Mari Sama-Sama Mengenal Kanker Nasofaring

Kanker nasofaring

Kanker nasofaring merupakan sel-sel kanker yang berkembang di area nasofaring, atau setidaknya mulai berkembang dari area tersebut, sebelum akhirnya menyebar ke bagian tubuh lain. Kanker nasofaring merupakan jenis kanker pada mulut dan kepala yang tergolong langka.

Go Dok Nasofaring? Apa itu? Kebanyakan dari Anda tentunya belum terlalu mengerti istilah bagian tubuh yang satu ini. Belum lagi jika bagian tubuh ini dikaitkan dengan kanker, tentu Anda bertanya-tanya, di mana letaknya?

Meskipun kanker nasofaring memang tergolong langka, namun bukan tidak mungkin Anda bisa terkena penyakit ini. Karena itu, untuk mengetahui gejala awal dan tindakan penanganannya sejak dini, yuk simak penjelasan lengkap tentang mengenal kanker nasofaring berikut ini!

Apa itu nasofaring?

Sebelum mengenal kanker nasofaring, ada baiknya Anda mengenal bagian tubuh yang dinamakan nasofaring itu sendiri. Nasofaring merupakan suatu bagian dari kepala Anda, terletak di dasar tengkorak kepala, tepat di langit-langit mulut, dan di atas bagian tenggorokan.

Lubang hidung Anda pada akhirnya akan membuka ke dalam nasofaring. Saat Anda bernapas, udara akan mengalur melalui hidung Anda, ke dalam tenggorokan dan nasofaring, sebelum akhirnya mencapai paru-paru Anda.

Apa itu kanker nasofaring?

Kanker nasofaring merupakan sel-sel kanker yang berkembang di area nasofaring Anda, atau setidaknya mulai berkembang dari area tersebut, sebelum akhirnya menyebar ke bagian tubuh lain. Kanker ini merupakan jenis kanker pada mulut dan kepala yang tergolong langka.

Lalu, apa penyebabnya?

Seperti semua kanker, kanker nasofaring juga dimulai saat terjadi mutasi genetik yang menyebabkan sel-sel normal di dalam tubuh Anda berkembang lebih cepat tanpa bisa dikontrol. Perkembangan sel-sel ini akan menyerbu struktur yang mengelilinginya hingga kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

 Dalam kasus kanker nasofaring, proses ini dimulai dalam sel-sel skuamosa yang berjejer di permukaan nasofaring. Meski mengetahui prosesnya, namun penyebab pasti dari kanker ini hingga saat ini belum diketahui. Hanya saja, kanker ini terlihat memiliki ikatan kuat dengan virus Epstein–Barr.  Umumnya, penderita kanker nasofaring adalah penderita Epstein–Barr, meski tidak pada semua kasusnya.

Apa saja gejala kanker nasofaring?

Pada tahap-tahap awal, kanker nasofaring umumnya hampir tidak menunjukkan gejala apapun. Namun, berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda alami :

  • Terdapat darah pada air liur Anda
  • Hidung tersumbat
  • Terdapat kotoran (upil atau ingus) yang bercampur darah
  • Munulnya suatu benjolan di leher Anda, yang disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening
  • Kehilangan kemampuan mendengar
  • Munculnya infeksi telinga terus menerus
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas dan frekuensinya sudah mengganggu aktivitas Anda, maka ada baiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter guna memastikan kondisi Anda.

Faktor risiko

Faktor risiko merupakan hal-hal yang dapat membuat risiko Anda dalam terkena nasofaring lebih besar dari orang lain, yaitu :

  • Jenis kelamin, di mana kanker nasofaring lebih umum ditemukan pada pria dibandingkan wanita
  • Ras, di mana tipe kanker ini lebih umum mengenai orang-orang di beberapa bagian negara Cina, Asia Tenggara, dan Afrika Utara.
  • Usia, meskipun tipe kanker bisa mengenai usia berapapun, namun yang paling sering terkena adalah mereka pada usia 30 – 50 tahun.
  • Virus Eippsten-Bar, seperti telah disebutkan sebelumnya, penderita Eippsten-Bar bisa kerat kaitannya dengan kanker nasofaring.
  • Riwayat keluarga, di mana jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit ini, maka hal ini bisa meningkatkan risiko Anda dalam terkena tipe kanker yang sama.
  • Merokok
  • Meminum minuman beralkoholsecara berlebihan, dan
  • Bekerja di lingkungan penuh serbuk kayu atau kontak langsung dengan zat kimia formaldehyde.

Dan jenis perawatan apa yang paling tepat?

Seperti jenis kanker lainnya, kanker nasofaring pun paling umum diberikan perawatan radioterapi dan kemoterapi guna menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal. Bisa pula dilakukan operasi pengangkatan tumor jika memungkinkan.

Nah, itu dia beberapa penjelasan untuk Anda dalam mengenal kanker nasofaring. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi