Mengenal Manfaat dan Jenis Menu Starch Diet 

starch diet

Diet berbasis starch alias pati, kanji, atau sari pati merupakan jenis karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan dalam jumlah besar pada struktur jaringan tanaman, terutama dari kentang, oats, gandum, dan sereal lain. Diet starch  tidak begitu terkenal Namun, manfaatnya terhadap program penurunan berat badan pun tidak kalah dari diet lainnya.

 

Go DokStarch Diet? Anda baru kali ini mendengar istilah tersebut? Tak heran, pasalnya Starch Diet tidaklah sepopuler Diet Mediteranian maupun diet Mayo. Namun, manfaatnya terhadap program penurunan berat badan pun tidak kalah dari kedua diet tersebut, lho! Belum lagi untuk hidup yang lebih sehat dan tubuh yang proposional. Penasaran seperti apa sebenarnya Starch Diet yang dimaksud? Nah, demi mengenalnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu Starch Diet?

Mengenal starch Diet tentu harus dimulai dari definisinya. Diet yang satu ini dikembangkan oleh seseorang bernama Dr. McDouglas, di awal tahun 1970-an, saat si dokter tengah membuka praktik di pulau Hawai. Salah satu caranya merawat pasien yang sakit adalah dengan menyarankan diet berbasis vegan -tidak mengonsumsi daging, ikan, telur, dan produk olahan sapi-  yang dicampur dengan diet berbasis starch (pati).

Bagi Anda yang belum tahu, Starch alias pati, kanji, atau sari pati merupakan jenis karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan dalam jumlah besar pada struktur jaringan tanaman, terutama dari kentang, oats, gandum, dan sereal lain. Selain itu, McDouglas juga memasukkan buah-buahan segar, sayuran hijau, jerik, dan yellow vegetables (kelompok sayuran yang kaya akan beta-karoten).

Secara garis besar, diet sehat yang satu ini terdiri atas 80% karbohidrat kompleks, 12% protein, dan 8% lemak. Penggunaan garam dan gula, serta rempah sebagai bumbu masakan pada diet ini juga dipraktikkan. Protein dan karbohidrat dalam diet ini murni didapatkan dari sayur mayur, kacang-kacangan, serta makanan bersari pati (starch).

Lalu, apa saja jenis menu dalam Starch Diet

Jadi, starch diet terdiri dari makanan berbasis sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta biji-bijian yang digabung dengan makanan berbasis pati alias kanji. Diet ini meniadakan segala bentuk daging sapi, ikan, ayam, dan telur. Rasanya tak lengkap jika mengenal Starch Diet tanpa mengenal menu sehari-hari yang harus dikonsumsi dalam diet ini. Umumnya,  menu diet Starch akan terdiri dari :

  • Sarapan: Oatmeal, panekuk, atau roti gandum dengan kentang dan kacang-kacangan. Jika ingin minum susu, gantilah susu sapi dengan susu kedelai.
  • Makan siang : Nasi, jagung, dan kentang, dengan kacang-kacangan dan buah segar sebagai pencuci mulut. Jangan lupa menambahkan bumbu-bumbuan, seperti garam, gula, rempah, dan cabai guna mempersedap masakan. Anda bisa pula mengolah sayuran menjadi salad dan sup.
  • Makan malam :Tahu atau nasi, tempe, ubi manis, dan kacang-kacangan. Sebisa mungkin, hidangkan pula buah segar sebagai penutup.
Apa manfaat starch diet ini?

Secara garis besar, keuntungan paling utama dari diet yang mengutamakan asupan karbohidrat kompleks ini adalah keefektifannya dalam program menurunkan berat badan, dan membentuk tubuh yang lebih proposional. Terutama jika Anda memasukkan olahraga rutin dalam keseharian Anda. Selain itu, jika Anda tengah menderita diabetes, maka memilih makanan berserat tinggi dan penuh akan karbohidrat kompleks dari starch juga akan membantu dalam menjaga kestabilan kadar gula darah Anda. Ini juga membantu tubuh untuk lebih efektif dalam menggunakan glukosa.

Starch diet juga dikenal rendah kolesterol, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda sekaligus memperkecil kemungkinan Anda dalam terkena hipertensi. Dari kandungan nutrisinya, makanan dalam menu diet ini juga kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, lutein, magnesium, serta zat besi yang bisa memperkuat sistem imun.

Kandungan antioksidan seperti vitamin E, vitamin A, mineral, dan beta-karoten juga berkontribusi dalam mencegah arthtritis serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata Anda. Diet starch juga kaya akan serat yang tentunya mampu membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih baik dan efektif. Hasilnya? Anda akan memiliki kesehatan yang lebih baik dan terjaga.

Nah, itu dia beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui dalam mengenal Starch Diet. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi