Masker Kopi Berkhasiat Mencerahkan Kulit, Benarkah?

Masker Kopi

Masker kopi menyimpan segudang manfaat bagi kecantikan kulit yang belum diketahui banyak orang. Seperti, menjadi cara mencerahkan kulit hingga melancarkan sirkulasi darah. Itulah mengapa banyak wanita mencoba bahan alami yang satu ini.

 

Go Dok – Kopi merupakan produk yang sangat populer dari seluruh dunia. Ketenaran minuman kopi, baik di Indonesia maupun di dunia sudah diakui. Namun bagaimana dengan produk masker kopi? Apakah Anda sudah pernah mendengarnya?

Siapa sangka, ampas kopi yang seringkali disingkirkan setelah Anda puas meminumnya, menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, terutama bagi kecantikan kulit Anda. Salah satu kandungannya, yaitu antioksidan alaminya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, masih ada segudang manfaat lainnya yang berkhasiat bagi kecantikan kulit.

Mau tahu apa saja khasiat masker kopi bagi kecantikan kulit?

Menurut ahli kecantikan, kopi digunakan dalam banyak produk kosmetik serta serum perawatan kulit dan krim. Namun, kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk kosmetik tersebut, nyatanya juga berbahaya untuk kulit Anda.

Daripada terus bergantung pada produk kosmetik dengan campuran kimia, mengapa tidak menggunakan bahan alami berupa ampas kopi yang kemudian diracik sendiri menjadi bentuk scrub?

Seperti yang telah Anda ketahui, kopi menjadi bahan yang sangat cocok sebagai scrub alami karena sifatnya yang tidak terlalu keras pada kulit, serta menjadi eksfoliator yang bagus untuk bagi kulit kepala Anda. Pasalnya, kulit kita memang perlu melalui proses pengelupasan sebagai upaya mengganti dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga Anda bisa memiliki kulit yang lebih bercahaya.

Sebelum Anda membuat racikan masker dari sisa minuman kopi, mari kita simak terlebih dahulu penjelasan lebih dalam soal masker kopi!

  • Kopi adalah sumber antioksidan yang kaya

Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk polifenol dan asam hidrokinamik. Antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit.

Kondisi lingkungan yang penuh dengan zat-zat radikal bebas dapat mendatangkan malapetaka bagi kulit. Namun, antioksidan dalam kopi melindungi dan memperkuat pertahanan alami kulit.

  • Kopi melindungi terhadap sinar matahari yang kuat

UVB berbahaya dapat menyebabkan penyakit kulit yang mengancam jiwa. Kafein melindungi kulit Anda dari karsinogen UV. Menurut penelitian, kafein sebenarnya menghambat respon kerusakan DNA, sehingga melindungi kulit dari efek buruk UVB.

  • Kopi membuat kulit halus dan cerah

Kopi memainkan peran penting dalam mengatur pertumbuhan kembali sel, meningkatkan kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Kopi meningkatkan sirkulasi darah

Hal ini membuat kulit menjadi sehat dan berenergi, serta mampu mengurangi pembengkakan jaringan kulit secara efektif.

 

Saat Anda menggunakan masker kopi, partikel-partikel kasar di bubuk kopi bekerja sebagai agen pengelupas untuk membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dari kulit. Itulah mengapa, jika Anda menggunakan masker berbahan dasar bubuk kopi ini secara rutin, kulit wajah Anda akan menjadi lebih cerah secara berangsur-angsur. Namun ingat, jangan lupa untuk membilasnya setelah didiamkan di wajah, ya! Selamat mencoba!

 

Baca juga:

 

TS/PJ/TP

Referensi