Tipe Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Tipe kulit sensitif

Tipe kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan tipe kulit normal, tipe kulit kering, dan tipe kulit berminyak. Karena, kulit sensitif akan beraksi dengan cara yang ‘buruk’ terhadap produk atau lingkungan tertentu.  Reaksi yang ditimbulkan beragam mulai dari iritasi hingga rasa gatal bercampur nyeri.

 

Go DokTipe kulit sensitif adalah suatu kondisi di mana kulit bereaksi dengan cara yang ‘buruk’ terhadap produk atau lingkungan tertentu. Jenis reaksi yang ditimbulkan pun beragam, ada yang mengalami iritasi, rasa gatal bercampur nyeri hingga kulit yang terasa terlalu kencang. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal tersebut dapat terjadi? Padahal ada banyak orang di luar sana yang mencoba produk yang sama atau kondisi serupa tapi tidak mengalami reaksi yang Anda alami. Jika iya maka jawabannya adalah karena Anda mempunyai tipe kulit sensitif.

Ciri dan pemicu reaksi tipe kulit sensitif

Perlu diketahui, beragam reaksi yang ditimbulkan oleh kulit sensitif adalah bagian dari reaksi alami kulit yang bertujuan untuk ‘melawan’ atau menyesuaikan diri dari zat asing atau kondisi lingkungan tertentu. Selain itu, menurut para Dermatology kulit sensitif memiliki ciri-ciri:

  • Adanya reaksi kulit seperti pustula, tonjolan kulit, atau erosi kulit.
  • Kulit sangat kering yang mengakibatkan ‘barrier’.
  • Kulit berubah warna menjadi kemerahan biasanya dikarenakan  ruam.

Setelah mengetahui ciri-cirinya, ada baiknya Anda juga mengetahui beragam hal yang dapat memicu reaksi dari kulit sensitif, antara lain:

  • Paparan yang berlebihan terhadap faktor lingkungan yang merusak kulit seperti sinar matahari, angin, dan cuaca panas atau dingin yang berlebihan.
  • Mempunyai gangguan kulit atau reaksi alergi seperti eksim, rosacea atau dermatitis kontak alergi.
  • Kulit yang terlalu kering atau terluka sehingga tidak lagi dapat melindungi ujung saraf.
  • Faktor genetik, usia, jenis kelamin, dan perbedaan ras dalam sensitivitas kulit dapat berperan dalam menyebabkan reaksi kulit.
Perawatan untuk kulit sensitif

Nah itu tadi serba-serbi kulit sentitif yang perlu diketahui. Mengingat jenis kulit ini butuh perawatan yang ekstra dibandingkan jenis kulit lainnya. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit sensitif:

– Menjaga Kebersihan

Ingat, menjaga kebersihan kulit itu adalah hal yang penting terlebih jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Untuk penggunaan produk pembersih wajah, sebagian besar dermatologis menyarankan untuk menghindari produk yang mengandung lanolin, Isopropyl Myristate, kandungan komedogenik SLS dan SLES, dan phthalates.

– Menggunakan Pelembap

Pemilihan pelembap bagi tipe kulit sensitif pun tidak boleh sembarangan. Berikut hal-hal yang harus ada dalam kandungan pelembap pilihan Anda :

  • Antioksidan, berfungsi melindungi permukaan kulit dari kerusakan dan menjadi penangkal polusi jahat.
  • Moisturizer, yang akan menjaga dan merevitalisasi permukaan sehingga terlihat sehat dan terasa lembut, halus, serta lentur.
  • Emolien, bahan pelumas yang mencegah hilangnya air pada kulit dan memiliki efek melembutkan, melindungi, dan menghaluskan.
  • Tabir Surya, Pilihlah pelembapyang memiliki kandungan tabir surya sebesar SPF 30+. Kandungan ini dapat menangkal paparan sinar matahari dari wajah, yang dapat membuat kulit wajah berkerut.

– Memilih Produk  berlabel hypoallergenic

Produk perawatan wajah yang memiliki label hypoallergenic mengandung bahan-bahan yang aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.

Nah, itu dia penjelasan mengenai tipe kulit sensitif serta cara perawatannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi