Mengenal Ragam Buah penambah darah

buah penambah darah

Buah penambah darah – Mengonsumsi buah bisa dijadikan solusi untuk menjaga kadar sel darah merah dalam tubuh agar metabolisme tubuh tetap fit. Lalu, buah apa saja yang baik untuk menambah darah?

 

Go Dok Apakah Anda sering mengalami lelah dan lesu yang membuat tidak bersemangat beraktivitas sepanjang hari? Bisa jadi Anda terserang anemia atau kekurangan darah, tuh! Anemia sendiri berhubungan erat dengan kadar ideal Hemoglobin (Hb) di dalam darah.

Nah, kadar ideal Hemoglobin setiap orang bervariasi, lho, tergantung usia dan jenis kelamin. Bagi wanita dewasa, idealnya tubuh mengandung 12,1 sampai 15,1 gram tiap desiliter darah. Berbeda dengan pria yang membutuhkan kadar hemoglobin yang lebih tinggi, yaitu di level 13,6 sampai 17,7 gram per desiliter.

Lantas, apa hubungan kurang darah dengan rasa lelah? Rasa lelah terjadi ketika Anda kehilangan sel darah merah, sehingga metabolisme Anda terpaksa bekerja lebih keras untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kalau begitu, adakah kadar ideal sel darah merah agar metabolisme tubuh terjaga prima? Tentu saja ada! Nah, kadar ideal sel darah merah dalam tubuh bervariasi, lho, tergantung gender. Bagi pria, dibutuhan sel darah merah mulai 4,7-6,1 juta sel per microliter dan 4,2-5,4 juta sel per microliter bagi wanita. Berbeda lagi bagi anak-anak, yaitu 4,0-5,5 juta sel per microliter.

Maka dari itu, penting, lho, untuk menjaga dan mengatur pola makanan dengan asupan nutrisi yang tepat untuk menjaga kadar sel darah merah dalam tubuh, salah satunya dengan rajin mengonsumsi  buah.

Berikut buah penambah darah yang dapat memberikan efek optimal bagi tubuh

Jambu biji

Selain bagus untuk menambah trombosit, buah yang satu ini juga dikenal baik untuk menambah sel darah merah, lho. Pasalnya, buah yang punya nama latin Psidium guajava ini kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi yang bagus untuk pembentukan hemoglobin.

Kismis

Ternyata, selain mempercantik tampilan kue bolu, buah kering yang satu ini juga dikenal sebagai buah penambah darah, lho. Pasalnya, buah yang satu ini kaya akan zat besi. Biasanya ada 2 bahan dasar pembuat kismis, yaitu menggunakan buah plum (prune) dan anggur (raisin). Kismis jenis raisin dinilai lebih kaya manfaat, karena tiap 100 gram mengandung 3 gram zat besi.

Ceri Barbados

Kalau yang satu ini memang termasuk jarang ditemukan, ya. Namun, jika Anda menemukan buah asal India Timur ini di supermarket, jangan ragu untuk membelinya, ya. Buah ini dianggap sangat kaya akan vitamin C dan zat besi, lho. Selain itu, ceri Barbados juga mengandung vitamin B6, vitamin B1, vitamin A, flavonoids, dan mineral utama seperti kalsium, fosfor, potassium, dan magnesium. Wah, lengkap sekali, ya!

Kurma

Pantas saja buah kurma banyak dikonsumsi pada saat bulan puasa. Rupanya, kurma mengandung banyak nutrisi baik sebagai pengganti energi Anda seharian, lho. Dalam 100 gram kurma mengandung 3 mg zat besi atau mencukupi hampir separuh dari kebutuhan harian Anda, lho. Selain itu, kurma juga bersifat antioksidan dengan kandungan nutrisi seperti kalsium, magnesium, vitamin B6, dan fosfor.

Peach

Selain dikenal sebagai buah kalengan, buah penambah darah yang satu ini  juga dikenal kaya akan nutrisi baik untuk tubuh karena mengandung 6 mg zat besi dalam setiap 100 gram buah. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam buah peach juga sangat tinggi. Seperti yang Anda ketahui, vitamin C dibutuhkan untuk menyerap manfaat dari zat besi dan mencegah duplikasi dari sel darah marah yang cacat.

Bagi Anda yang sedang menderita anemia, ada baiknya untuk mengonsumsi buah-buahan seperti yang disebutkan di atas, ya! Selain itu, ada juga buah penambah darah lainnya seperti delima, apel, jeruk, melon, dan alpukat. Selalu ingat dan perhatikan cakupan nutrisi harian Anda, ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi