Mengatasi Rambut Rontok dengan Merubah Gaya Hidup

mengatasi rambut rontok

Rambut rontok  merupakan permasalahan rambut yang ditakuti semua orang hingga tak heran banyak yang mencari cara untuk mengatasi rambut rontok. Ternyata salah satu caranya bisa dimulai dengan merubah gaya hidup yang bisa menjadi penyebab kerontokan seperti mengikat rambut terlalu kuat. 

Go Dok Kehilangan 50 hingga 100 helai rambut merupakan hal yang wajar, tapi kalau lebih dari itu? Tentu masalah! Rambut rontok merupakan permasalahan yang ditakuti oleh semua orang.

Kerontokan rambut memang bisa disebabkan oleh masalah genetika, serta usia yang semakin bertambah. Nah, untuk menjaga agar rambut tetap indah dan tebal sebaiknya tidak salah dalam merawat kesehatan rambut Anda.

Berikut cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda coba!

1. Hindari gaya rambut yang menarik helaian rambut dengan kuat

Bagi perempuan atau laki-laki yang memiliki rambut panjang, pasti senang sekali menata rambut sesuai dengan keinginan. Mungkin kuncir rambut ekor kuda menjadi salah satu yang sering dilakukan. Namun, tahukan Anda jika mengikat rambut atau mengepang, atau penataan rambut dengan cara menarik akan membuat rambut mudah rontok?

Gaya rambut yang ditarik terlalu keras akan membuat rambut stress serta memudahkannya untuk rontok. Nah, jadi untuk mengatasi rambut rontok Anda segera hindari menarik rambut terlalu kencang jika ingin menguncir ya.

2. Alat penata rambut dengan suhu terlalu panas

Suhu panas memang bukanlah teman dari rambut. Panas dapat menyebabkan ikatan di dalam helaian rambut menjadi patah, kondisi ini akan berujung pada kerontokan. Jika ingin menggunakan alat pelurus atau pengeriting rambut, pastikan untuk tidak mendiamkannya di satu area saja.

Jangan biarkan lebih dari 10 detik! Untuk menghindari kerusakan pada rambut, biarkanlah rambut kering alami. Jangan lupa untuk menggunakan produk pelindung panas pada rambut.

3. Berhati-hatilah terhadap pemrosesan kimia

Sama seperti suhu panas, berbagai perawatan pengolahan kimia yang ditawarkan oleh salon juga terkadang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Meluruskan rambut secara kimia, memutihkan, dan mencat rambut dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut.

Jika memang harus menggunakan perawatan kimiawi, pastikan untuk melakukan deep-conditioning setidaknya sekali seminggu untuk hasil yang optimal.

4. Gunakan produk khusus untuk rambut 

Saat ini, sudah banyak loh produk untuk menumbuhkan rambut. Biasanya, produk-produk ini mengandung banyak minyak dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan menghancurkan bakteri yang dapat menyebabkan kerontokan rambut dan kehilangan. Selain untuk mengatasi rambut rontok, produk ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

5. Jangan melewatkan pijat kulit kepala

Cara mudah untuk melakukan pemijatan pada kulit adalah saat mandi, setelah menggunakan sampo atau kondisioner. Pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

Dengan menggerakkan ujung jari dalam gerakan melingkar yang lambat pada seluruh kepala, Anda dapat mengurangi rasa stres dan mendorong pertumbuhan rambut kembali pada saat yang bersamaan.

6. Hentikan kebiasaan buruk Anda

Merokok dapat mengurangi sirkulasi pembuluh darah menuju kepala. Selain itu, alkohol dan kafein mengganggu sistem imun tubuh yang juga dapat menyebabkan kerontokan. Sangat disarankan untuk berolahraga secara teratur.

Tahukan Anda bahwa dengan berolahraga, keringat dapat membersihkan dan mengeluarkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada pori-pori rambut. Dan yang terakhir untuk mengatasi rambut rontok Anda, janganlah lupa untuk minum air yang cukup ya!

Nah, itu dia cara-cara untuk mengatasi rambut rontok. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.

 

GA/PJ/MA

Referensi