Mengenal Jenis, Penyebab dan Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid

Kanker tiroid merupakan kanker yang muncul dan berkembang pada sel-sel tiroid. Hal ini terjadi saat sel-sel pada tiroid bermutasi atau berubah secara genetis. Sel-sel yang kemudian bersifat abnormal ini akan berkembang biak pada tiroid Anda, bertambah banyak, dalam jumlah yang cukup dapat membentuk suatu tumor.

 

Go Dok Sebagian besar dari Anda mungkin masih asing dengan istilah kanker tiroid. Bahkan, banyak pula dari Anda yang belum terlalu mengenal apa itu tiroid, dan fungsi pentingnya bagi tubuh. Nah, karena itu ada baiknya Anda mengenalnya melalui penjelasan berikut ini!

Apa itu kanker tiroid?

Sebelum mengenal kanker tiroid, ada baiknya Anda mengenal tentang organ bernama tiroid itu sendiri. Tiroid merupakan sebuah kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu, terletak di bagian dasar leher Anda. Pada laki-laki, organ ini bisa ditemukan terletak persis di bawah jakun. Tiroid memiliki fungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur detak jantung, suhu tubuh, berat badan, serta tekanan darah pada tubuh Anda. Selain itu, kelenjar ini juga berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.

Nah, kanker tiroid merupakan kanker yang muncul dan berkembang pada sel-sel tiroid Anda. Hal ini terjadi saat sel-sel pada tiroid bermutasi atau berubah secara genetis. Sel-sel yang kemudian bersifat abnormal ini akan berkembang biak pada tiroid Anda, bertambah banyak, dan dalam jumlah yang cukup dapat membentuk suatu tumor. Meski terdengar mengerikan, namun jika diketahui dan ditangani sejak dini, kanker tiroid merupakan salah satu jenis yang paling bisa diobati.

Apa saja jenis kanker tiroid?

Dalam mengenal kanker tiroid, otomatis Anda juga harus mengenal beberapa jenisnya yang telah dibagi menjadi 4 golongan oleh para ahli, yaitu :

  • Papillary thyroid cancer, merupakan jenis yang paling sering dijumpai, dengan persentase 80% pada penderita penyakit ini. Jenis ini cenderung berkembang secara perlahan, namun seringkali menyebar hingga ke bagian kelenjar getah bening. Meski begitu, ini adalah jenis yang paling besar kesempatannya untuk disembuhkan.

  • Follicular thyroid cancer, merupakan jenisyang lebih jarang ditemui dibandingkan tipe sebelumnya. Jenis ini dapat menyebar hingga ke kelenjar getah bening, dan bahkan hingga ke pembuluh-pembuluh darah Anda.

  • Medullary cancer, merupakanjenis yang lebih jarang lagi dijumpai, dan cenderung diwariskan dalam suatu keluarga, serta terhubung dengan masalah kesehatan pada kelenjar lainnya.

  • Anaplastic thyroid cancer, yang merupakan jenis yangpaling langka sekaligus paling mematikan, karena sifatnya yang lebih maju dan agresif dalam perkembangan sel-sel kanker. Jenis ini merupakan yang paling sukar disembuhkan.
Apa penyebab dari kanker tiroid?

Seperti kebanyakan tipe kanker lainnya, penyebab kanker tiroid pun belum diketahui secara pasti. Meski begitu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda dalam terkena penyakit ini, seperti :

  • Paparan radiasi, jika kepala atau leher Anda pernah terpapar radiasi dalam jumlah besar saat kecil, maka kemungkinan Anda menderitanyaakan lebih besar.

  • Keturunan, di mana Anda akan lebih mungkin terkena kanker tiroid jika keluarga Anda juga mengalaminya. Hal ini karena kanker bisa muncul akibat sel-sel normal dalam DNA yang diturunkan dalam suatu keluarga.

  • Defisiensi yodium, lebih banyak mengintai mereka yang kekurangan zat yodium di dalam tubuhnya.
Lalu, apa saja gejala-gejalanya?

Menilik dari pentingnya kelenjar tiroid, maka penting pula bagi Anda untuk mengenal kanker tiroid dan gejalanya. Pada tahap awal, biasanya tidak muncul gejala. Namun, seiring berkembangnya sel-sel kanker, akan muncul beberapa gejala, seperti :

  • Perubahan pada suara Anda, seperti menjadi lebih serak dari biasanya
  • Kesulitan dalam menelan
  • Muncul suatu benjolan yang dapat terasa melalui kulit di leher Anda,
  • Batuk-batuk,
  • Muncul rasa sakit pada leher dan tenggorokan, serta
  • Membengkaknya kelenjar getah bening di leher Anda.

Nah, itu dia satu dan dua hal yang harus Anda ketahui mengenai kanker tiroid, agar bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi