Mari Mengenal Ragam Penyebab Penyakit Asma

Penyebab penyakit asma

Penyebab penyakit asma tak ada yang benar-benar tahu. Namun, ada satu hal yang konsisten dalam terjadinya serangan asma : saat jalan masuk dan keluar udara bertemu dengan pemicu serangan asma, jalur udara tersebut akan meradang, menjadi sempit, dan terisi penuh oleh lendir.

 

Go Dok – Tak bisa dipungkiri, asma merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang dapat menyerang Anda dan keluarga. Selain kedatangannya yang tak bisa diduga, asma juga merupakan suatu penyakit menahun yang bisa mengganggu aktivitas Anda seumur hidup. Belum lagi jika serangannya datang secara mendadak. Nah, karena itu akan lebih baik jika Anda mengenali ragam penyebab penyakit asma guna menghindarinya sejak dini. Apa sajakah penyebab penyakit asma yang penting untuk diketahui? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa sebenarnya penyebab penyakit asma?

Sejatinya, tak ada yang benar-benar tahu apa yang menyebabkan seseorang terkena asma. Meski begitu, ada satu hal yang konsisten dalam terjadinya serangan asma : saat jalan masuk dan keluar udara bertemu dengan pemicu serangan asma, jalur udara tersebut akan meradang, menjadi sempit, dan terisi penuh oleh lendir. Jadi, meski penyebab penyakit asma tidak diketahui secara pasti, namun Anda dapat mengenali beberapa pemicu umum dari terjadinya serangan asma, seperti :

1. Alergi

Pemicu serangan asma yang pertama adalah reaksi alergi Anda terhadap suatu alergen tertentu. 80% penderita asma memang memiliki alergi terhadap sesuatu yang bisa tanpa sengaja terhirup dan terbawa sampai ke jalur pernapasan yang menjadi jalan masuk dan keluar udara.

Alergen yang dimaksud jenisnya beragam, mulai dari pohon, rumput, jamur, lumut, kulit binatang, tungau debu, hingga kecoak. Bahkan, dalam suatu studi dibuktikan bahwa anak-anak yang tinggal dalam rumah yang didatangi banyak kecoak, memiliki risiko 4 kali lebih besar dalam terkena asma dibandingkan mereka yang tidak.

2. Bahan dan kandungan suatu makanan

Pemicu yang pertama adalah bahan dan kandungan pada suatu makanan. Ya, bahan makanan dan kandungan lainnya, seperti pewarna atau penambah rasa juga bisa menjadi salah satu alergen yang memicu serangan asma. Makanan paling umum yang berasosiasi dengan serangan asma termasuk :

  • Susu sapi
  • Telur
  • Kacang
  • Kedelai
  • Gandum
  • Ikan
  • Udang dan kerang
  • Salad dan sayuran segar, serta
  • Buah-buahan segar.

Sementara kandungan makanan yang menjadi penyebab asma bervariasi, mulai dari potassium bisulfite, sodium metabisulfite, sodium sulfite, dan sodium bisulfite, yang umum digunakan dalam proses pembuatan makanan kemasan.

3. Olahraga dan latihan berat

Ya, beberapa orang dapat terkena serangan asma yang dipicu oleh aktivitas dan olahraga berat. Kedua hal ini, pada 80% penderita asma, dapat menyebabkan penyempitan jalur pernapasan secara tiba-tiba. Jika Anda mengalami asma yang dipicu oleh olahraga berat, Anda akan mengalami sesak pada bagian dada, batuk-batuk, dan kesulitan bernapas pada 5 – 15 menit pertama olahraga tersebut dimulai.

Jika Anda meneruskan latihan, biasanya gejala tersebut akan berkurang perlahan pada menit ke 30 hingga 60 menit berikutnya. Namun, 50% penderita asma dengan pemicu ini akan kembali mengalami serangan pada 6 – 10 jam setelahnya. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda melakukan pemanasan dan peregangan sebelum mulai berolahraga berat.

4. Infeksi virus dan bakteri

Tahukah Anda bahwa infeksi virus dan bakteri pada jalur pernapasan, seperti pilek, flu, bronkitis, dan infeksi sinus, dapat memicu serangan asma? Ya, infeksi ini memang umumnya memicu asma pada anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun. Anak-anak penderita asma akan memiliki jalur pernapasan yang sensitif terhadap virus dan bakteri, sehingga menyebabkan jalur pernapasan lebih mudah menyempit dan kondisi ini bahkan bisa bertahan hingga 2 bulan setelah si anak sembuh dari infeksi yang bersangkutan.

5. Merokok

Tentu banyak dari Anda yang tahu bahwa merokok merupakan sebuah kebiasaan yang berbahaya bagi sistem pernapasan. Salah satu bahayanya adalah sebagai pemicu serangan asma. Jika Anda penderita asma, dan tetap merokok, maka gejala asma seperti bengek dan batuk-batuk akan semakin parah. Tak hanya itu, perempuan yang merokok saat tengah hamil juga meningkatkan risiko terjadinya bengek dan gangguan fungsi paru-paru pada bayi yang nantinya dilahirkan. Untuk menghindari hal ini, tentu baiknya Anda segera berhenti merokok.

6. Obat-obatan tertentu

Jarang yang tahu bahwa mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi salah satu pemicu serangan asma. Nyatanya, penderita asma memang lebih sensitif terhadap beberapa obat-obatan, seperti ibuprofen, naporxen, dan beta-blockers yang umum digunakan dalam pengobatan mereka yang menderita hipertensi, penyakit jantung, serta glaukoma. Untuk mengatasi hal ini, berkonsultasilah dengan dokter Anda agar obat-obatan yang diresepkan tidak memicu asma.

7. Polutan dan iritan

Banyak jenis polutan dan iritan yang sangat umum memicu asma pada para penderita asma, seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap dari kayu bakar, asap pembakaran sampah, wangi-wangian yang berasal dari parfum, pembersih lantai, serta deterjen.

8. Cuaca

Cuaca yang dingin, atau perubahan pada temperatur secara mendadak, serta kelembapan pada lingkungan tempat Anda tinggal dan beraktivitas juga bisa menjadi pemicu serangan asma.

9. Hewan peliharaan

Sedikit menyedihkan memang, namun nyatanya hewan peliharaan dan hal-hal yang pada binatang-binatang tersebut dapat menjadi salah satu pemicu serangan asma. Hal ini khususnya pada hewan berbulu, seperti kucing, anjing, hamster, kelinci, dan burung, di mana bulu mereka bisa membuat bersin dan memicu asma. Begitu pula feses, kotoran, air liur, urin, kulit, atau bahkan kutu binatang yang menjangkiti hewan kesayangan Anda. Untuk menghindari pemicu ini, ada baiknya Anda menjauhkan binatang peliharaan dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang makan.

10. Emosi yang kuat

Terakhir, serangan asma ternyata juga dapat dipicu oleh dorongan emosi yang kuat. Stres, kegelisahan yang berlebih, menangis berlebihan, rasa marah yang luar biasa, dan bahkan tertawa terlalu keras dapat menjadi pemicu serangan pada penderita asma.

Nah, itu dia 8 pemciu serangan asma yang merupakan penyebab penyakit asma yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi