Mengenal Jenis-Jenis dan Penyebab Komedo

penyebab komedo

Apa penyebab komedo dapat muncul di wajah? Pada dasarnya, komedo dapat terbentuk karena beberapa faktor utama, seperti meningkatnya hormon yang muncul saat fase puber dan tingginya produktivitas sebum (minyak) pada jaringan kulit.

 

Go DokBanyak orang yang bilang, tumbuhnya jerawat sebagai tanda seseorang sedang fase pertumbuhan, atau lebih dikenal dengan istilah ‘masa puber’. Seiring dengan munculnya jerawat, gejala puber lannya pun ikut menyertai, seperti perubahan pada karakter suara dan pertumbuhan tinggi badan. Semua itu sebagian besar terjadi karena pengaruh hormon dalam tubuh.

Padahal, sebenarnya masalah kesehatan wajah tidak pernah memandang usia, lho. Pria dan wanita, baik tua dan muda bisa saja mengalami wajah yang berjerawat dan berminyak, serta munculnya komedo di bagian tertentu pada wajah.

Sayangnya, masih banyak yang hanya waspada terhadap kemunculan jerawat, namun luput kalau komedo pun juga dapat mengganggu penampilan. Selain memperhatikan gejala kemunculan jerawat, penting juga untuk memahami jenis-jenis dan penyebab komedo agar wajah Anda terbebas dari segala masalah kesehatan wajah.

Maka dari itu, yuk, sama-sama simak artikel penyebab komedo berikut ini!

Komedo sebenarnya merupakan salah satu tanda awal kalau tubuh Anda dalam kondisi yang tidak bersih karena adanya penumpukan kotoran di permukaan kulit. Karena gangguan tersebut terjadi di permukaan kulit, artinya komedo bisa muncul di bagian tubuh mana pun.

Walau begitu, bagian wajah menjadi lokasi favorit si bintik kecil ini, terutama area dahi, hidung, dan memanjang sampai dagu atau dikenal dengan T Zone Area. Hal tersebut juga dapat menjadi gejala awal akan munculnya jerawat di wajah.

Lalu, apa penyebab komedo dapat muncul di wajah? Pada dasarnya, komedo dapat terbentuk karena beberapa faktor utama, seperti meningkatnya hormon yang muncul saat fase puber dan tingginya produktivitas sebum (minyak) pada jaringan kulit. Tumbuh dan berkembangnya bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit juga menjadi peyebab komedo muncul di area wajah Anda .

Selain itu, faktor lainnya seperti menstruasi, kehamilan, dan fase penggunaan kontrasepsi pada wanita juga bisa memicu munculnya komedo pada wajah.

Satu hal yang mungkin belum Anda pahami adalah komedo terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu komedo hitam dan putih. Sebagian besar orang menganggap komedo hanya yang tampak seperti bintik hitam yang dengan tekstur tonjolan halus pada wajah. Padahal ada juga yang disebut dengan komedo putih, lho. Baru tahu, kan?

Komedo Putih

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komedo tidak selalu berwarna hitam. Ada juga yang dikenal dengan komedo putih. Penyebab komedo putih muncul juga tidak banyak perbedaan, yaitu karena penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori di kulit wajah.

Bedanya, tumpukan yang kemudian menjadi komedo tersebut masih belum muncul dan terlindungi oleh jaringan kulit. Artinya, komedo belum terekspos dan belum teroksidasi oleh udara dan kotoran dari luar, sehingga masih ‘suci’ dan berwarna putih.

Oleh karena warnanya yang putih, banyak yang tidak sadar dengan kehadiran si bintik kecil ini. Padahal, seperti yang disebutkan sebelumnya, kemunculan komedo bisa jadi penanda kalau kondisi kulit wajah Anda harus diperhatikan kebersihannya.

Faktor makanan diyakini bisa jadi penyebab komedo putih muncul di kulit wajah. Makanan mengandung hormon seperti produk skim milk dapat memicu tumbuhnya komedo putih. Susu kedelai dinilai jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi, lho.

Selain itu, makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat memicu komedo ini. Pasalnya, makanan manis dapat memicu produktivitas insulin dan meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh.

Komedo Hitam

Berkebalikan dengan komedo putih, komedo hitam sudah tidak lagi ‘suci’ karena sudah ‘muncul’ keluar kulit sehingga menjadi terekspos dan teroksidasi oleh udara dan kotoran dari luar. Karena warnanya yang hitam, dapat memudahkan Anda untuk menangkap gejala kalau kondisi wajah Anda sedang kurang fit. Di sisi lain, warna hitam tersebut juga dapat mengganggu penampilan Anda, kan.

Sama dengan komedo putih, makanan manis dapat menjadi penyebab komedo hitam muncul di wajah. Bagi Anda yang mudah berkeringat, juga dapat memicu tumbuhnya komedo hitam, lho. Selain itu, aktivitas mencukur dan konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid juga dapat memicu komedo ini.

Itulah sedikit informasi tentang jenis-jenis dan penyebab komedo yang biasa tumbuh di wajah Anda. Selain dua jenis tersebut, ada juga jenis komedo lainnya, seperti mikrokomedo, makrokomedo, dan komedo solar yang dapat menyerang wajah Anda.

Intinya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda ya, terutama bagian wajah!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi