Mengenal Penyebab dan Arti Jerawat Di Hidung

Jerawat di hidung

Jerawat di hidung paling umum terjadi. Pasalnya, Pori-pori di area hidung cenderung lebih besar ukurannya, sehingga bisa dapat terjadi penyumbatan lebih mudah dibandingkan area lainnya. Ada beberapa jenis jerawat yang biasanya tumbuh di hidung salah satunya jerawat gatal dan jerawat merah.

 

Go DokPernah tidak sih Anda mengalami jerawat, tetapi di hidung? Mungkin sebagian dari Anda tidak menyangka kalau jerawat bisa tumbuh di area tersebut. Namun, kenyataannya, hidung merupakan salah satu tempat tumbuhnya jerawat yang paling umum. Pori-pori di area hidung cenderung lebih besar ukurannya, sehingga penyumbatan lebih mudah terjadi dibandingkan area lainnya. Nah, faktor ini dapat menyebabkan jerawat dan benjolan merah.

Ada beberapa jenis jerawat yang biasanya tumbuh di hidung. Berikut jenis-jenisnya:

1. Jerawat gatal

Jenis jerawat ini biasanya tumbuh di bagian bawah hidung. Sebagian ahli percaya bahwa munculnya jerawat di area ini menjadi salah satu gejala kondisi akut herpes.

2. Jerawat putih

Sama seperti namanya, jerawat ini terlihat dan berwarna  putih. Mereka menyerupai simpul padat putih. Cara aman untuk menghilangkan jerawat pada hidung adalah dengan elektrokoagulasi.

3. Jerawat merah

Jerawat ini menandakan bahwa sedang terjadi peradangan. Selain itu, tumbuhnya jerawat ini akan terasa menyakitkan. Beberapa jerawat yang tumbuh juga bisa bergabung bersama dan membentuk benjolan di hidung.

4. Jerawat purulen

Nah, jenis ini muncul akibat infeksi Staphylococcus dari jerawat merah. Jika Anda mengalami jerawat ini, segeralah cari pertolongan. Karena, jerawat ini sangat menyakitkan.

5. Jerawat merah muda

Jerawat ini sama seperti namanya, berwarna merah muda. Selain itu, jika Anda mengalami jerawat ini, maka kulit Anda akan terasa kasar, mengental dan tertutup dengan tuberkel.

Nah, selain itu, jerawat di hidung juga dapat dibedakan menjadi dua tipe loh. Yaitu vulgaris dan rosacea. Sebenarnya, memang sulit untuk membedakan antara jerawat vulgaris dan rosacea, karena keduanya gejala yang sama. Walau gejalanya sama, tetapi kondisi yang disebabkan nantinya akan berbeda. Jerawat vulgaris biasanya berhubungan dengan jerawat, komedo, dan bentuk jerawat lainnya, sedangkan jerawat rosacea adalah sejenis rosacea. Cara membedakan keduanya adalah dengan melihat kondisi kulit. Jerawat vulgaris disebabkan karena pori-pori yang tersumbat. Gejala ini biasanya muncul seperti:

  • Benjolan yang dipenuhi nanah
  • Komedo
  • White headsatau komedo putih.

Sebagai perbandingan, jerawat rosacea biasanya ditandai dengan warna yang kemerahan dan adanya pembengkakan yang luas. Gejala-gejala ini di mulai pada hidung dan menyebar ke area wajah seperti pipi. Sedihnya lagi, jika Anda mengalami kondisi ini, hidung akan terlihat membesar akibat peradangannya!

Seperti yang kita ketahui, jenis jerawat vulgaris pada hidung disebabkan oleh adanya pori-pori yang tersumbat. Pori-pori yang sehat akan didukung oleh kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Namun, terkadang pori-pori dapat menghasilkan terlalu banyak sebum. Ketika sebum dikombinasikan dengan kulit mati, kotoran, atau bakteri, maka jerawat bisa muncul. Hidung adalah bagian yang sangat rentan karena ukuran pori-pori yang besar.

Munculnya jerawat di hidung juga dapat menandakan kondisi kesehatan pada tubuh. Seperti:

1. Jerawat di ujung hidung

Jika Anda mengalami jerawat di ujun hidung, maka menandakan adanya masalah pada pencernaan.

2. Jerawat di samping hidung

Nah, jerawat di hidung pada bagian samping ini bisa jadi Anda sedang mengalami fluktuasi hormon.

3. Jerawat dalam hidung

Meskipun tidak umum, tetapi jerawat juga dapat terjadi di dalam hidung. Biasanya, ini terjadi karena Anda pernah mencabut bulu di dalam hidung atau kotoran yang masuk ketika bernapas.

Nah, itu dia penjelasan dari penyebab dan arti jerawat di hidung. Tetap jaga kesehatan, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi