Mengenal Penyebab dan Arti Jerawat di Pipi

Jerawat di pipi

Jerawat di pipi kerap kali muncul. Penyebab munculnya jerawat secara umum kurangnya menjaga kebersihan pada wajah.  Teknik pemetaan wajah berguna untuk mengetahui penyebab dan arti jerawat yang muncul pada bagian-bagian wajah.

 

Go Dok  Munculnya jerawat pada wajah memang bikin jengkel. Apalagi ketika Anda rasanya sudah melakukan segala cara untuk menghilangkan dan menjaga dan merawat kulit wajah. Nah, hal yang perlu diketahui mengenai jerawat adalah penyebab dan arti dari tumbuhnya jerawat itu sendiri.  Bagian wajah yang ditumbuhi jerawat biasanya memiliki artinya sendiri. Untuk mengetahuinya, teknik ini dinamakan pemetaan wajah.

Pemetaan wajah dapat berguna dalam membantu Anda untuk mengidentifikasi akar dari penyebab jerawat. Tentu, faktor paling umum yang menjadi penyebab munculnya jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan pada wajah. Namun, penyebab jerawat bisa lebih dalam dari itu loh! Terkadang, jerawat disebabkan oleh masalah internal atau dari dalam tubuh, dan hanya akan hilang setelah masalah itu diperbaiki.

Nah, ini dia penyebab dari jerawat di pipi! 

1. Alkohol

Alkohol merupakan musuh terbesar dari jerawat! Mengonsumsi alkohol dalam kadar yang tidak sedikit dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam ginjal dan hati. Ingat, tidak ada hal yang baik datang dari sesuatu yang berlebihan

2. Handphone

Tahu tidak? Handphone memiliki banyak sekali bakteri yang menempel! Jadi, jika Anda menaruh ponsel yang dipenuhi dengan kuman pada pipi sepanjang hari, tentu sudah jelas apa yang akan terjadi. Sering-seringlah membersihkan layar ponsel ya!

3. Bantal

Hayoo, seberapa sering sarung bantal untuk tidur diganti? Bantal merupakan benda yang menjadi tempat berkembang biang bagi kuman. Cuci sarung bantal secara teratur. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencoba sarung bantal yang dirancang khusus -“ramah kulit”; umumnya sarung ini terbuat dari bahan yang sangat halus.

4. Kebersihan gigi

Mungkin Anda akan menganggap faktor ini aneh. Apa hubungannya kebersihan gigi dengan jerawat? Ternyata, adanya infeksi atau masalah pada mulut lainnya dapat menyebabkan jerawat di pipi. Kebersihan gigi yang buruk tentu akan berdampak tidak baik juga bagi tubuh. Sikat gigi yang rajin ya!

Nah, selain membahas penyebab dari timbulnya jerawat di pipi, jerawat ini juga menandakan adanya gangguan pada sistem pernapasan. Apakah Anda seorang perokok? Merokok dapat menghilangkan oksigen ke kulit. Tentunya, kegiatan merokok berpotensi sekali untuk menyebabkan jerawat pada wajah. Selain itu, jerawat pada pipi juga dapat disebabkan karena pembuluh darah yang membesar pada kulit dan terlihat merah. Merokok, mengonsumsi makanan pedas, serta perubahan cuaca yang ekstrem dapat membuat jerawat tambah buruk.

Selain itu, jerawat pada pipi juga dapat dipengaruhi dengan pemakaian komestik serita krim wajah yang menghasilkan minyak. Nah, jika Anda memang sering menggunakan kosmetik, jangan lupa untuk selalu membersihkannya setelah pemakaian. Nah, itu dia penyebab dan arti jerawat pada pipi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi