Mengenal Cara Menstimulasi Perkembangan Janin

Cara menstimulasi perkembangan janin

Cara menstimulasi perkembangan janin ; Beberapa ahli menyarankan Anda menstimulasi perkembangan janin di saat organ-organ bayi sudah mulai berkembang di dalam rahim sesuai dengan tahapan perkembangan janin. 

 

Go DokKetika tengah mengandung, Anda tentunya selalu berniat untuk memberikan si calon buah hati perawatan paling baik demi menstimulasi perkembangan yang sempurna di dalam rahim. Tak sedikit pula dari Anda yang ingin awal hidup si jabang bayi di dunia nantinya menjadi selangkah lebih maju dibandingkan bayi-bayi seusianya. Sejatinya, Anda memang dapat menstimulasi perkembangan janin, baik perkembangan otak, pendengaran, penglihatan, dan lainnya. Beberapa ahli bahkan menyarankan Anda menstimulasi perkembangan janin di saat organ-organ bayi sudah mulai berkembang di dalam rahim. Nah, cara apa sajakah yang paling baik untuk menstimulasi perkembangan janin?

 Berikut adalah penjelasan cara menstimulasi perkembangan janin lengkapnya!

1. Stimulasi pendengaran

Tahukah Anda bahwa pada usia kehamilan 28 minggu, atau di awal trimester ketiga, bayi di dalam kandungan sudah bisa merespon suara yang berasal dari luar rahim? Di usia tersebut, bayi dapat merespon suara Anda dengan cara yang sama jika ia sudah berada di luar rahim. Karena itu, Anda sudah bisa membuatnya mendengarkan musik lembut untuk menstimulasi pendengarannya. Pasalnya, berdasarkan penelitian terbaru, detak jantung dan alur napas janin Anda akan melambat saat ia mendengar musik yang lembut, dan sebaliknya akan bertambah cepat saat mendengarkan musik yang iramanya cepat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menstimulasi pendengaran janin dengan berbicara lembut atau menceritakan sebuah kisah padanya. Dengan cara ini, bayi juga akan mengenali suara Anda ketika ia lahir.

2. Stimulasi penglihatan

Perkembangan mata dan penglihatan janin sudah dimulai sejak dini dalam kehamilan. Anda bisa mulai menstimulasi penglihatannya mulai saat kehamilan Anda berusia 4 bulan. Cara menstimulasi perkembangan janin pada penglihatan ini adalah dengan menggunakan cahaya buatan, seperti senter, maupun cahaya alami, sepert sinar matahari. Ya, Anda disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari secara rutin setiap harinya untuk menstimulasi penglihatannya. Cahaya yang mengenai janin di dalam perut melalui dinding perut dapat menstimulasi syaraf optiknya. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A demi kesehatan matanya.

3. Stimulasi otak

Tahukah Anda bahwa pada minggu ketiga puluh janin sudah mengembangkan kemampuan mengingat selama 10 menit? Artinya, janin sudah bisa mengingat sesuatu, baik suara atau sensasi apapun selama 10 menit. Lebih jauh lagi, di usia 34 minggu, janin sudah bisa mengingat sesuatu hingga satu bulan. Karenanya, Anda dan pasangan disarankan untuk sering-sering berbicara dengan janin di dalam perut. Pasalnya, studi menunjukkan bahwa bayi dapat merespon bahasa dan aksen ketika di dalam perut, bahkan lebih dari satu aksen dan bahasa. Hal ini akan memperbesar kemampuan mereka dalam menyerap bahasa nantinya. Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti senam dan yoga saat mengandung. Hormon endorfin yang diproduksi saat berolahraga ini juga akan sampai pada plasenta, dan bayi Anda akan menerimanya selama 8 jam. Yoga dan senam juga akan meningkatkan kelancaran aliran darah Anda, termasuk yang menuju ke rahim, sehingga perkembangan bayi pun semakin baik. Jangan lupa, diet hamil juga penting untuk menstimulasi perkembangan janin Anda, terutama otaknya. Karenanya, rutinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan zat besi demi kelancaran perkembangan tersebut. Hindari pula mengonsumsi daging ikan hiu, dan ikan lain yang memiliki kandungan merkuri tinggi, ya!

Nah, itu dia 3 cara untuk menstimulasi perkembangan janin Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi