima cairan infus, bagian lengan Anda yang dimasukkan selang infus akan membengkak sementara waktu. Tentu hal ini tidak enak dilihat, dan terkadang bahkan menimbulkan rasa gatal. Bagaimana cara menyembuhkan luka bengkak ini dan merawatnya dengan benar? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Mengapa bisa terjadi bengkak setelah infus?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati bengkak setelah infus, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang mengapa kondisi ini bisa terjadi. Pada dasarnya, beberapa orang mengalami pembengkakan pada bagian kulit yang tadinya merupakan tempat memasukkan jarum infus, karena reaksi alami tubuh. Biasanya, dokter Anda akan memberikan instruksi tentang bagaimana merawat pembengkakan sehabis menerima infus.

Berbahayakah pembengkakan pasca infus?

Jika pembengkakan terjadi dalam jumlah atau skala yang besar, maka Anda tentu harus berhati-hati. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan penekanan pada syaraf-syaraf Anda sehingga menyebabkan rasa sakit, nyeri, atau mati rasa. Tak hanya itu, pembengkakan juga bisa berarti bahwa Anda terkena infeksi, karena setiap kali ada luka gores yang mengekspos bagian bawah kulit pada tubuh Anda, maka risiko terjadinya infeksi pun akan semakin besar. Nah, jika IV fluid (cairan infus) yang Anda gunakan ternyata sudah terinfeksi sesuatu, baik bakteri, virus, maupun parasit, maka jika ada gejala infeksi sedikit saja, Anda harus segera mengonsultasikannya dengan dokter. Tak hanya itu, jika pembengkakan sendiri sudah terjadi di tempat-tempat tak wajar, seperti wajah, mata atau telinga, maka Anda pun harus segera melaporkannya pada dokter, guna mendapatkan perawatan medis yang sesuai.

Satu lagi yang mungkin terjadi, adalah suatu kondisi yang dinamakan Thrombophlebtis, di mana terjadi pembengkakan pada area kulit tempat dimasukkannya selang infus. Terkadang, saat cairan infus tidak diberikan dengan benar sesuai prosedur, atau jika dibiarkan terlalu lama tanpa diganti atau dicabut, maka Thrombophlebtis dapat terjadi. Thrombophlebtis merupakan pembengkakan pada pembuluh darah (vena), yang bisa disebabkan oleh terjadinya iritasi pada dinding-dinding pembuluh darah. Kondisi ini juga dapat terjadi apabila tangan yang diinfus tidak atau jarang digerakkan, dan hanya diam pada satu posisi dalam jangka waktu lama. Karenanya, darah tidak bisa mengalir secara sempurna di dalam pembuluh-pembuluhnya (penghambatan aliran darah) sehingga pembengkakan pun terjadi.

Lalu, bagaimana cara mengobati bengkak setelah infus?

Jika terjadi Thrombophlebtis, atau Anda menduga terjadinya hal ini, maka ikutilah langkah-langkah berikut dalam menanganinya :

  1. Jika selang IV masih pada tempatnya dan belum dipindahkan, maka penting bagi Anda untuk segera melepasnya, atau mintalah perawat untuk melepaskannya dari tangan Anda.
  2. Jika pembengkakan terjadi memang karena selang dan kantong cairan infus Anda tidak diganti secara rutin selama di rumah sakit, maka ada kemungkinan terbentuknya Thrombus di tubuh Anda. Untuk mewaspadai hal ini, Anda dapat mengaplikasikan salep  yang diresepkan dokter.
  3. Anda disarankan untuk mengonsumsi Ibuprofen, yang memiliki kandungan anti-inflamasi (anti-pembengkakan).
  4. Cobalah posisikan tangan Anda lebih tinggi, untuk membantu mengurangi pembengkakan
  5. Jangan tekan area tubuh yang membengkak.

Lakukan langkah-langkah cara mengobati bengkak setelah infus di atas selama 4-5 hari, maka niscaya Anda akan cepat sembuh. Namun, jika tidak membaik juga setelah lebih dari 5 hari, Anda harus meminta perawatan khusus dari dokter.

Nah, itu diia serba-serbi cara mengobati bengkak setelah infus yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi