Mengatur Jadwal Olahraga Bagi Pekerja Kantoran

Mengatur jadwal olahraga

Mengatur jadwal olahraga bagi Anda yang kesehariaannya sibuk memang sangatlah penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.  Sebagai awalan, Anda bisa mengatur alarm yang dapat mengingatkan agar Anda melakukan peregangan atau jalan cepat setiap beberapa waktu sekali.

Go Dok Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan pekerjaan tidak hanya terbatas pada industri pabrik atau konstruksi semata. Gangguan dapat terjadi disemua jenis industry dan lingkungan kerja termasuk perkantoran.

Seberapa penting olahraga bagi pekerja kantoran?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gerakan repetitive yang diulang terus-menerus, postur tubuh yang tidak baik dan diam pada satu posisi dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit pada leher, kegemukan, gangguan pada fungsi sendi, ligament, otot, saraf, tendon dan tulang belakang, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Mayo Clinic, terpapar layar monitor lebih dari 4 jam per hari dapat meningkatkan risiko kematian dengan berbagai penyebab hingga 50%. Selain itu juga terdapat 125% risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Berita baiknya, bergerak dan melakukan peregangan merupakan kebiasaan yang dapat dibangun secara perlahan. Sebagai awalan, anda bisa mengatur alarm yang dapat mengingatkan agar Anda melakukan peregangan atau jalan cepat setiap beberapa waktu sekali.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu luang, saat ini bahkan telah ditemukan beberapa gerakan peregangan yang dapat dilakukan di kursi atau meja kantor Anda.

Selain peregangan, melakukan fitness atau olahraga di tempat gym dapat menjadi pilihan alternatif agar tubuh selalu aktif. Menurut Dr. Peter Snell, ahli fisiologi olahraga dan asisten professor obat-obatan bagian dalam Universitas Southwestern Medical Center di Dallas, Olahraga secara teratur sangat berkaitan dengan peningkatan kesehatan. Waktu yang direkomendasikan untuk melakukan olahraga pun bervariasi dari 30 – 60 menit per hari pada hari-hari kerja.

Merasa kesulitan dalam mengatur jadwal olahraga?

Anda tidak sendirian. Bagi banyak orang kurangnya waktu adalah satu-satunya hambatan terbesar untuk melakukan olahraga. Namun, menurut para ahli, bisa jadi Anda terlalu melebih-lebihkan seberapa banyak waktu olahraga yang Anda butuhkan dalam satu waktu.

Bagaimana jika sesungguhnya kita cukup melakukan beberapa kali sesi 10 menit olahraga sepanjang hari untuk menggantikan 60 menit waktu fitness di tempat gym?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Sports Medicine pada tahun 2006 menunjukkan bahwa berjalan kaki dengan rute pendek setelah makan malam jauh lebih efektif dibandingan sesi olahraga panjang dalam mengurangi kadar lemak dalam darah.

Selain itu sebuah penelitian yang diterbitkan pada Preventive Medicine pada tahun 2006 juga mengungkapkan bahwa mengatur jadwal olahraga dengan  beberapa sesi olahraga yang berdurasi 6 menit dalam satu sesi dapat membantu orang dewasa untuk mencapai tingkat kebugaran yang serupa dengan berolahraga selama 30 menit dalam sekali waktu.

Bagi sebagian orang, menggabungkan lebih banyak olahraga dalam rutinitas harian adalah hal yang sangat membanggakan dan perlu diraih, namun bagi sebagian lagi, bahkan hanya untuk bangun dan mencoba berolahraga adalah sebuah tahapan yang sangat besar demi kesehatan yang lebih baik.

Jadi sesungguhnya seberapa banyak olahraga yang benar-benar kita perlukan?

Kebanyakan penelitian menyampaikan bahwa mengatur jadwal olahraga selama 5 menit dengan gerakan yang kontinu sepanjang hari adalah jumlah paling minimal yang kita perlukan agar tetap mendapatkan efektifitas dari olahraga itu sendiri. Namun beberapa pakar fitness menyampaikan bahwa mengatur jadwal olahraga selama 10 menit akan membawa dampak yang lebih baik lagi.

Setalah mengetahui poin-poin dalam mengatur jadwal olahraga di atas, mulai sekarang alarm jadwal olahraga sehari-hari Anda ya!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

YS/JJ/MA