Mempersiapkan Kelahiran Saat Sudah Hamil 8 Bulan

hamil 8 bulan

Hamil 8 bulan merupakan usia kandungan yang sudah matang dan bersiap untuk memasuki fase persalinan. Berbagai tanda dan gejala melahirkan akan dirasakan seperti rasa nyeri pada area punggung. Maka dari itu, bunda disarankan untuk melakukan olahrga ringan sebagai langkah persiapan persalinan.

 

Go Dok Kehamilan adalah perjalanan yang panjang, apalagi jika usia kandungan sudah memasuki bulan ke-8. Artinya, sedikit lagi sang buah hati akan lahir di dunia, lho! Nah, bagi Anda yang telah memasuki masa hamil 8 bulan, seharusnya sudah mulai menyiapkan masa persalinan dengan menangkap tanda-tanda melahirkan, seperti nyeri pada area selangkangan dan muncul lendir dan flek pada vagina.

Mungkin bunda sudah tahu kalau rata-rata fase persalinan ketika memasuki usia kehamilan 38 minggu. Namun tahukah Anda kalau presentase kelahiran bayi yang tepat waktu hanyalah 5%! Artinya, sebagian besar ibu hamil akan melahirkan kurang atau lebih dari 38 minggu, yaitu tepatnya pada minggu ke-28 hingga minggu ke-42. Maka dari itu, kehamilan yang sudah memasuki bulan ke-8 ini harus dipersiapkan dengan matang.  

Nah, berikut ini tanda-tanda fisik yang sering muncul ketika bunda sudah hamil 8 bulan dan menuju fase persalinan:

  • Munculnya rasa nyeri atau kram pada bagian punggung bawah
  • Rasa ketidaknyamanan karena ukuran perut yang semakin besar
  • Adanya tekanan pada panggul
  • Payudara mulai memproduksi susu
  • Kontraksi Braxton Hicks
  • Gangguan pencernaan
  • Sesak napas
  • Sering merasa lelah
  • Sulit tidur
  • Inkontinensia urin
  • Mudah merasa panas dan gerah
  • Suasana hati sering berubah
  • Kulit yang gatal
  • Kenaikan berat badan.

Ketika tanda dan gejala di atas mulai bunda sering rasakan, tentunya sejumlah persiapan pun harus mulai diperhatikan.

Berikut beberapa persiapan yang harus bunda perhatikan ketika sudah hamil 8 bulan:

1. Menyelesaikan rencana persalinan

Ini penting sekali! Rencakanlah dengan sangat baik untuk persalinan Anda. Kalau bisa, pastikan untuk memiliki salinan cetak untuk tim medis.

2. Siapkan tas untuk dibawa ke rumah sakit

Pastikan juga sudah menyiapkan tas yang berisikan barang-barang penting. Nah, isi tas ini harus ada barang-barang sang istri juga suami untuk kebutuhan menginap. Bawalah barang-barang yang diperlukan seperti baju ganti untuk menginap di rumah sakit. Pastikan juga ada barang-barang untuk sang buah hati ketika masih di rumah sakit dan di perjalanan pulang.

3. Persiapkan perjalanan ke rumah sakit

Rencanakanlah bagaimana cara untuk menuju ke rumah sakit. Pastikan Anda memiliki beberapa rute alternatif ketika harus menuju ke rumah di sakit di jam-jam sibuk. Jangan lupa untuk meminta nomor kontak kepada pihak yang bekerja di tim persalinan rumah sakit untuk berjaga-jaga.

4. Menyelesaikan hal-hal terakhir

Ambil waktu untuk beristirahat dan manfaatkan waktu-waktu terakhir ini untuk menyelesaikan hal-hal seperti kamar bayi dan sebagainya. Cobalah untuk tetap rileks dalam mengerjakan ini.

5. Lakukan olahraga ringan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan diri untuk melahirkan, salah satunya dengan olahraga ringan seperti senam ibu hamil. Selain itu, bunda juga bisa melakukan senam Kegel untuk melatih fungsi pernapasan. Selain itu, dengan berolahraga ringan ini Anda juga bisa melatih postur dengan baik, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi agar merasa lebih nyaman di bulan ke-8 ini.

6. Banyak membaca

Mulailah banyak membaca mengenai tanda-tanda kelahiran dan berbagai informasi lainnya mengenai kehamilan. Jangan lewatkan juga penuhi informasi seputar proses melahirkan yang aman bagi kondisi kesehatan ibu maupun bayi.

7. Istirahat

Jika Anda masih bekerja pada masa kehamilan, pertimbangkanlah untuk segera mengistirahatkan diri sendiri dan mencoba untuk bekerja dari rumah. Selain itu, coba untuk mulai mengajukan izin cuti kehamilan kepada kantor Anda.

 Memang, setiap momen kehamilan membutuhkan perhatian dan perawatan yang berbeda, apalagi ketika bunda tengah hamil 8 bulan. Semakin mendekati fase persalinan, semakin sering gejala-gejala tersebut untuk muncul. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan, ya!

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

GT/PJ/TP

Referensi