Membesarkan Anak Kembar : Ini Tips yang Bisa Dipraktikkan

Membesarkan anak kembar ;

Membesarkan anak kembar ; Tentunya, ketika Anda melahirkan anak kembar ada kebahagiaan tersendiri karena tidak semua orang tua bisa memiliki anak kembar. Namun, Anda pasti kebingungan bagaimana proses membesarkan dua anak secara bersamaan.

 

Go Dok Melahirkan anak kembar tentu memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Tentu Anda akan dicintai dua kali lebih banyak dibandingkan orangtua lain yang memiliki satu anak. Namun, memiliki anak kembar juga berarti Anda harus bekerja dua kali lebih keras dibandingkan orangtua lainnya. Mulai dari bangun di tengah malam untuk menyusui dua anak, mengganti popok dua bayi, membimbing dua remaja di masa pertumbuhan, dan hal-hal lain yang harus Anda lakukan dua kali. Nah, tentu semua hal tersebut bisa memuat Anda dan pasangan menjadi lebih pusing dua kali lipat pula, bukan?

Yuk, simak beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam membesarkan anak kembar berikut ini!

1. Menyusui dua anak dalam waktu bersamaan

Tips membesarkan anak kembar yang pertama dimulai dari masa bayi mereka, yaitu dengan menyusui keduanya dalam waktu bersamaan agar waktu istirahat Anda pun bisa bertambah. Percaya atau tidak, Anda bisa melakukan hal ini. Anda memiliki dua payudara, dan saat si kembar menangis kelaparan, Anda bisa menyusui satu anak di satu payudara, dan menyusui yang lainnya di payudara satu lagi. Meskipun membutuhkan kesabaran dan koordinasi yang lebih, namun dengan cara ini Anda bisa menghemat waktu dan beristirahat lebih lama nantinya. Jika dengan cara konvensional (menyusui satu-satu) Anda bisa saja membutuhkan waktu satu jam, dengan cara ini Anda hanya akan menghabiskan 45 menit. Praktis, bukan?

2. Pisahkan mereka secara perlahan di sekolah

Memang, beberapa anak kembar kerap tak ingin dipisahkan, karena sudah terlalu terbiasa bersama satu sama lain. Pasalnya, anak kembar memiliki hubungan khusus -bahkan kadang memiliki bahasa khusus- yang hanya bisa dimengerti oleh mereka. Namun, mau tak mau Anda harus mulai memisahkan mereka dalam berkegiatan, agar masing-masing menjadi lebih mandiri. Pertama mulai memasuki sekolah, mungkin Anda bisa menyamakan kelas dan sekolah mereka selama beberapa tahun pertama. Namun selanjutnya, mulailah minta guru untuk meletakkan mereka pada kelas terpisah, meski masih di sekolah yang sama. Dengan cara ini, masing-masing anak kembar akan bisa memiliki pergaulan yang lebih luas, memiliki hobi baru, mencoba banyak kegiatan baru, serta menemukan pilihan studi dan jati diri mereka masing-masing.  Menggunakan metode tersebut, biasanya di saat akan masuk SMA atau saat memilih Universitas, masing-masing anak kembar akan bisa menentukan minatnya masing-masing, dan tidak bergantung terus pada pilihan saudaranya. Ingat, jangan terlalu lama menyatukan mereka, karena ini bisa berpengaruh pada kemampuan bersosialisasi dan perkembangan psikologisnya.

3. Sebisa mungkin berikan perhatian yang sama pada masing-masing anak

Selanjutnya, tips membersihkan anak kembar dengan berikan perhatian yang sama. Memiliki anak kembar merupakan suatu kasus unik, di mana Anda sebagai ibu harus membagi perhatian terhadap dua anak sekaligus. Anda menyaksikan dan membimbing perkembangan dua manusia sekaligus sedari mereka kecil. Terkadang, anak kembar memiliki karakteristik berbeda satu sama lain, di mana yang satu hiperaktif sementara lainnya berkepribadian tenang. Hasilnya, perhatian Anda akan lebih fokus pada si kembar yang nakal. Jika hal ini terjadi, pastikan si kembar yang satunya tidak merasa kekurangan perhatian Anda. Berkomunikasilah sesering mungkin dengan keduanya, dan usahakan dalam kadar yang sama. Meski repot, Anda harus benar-benar memahami dan mendengar cerita mereka, dan kadang sendirian saja, satu-satu, tidak berdua sekaligus. Jelaskan pula situasi keluarga Anda dan perihal kekembaran mereka, jika salah satu merasa tersisihkan.

4. Dukung hubungan si kembar satu sama lain

Tanpa Anda minta, seringkali anak kembar akan memiliki ikatan kuat dengan sendirinya. Mereka biasanya akan tidur bersama di malam hari, saling menggenggam tangan saat pergi ke tempat baru, dan merasa sedih jika saudara kembarnya juga sedih. Jangan sampai hal ini terhenti di antara mereka, dan Anda harus selalu mendukung hubungan keduanya. Dengan cara ini, Anda pun nantinya akan tertolong, karena seiring bertambah dewasa, mereka akan saling bertambah peduli pada satu sama lain. Mereka juga akan bisa mengurus diri sendiri serta satu sama lain. Jelaskan pada mereka, dan selalu ingatkan, bahwa meskipun akan ada waktunya mereka harus berpisah (saat kuliah, menikah, atau berkeluarga), ikatan di antara keduanya harus tetap dijaga.

5. Tegaslah dalam mendidik mereka

Terakhir, tips membesarkan anak kembar yaitu tegas dalam mendidiknya. Seringkali, yang membuat repot dalam mendidik anak kembar, adalah mereka lebih susah diatur. Pasalnya, mereka berdua dan Anda hanya sendirian. Jadi, alasan-alasan mereka untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak baik (menonton TV hingga malam, menginap tanpa kabar, merokok, dll) akan ditopang oleh dua orang. Tentu ini akan lebih sulit dilawan, namun tegaslah dalam menerapkan dan mengajarkan hal-hal baik serta buruk pada mereka. Jangan sampai Anda mudah dipatahkan, apalagi dalam hal-hal yang serius. Namun, ketegasan Anda tidak boleh terlalu jauh hingga si kembar menjadi jarang berkomunikasi dan takut pada Anda.

Nah, itu tadi 5 tips membesarkan anak kembar yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi