Memahami Berapa Suhu Tubuh Normal Bayi

Suhu tubuh normal bayi

Suhu tubuh normal bayi; bayi yang berusia di bawah tiga bulan dengan suhu mencapai 38 derajat celsius, dan suhu 38,5 derajat celsius pada bayi dan balita yang berusia lebih tua, dianggap sedang mengalami gejala demam.

 

Go Dok Hadirnya seorang bayi di kehidupan merupakan anugerah terindah bagi orang tua manapun. Namun, ketika bayi jatuh sakit untuk pertama kalinya, ditambah suhu tubuh yang terus meningkat, tentunya membuat Anda sedih dan khawatir, kan.

Memang, bagi pasangan suami istri baru, belum terlalu memahami berapa suhu tubuh normal bayi, sehingga sering timbul rasa cemas ketika suhu tubuh bayi mengalami kenaikan. Padahal, bisa jadi suhu tubuh yang meninggi hanyalah bersifat sementara dan tidak berbahaya bagi kondisi tubuh bayi.

Mau tahu, cara menangani bayi Anda ketika mengalami perubahan suhu pada tubuhnya?

Yuk simak terus penjelasan suhu tubuh normal bayi di bawah ini!

Suhu Normal pada Bayi

Bagi Anda yang ingin tahu berapa suhu tubuh normal bayi, dr. Daniel Golshevsky asal Melbourne, Australia, sekaligus Kepala Petugas Medis Residen dan dokter anak di Royal’s Children Hospital mengungkapkan suhu normal pada bayi di level 36 hingga 37,5 derajat celsius.

Lain halnya jika bayi mengalami kondisi ketika suhu tubuh meningkat. Golshevsky mengatakan bahwa bayi yang berusia di bawah tiga bulan dengan suhu mencapai 38 derajat celsius, dan suhu 38,5 derajat celsius pada bayi dan balita yang berusia lebih tua, dianggap sedang mengalami gejala demam.

Apa Cara Terbaik untuk Mengukur Suhu Bayi?

Cara terbaik untuk mendapatkan suhu pada bayi Anda adalah menggunakan termometer air raksa. Sayangnya, cara ini bisa mengganggu kenyamanan bayi karena harus diletakan di anus (rektal) untuk mendapatkan hasil yang akurat. Selain itu, bisa juga termometer ditempatkan pada telinga, dahi, maupun ketiak.

Sebaiknya, pengecekan suhu tubuh bayi dilakukan sesuai dengan usianya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Berikut sedikit tips untuk membantu Anda dalam mengetahui lokasi yang tepat untuk mengecek temperatur bayi.

  • Usia baru lahir – 2 tahun: di anus (rectum) dan ketiak (aksiler)
  • Usia 2 hingga 5 tahun: di anus (rectum), ketiak (aksiler), dan telinga (timpani)
  • Usia 5 tahun ke atas: di mulut (oral), ketiak (aksiler), dan telinga (timpani).
Tips untuk mengecek suhu tubuh bayi

Dalam mengecek berapa suhu tubuh normal bayi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Hati-hati dalam menggunakan termometer raksa, karena jika rusak dan cairannya keluar dapat berisiko meracuni bayi jika ditempatkan di mulut.
  2. Jangan gunakan termometer yang sama untuk lokasi yang berbeda, misalnya mengecek temperatur di mulut dengan menggunakan temperatur bekas mengecek di area anus.
  3. Jika tidak ada termometer raksa, termometer digital juga bisa Anda gunakan untuk mengecek suhu di anus dan mulut. Alat ini terbuat dari plastik yang kuat, mudah dibaca, serta mampu mengukur suhu dengan cepat.
  4. Mengecek suhu tubuh menggunakan strip untuk demam tidak dianjurkan karena tidak memberikan hasil yang akurat.

Nah, kini Anda sebagai orangtua sudah memahami berapa suhu tubuh normal bayi sekarang. Jika Anda mendapatkan suhu tubuh bayi meningkat dan tidak menunjukan adanya perbaikan, jangan tunda untuk segera mengunjungi dokter anak. Apalagi mengingat kondisi fisik bayi yang masih rentan terkena penyakit. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/TP/PJ

Referensi