Mengenal Aquaphobia atau Fobia Air

Fobia Air

Fobia air atau aquaphobia didefinisikan sebagai rasa takut secara terus menerus dan berlebihan terhadap air tanpa ada alasan yang jelas. Perasaan yang sering muncul pada penderita fobia ini yaitu hal-hal seperti mati di dalam air, tenggelam atau terengah-engah.

 

Go DokSetiap orang pasti memiliki ketakutan akan sesuatu. Sebagian orang takut dengan gelap, sebagian lainnya takut dengan jenis binatang tertentu. Tahukah Anda bahwa ada orang yang memiliki ketakutan dengan air?

Ketakutan atau fobia ini dinamakan dengan Aquaphobia. Sebelum kita mempelajari dan membahas aquaphobia lebih dalam, ketahui dulu bahwa aquaphobia memiliki pengertian yang berbeda dengan hydrophobia. Kedua kondisi ini tidak sama, loh! Hydrophobia adalah istilah yang digunakan untuk mewakili rasa takut air yang terjadi pada pasien yang terkena infeksi rabies ditahap akhir. Sedangkan aquaphobia, didefinisikan sebagai rasa takut secara terus menerus dan berlebihan terhadap air tanpa ada alasan yang jelas.

Mari simak pembahasan mengenai fobia air  berikut ini ya!  

Biasanya, pada pikiran orang yang mengidap aquaphobia sering muncul hal-hal seperti mati di dalam air, tenggelam atau terengah-engah. Ada juga yang membayangkan hal-hal yang menakutkan lainnya, seperti ular atau hiu di dalam air. Beberapa phobics atau sebutan untuk orang yang mengidap fobia, tidak hanya takut dengan volume air yang besar seperti danau, kolam atau sungai. Para phobics ini bahkan banyak yang takut dengan air mengalir atau air yang dituangkan ke kepala mereka.

Memiliki ketakutan akan tenggelam adalah ketakutan rasional dan logis, yang dialami oleh banyak orang yang tidak bisa berenang. Namun, bagi individu yang menderita fobia air ini, ketakutan ini bisa menjadi kecemasan baik di lautan besar, ataupun bak mandi kecil. Sebagian penderitanya bahkan tidak dapat melihat foto samudra tanpa mengalami ketakutan atau merinding. Bahkan, hanya sedikit yang sadar bahwa mereka tidak akan ‘tenggelam’ di dalam bak mandi. Para penderita fobia air  ini biasanya tidak dapat mengendalikan pikiran tentang kematian yang muncul di pikiran mereka.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita aquaphobia atau fobia air. Yuk simak penyebabnya di bawah ini.

  • Dasar yang menjadi penyebab fobia air ini biasanya oleh insiden traumatik sebelumnya dengan air. Mungkin saja, individu tersebut mengalami kejadian di mana ia hampir tenggelam, atau didorong ke dalam air. Bisa juga, pengidap pernah terjatuh dari perahu atau dek. Selain itu, individu yang mengidap aquaphobiabisa juga telah menyaksikan peristiwa traumatis seperti tenggelam atau kematian orang yang dicintaiya di dalam air.
  • Rasa takut akan air kadang-kadang dapat didapatkan dari pengasuh atau orang tua. Orangtua yang takut air cenderung menyerahkan rasa ketakutannya kepada anak. Cerita, film, insiden atau laporan berita tentang tenggelam, juga dapat menanamkan rasa takut yang mendalam terhadap air pada diri seseorang.
  • Orang-orang yang hidup tidak terbiasa dengan air. Biasanya, individu ini dibesarkan di daerah gurun berpasir, atau daerah tandus lainnya. Faktor ini mungkin mengembangkan aquaphobia.

Itu dia penjelasan secara singkat serta penyebab dari aquaphobics atau fobia air. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi