Mengenal Ragam Penyakit yang Umum Dialami Bayi

penyakit yang umum dialami bayi

Ada beberapa penyakit yang umum dialami bayi yang mungkin belum diketahui bagi orangtua yang baru pertama memiliki momongan. Penyakit tersebut terdiri dari pilek, kolik, infeksi telinga, sariawan mulut, batuk, demam dan masalah kesehatan kulit seperti  ruam popok dan peradangan kulit.

Go DokSetelah melahirkan anak pertama, tentunya banyak hal bisa membuat Anda panik, hanya sekadar Anda tidak tahu cara mengatasinya. Salah satunya adalah memberikan perawatan dan penanganan yang benar saat si buah hati jatuh sakit.

Hal ini bisa dimaklumi, sebab ini adalah pengalaman pertama Anda menjadi orangtua. Nah, untuk membantu Anda mengatasi hal ini, Anda harus mengenal informasinya lebih lanjut.

Yuk, simak penjelasan lengkap tentang mengenal ragam penyakit yang umum dialami bayi berikut ini!

1. Pilek

Pilek merupakan salah satu penyakit yang umum dialami bayi. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan bayi. Hidung mampet dan ingusan, yang disertai demam serta bersin-bersin merupakan gejala umum dari pilek.

 Bayi Anda cukup mudah terserang virus pilek, karena mereka belum memiliki imunitas terhadap beberapa infeksi yang umum. Rata-rata bayi mengalami pilek sebanyak 7 kali pada tahun pertama hidupnya. Jika bayi menderita pilek, Anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Kolik

Satu lagi masalah yang paling sering dialami bayi, adalah penyakit Kolik. Kolik merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut suatu kondisi di mana bayi terus menerus menangis, dalam frekuensi yang sering, intens, dan berkepanjangan.  Kolik bisa membuat Anda sangat frustasi, karena kerewelan bayi tidak memiliki alasan yang jelas, terjadi begitu saja.

Hal ini umumnya terjadi di sore hari, pada bayi yang berumur sekitar 3 – 4 bulan. Hal ini cukup wajar, dan Anda bisa menanganinya dengan berbagai cara, seperti menggunakan dot, mengusap-usap punggung bayi, menimangnya, mengajaknya jalan-jalan pelan, hingga membasuhnya dengan air hangat.

3. Infeksi telinga

Ini juga salah satu penyakit yang umum dialami bayi. Ciri-cirinya, bayi Anda akan sering menyentak atau menarik-narik daun telinganya saat tengah rewel, jika mengalami infeksi telinga. Infeksi telinga yang disebabkan virus termasuk umum, dan akan berlangsung selama beberapa hari sebelum menghilang dengan sendirinya.

Sementara infeksi telinga yang disebabkan bakteri bisa berujung pada hilangnya fungsi pendengaran dan mungkin membutuhkan antibiotik.

4. Sariawan mulut

Sariawan mulut merupakan suatu infeksi jamur ragi yang muncul pada area mulut bayi Anda. Untuk mengatasinya, segera periksakan bayi ke dokter guna mendapat pengobatan anti-jamur yang paling sesuai.

5. Batuk

Umumnya, bayi akan sedikit batuk-batuk saat Anda menyusuinya, saat susu yang dikonsumsi mengalir terlalu cepat. Meski begitu, jika bayi Anda terus menerus batuk dalam frekuensi sering saat tengah menyusui, hal ini bisa mengindikasikan masalah pada paru-paru atau sistem pencernaannya.

Batuk-batuk di malam hari bisa mengindikasikan batuk rejan. Segera periksakan si kecil ke dokter anak saat sudah terlalu sering batuk.

6. Demam

Yap, salah satu penyakit yang juga cukup banyak dialami bayi adalah demam, dan biasanya demam hadir sebagai salah satu gejala dari penyakit lainnya. Demam merupakan suatu pertanda bahwa tubuh bayi sedang melawan suatu infeksi.

Meski begitu, demam tinggi yang tak kunjung mereda pada bayi bisa berujung pada kejang dan kerusakan otak. Jika bayi Anda mengalami panas tinggi, segeralah bawa ke dokter dan minta perawatan dilakukan secepatnya.

7. Masalah kesehatan kulit

Terakhir tentang penyakit yang umum dialami bayi, rata-rata bayi sering menderita ruam popok dan peradangan kulit, seperti Cradle Cap, yang bisa terasa menyakitkan bagi mereka. Kedua masalah kulit ini umumnya merupakan reaksi kulit bayi terhadap popok, baik kandungan pewarnanya ataupun kandungan lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus sering mengganti popok bayi, dan menjaga bagian bokong tetap bersih. Cucilah juga rambut bayi dengan shampoo ringan, setiap hari, jika bayi Anda menderita Cradle Cap.

Nah, itu dia 7 penyakit yang umum dialami bayi untuk Anda pahami. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi