Menghilangkan Uban yang Muncul Terlalu Awal

menghilangkan uban

Menghilangkan uban yang muncul terlalu awal Anda bisa mencoba dengan memperbaiki menu dan pola makan. Pilihlah makanan yang kaya akan vtamin B Complex, protein, biotin, asam folid, selenium, zat besi, dan tembaga. Anda bisa memilih sayuran hijau, wortel, buah-buahan, kacang-kacangan, walnut, serta ikan untuk menu diet.

Go DokSuka atau tidak, setiap orang tentu pada akhirnya akan mengalami rambut beruban. Biasanya, orang-orang Asia mulai tumbuh uban di sekitar usia 30-an akhir, dan saat mencapai usia 50 tahun, sebagian besar rambut tentu sudah penuh uban.

Namun, bagaimana dengan mereka yang memiliki uban secara prematur, alias sebelum waktunya? Dewasa kini, banyak yang mengeluhkan datangnya uban, padahal usia belum lagi mencapai 30 tahun. Apa penyebabnya, dan bagaimana cara efektif menghilangkan uban yang muncul secara prematur? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang proses munculnya uban

Sejatinya, uban akan datang kala usia Anda sudah cukup tua. Hal ini dikarenakan sel-sel yang bertugas memproduksi warna mulai berhenti memproduksi pigmen-pigmen pewarna tersebut. Namun, untuk mereka yang kedatangan uban terlalu dini atau di jangkauan usia 20 – 30 tahun, maka ada penyebab lain yang perlu diketahui.

Penyebab pertama adalah genetik, di mana kondisi beruban secara prematur biasanya menurun dalam suatu keluarga. Penyebab lainnya adalah Anda kurang dalam mengonsumsi makanan kaya nutrisi, vitamin, dan mineral, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi melanin secara sempurna.

Selain itu, kebiasaan merokok juga berkontribusi dalam munculnya uban terlalu dini. Begitu pula ketidakseimbangan produksi hormon di dalam tubuh.

Lalu, adakah cara menghilangkan uban yang muncul terlalu awal?

Jika penyebabnya adalah faktor keturunan, mungkin hal ini sulit untuk diperbaiki. Namun, saat penyebabnya adalah faktor lain, tentu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna membantunya kembali menghitam. Berikut beberapa kebiasaan yang efekif menghilangkan uban :

1. Perbaiki menu dan pola makan Anda

Salah satu sebab paling umum dari munculnya uban lebih awal adalah defisiensi vitamin, seperti vitamin B Complex, serta defisiensi mineral, khusunya biotin, asam folid, selenium, zat besi, dan sari timah. Selain itu, kekurangan zat tembaga dan protein di dalam tubuh juga menyebabkan hal ini. Karena itu, pertama-tama Anda harus merubah pola dan menu makan Anda sehari-hari.

Pilihlah makanan yang kaya akan vitamin B Complex, protein, biotin, asam folid, selenium, zat besi, dan tembaga. Anda bisa memilih sayuran hijau, wortel, buah-buahan, kacang-kacangan, walnut, serta ikan untuk menu diet, dan menghindari jauh-jauh makanan kalengan dan makanan olahan yang minim akan kandungan sehat.

Jika pola makan Anda memiliki asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang lengkap, maka produksi hormon melanin di dalam tubuh juga akan lebih lancar. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin.

2. Mengonsumsi suplemen vitamin

Jika perubahan menu diet menjadi lebih sehat belum menunjukkan hasil maka Anda bisa turut pula mengonsumsi suplemen vitamin B Complex. Sejatinya, jika Anda mengonsumsi daging ayam atau telur dalam jumlah besar, hal ini dapat memberi kebutuhan vitamin B Complex yang dibutuhkan rambut.

Namun, jika Anda tak terlalu suka banyak mengonsumsi telur dan daging ayam, maka lebih baik membeli suplemen dan mengonsumsinya secara teratur.

3. Jangan lupa berolahraga

Rutin berolahraga pun ternyata cukup efektif  menghilangkan uban. Pasalnya, berolahraga dapat membantu dalam menstimulasi pelepasan hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin pada rambut.

Selain itu, olahraga juga dapat memperbaiki sirkulasi darah yang juga mengirimkan oksigen sekaligus nutrisi ke area kulit kepala Anda.

4. Berhenti merokok

Jika Anda beruban di usia dini dan merupakan seorang perokok berat, maka cara efektif menghilangkan uban Anda adalah dengan berhenti merokok. Tentu prosesnya bisa sangat berat, namun berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai cara berhenti yang efektif untuk Anda.

Nah, itu dia beberapa cara yang mungkin efektif menghilangkan uban yang muncul di usia terlalu muda. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ya!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk berkonsultasi dengan dokter yang selalu online 7 x 24 jam langsung dari smartphone Anda. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi