Melatih Anak Makan Menggunakan  Sendok dan Garpu Sendiri

Melatih anak makan menggunakan sendok dan garpu

Melatih anak makan menggunakan sendok dan garpu sendiri sangatlah membutuhkanpraktik dan kesabarah ekstra. Hal pertama yang bisa Anda lakukan dengan mengenalkan sendok dan garpu pada si kecil, bagaimana cara memegang dan menggenggamnya.

Go Dok Ketika memasuki usia balita, si kecil sudah siap untuk diajari makan sendiri. Biasanya, mereka sering kali asyik menyantap makanan menggunakan tangan, bahkan memberantakannya atau menjadikan makanan sebagai mainan.

Melatih si kecil untuk makan memang perlu banyak praktik serta kesabaran. Namun, tenang saja, seiring waktu berjalan, si kecil akan lebih mudah untuk diajari makan pakai peralatan makan seperti sendok dan garpu.

Berikut cara melatih anak makanmenggunakan sendok dan garpu sendiri yang bisa Bunda praktikkan!

1. Membiarkan si kecil makan dengan tangan terlebih dahulu

Hindari langsung melatih anak makan menggunakan sendok dan garpu. Sebab, si kecil mungkin belum siap menggunakannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membiarkan si kecil makan dengan tangannya. Biarkan dia memainkan dan mengenal makanannya. Balita seringnya memilih-milih makanan mereka. Jika dia tidak menyukai makanan tersebut, dia tidak akan memakannya.

2. Mengenalkan sendok dan garpu

Sebelum si kecil bisa menggunakan sendok dan garpu, dia harus bisa memegang dan menggenggamnya terlebih dahulu. Anda dapat mengenali kemampuan si kecil dengan melihat apakah dia sudah bisa mengambil mainan kecil dan barang-barang lainnya sendiri dengan menggunakan jari alih-alih telapak tangannya.

Jika dia sudah dapat melakukannya, bersiaplah untuk melatih anak makan menggunakan sendok dan garpu . Jika belum, ikutilah tips berikut untuk melatih kemampuannya menggunakan jari:

  • Rebus wortel atau buncis
  • Potong mentimun menyerupai batang
  • Potong keju, pisang, atau pir kecil-kecil.

Kemudian, berikan makanan-makanan tersebut kepada si kecil dan biarkan dia memakannya menggunakan tangan. Bantu si kecil untuk mengambil makanan menggunakan jarinya. Jika sudah terbiasa, Anda bisa mulai mencoba untuk melatihnya makan pakai sendok dan garpu.

3. Latih kontrol motorik

Jika anak masih kesulitan untuk makan menggunakan sendok dan garpu, artinya kontrol motoriknya masih belum terlatih dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda bisa membantunya menggenggam sendok atau garpu, kemudian menyuapinya menggunakan tangannya yang tengah menggenggam alat makan.

Ingatlah bahwa gusi si kecil masih lembut, maka gunakan alat makan yang lembut juga, serta hindari memberi makanan yang terlalu keras untuk dikunyahnya.

Biasanya, ketika si kecil berumur sekitar 15 bulan, dia akan mulai bisa menyuapkan sendok ke mulutnya dan menjilatnya. Namun, tetap bimbing dan awasi. Tulang pergelangan tangannya akan mengeras ketika umurnya 18 bulan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melatihnya terus sehingga kontrol motoriknya semakin kuat. Bantu si kecil jika dia kesulitan menyuapkan makanan menggunakan sendok.

4. Pentingnya mengajari anak makan sendiri

Kekacauan yang ditimbulkan si kecil ketika makan sendiri, serta kesulitan yang dihadapinya, tidak jarang membuat orangtua memilih untuk tetap menyuapinya. Namun, hal ini sebenarnya kurang tepat. Jika kita membiarkan anak disuapi terus-menerus, dia tidak akan memiliki kendali untuk dirinya sendiri.

Anak harus mulai bisa memilih makanan yang ingin dimakannya, dan seberapa banyak dia akan memakannya. Hal ini adalah cara mereka untuk mengetahui tanda-tanda internal yang memberi tahu ketika mereka lapar dan ketika mereka kenyang. Anak harus belajar dan berlatih mekanisme makan sendiri.

Nah, itu dia cara melatih anak makan menggunakan sendok dan garpu. Semoga membantu!

 

Baca juga:

Konsultasikan masalah kesehatan anak dengan menggunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab dengan dokter kandungan pilihan Anda! Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

VD/JJ/MA

Referensi