Mari Mengenal Prosedur Suntik Botox

Prosedur suntik botox

Prosedur suntik botox  salah satu perawatan wajah yang sering digunakan untuk memiliki wajah yang tampak awet muda atau mengatasi berbagai masalah-masalah kesehatan tertentu. Prosedur kecantikan ini dilakukan untuk memblokir suatu sinyal kimiawi dari syaraf-syaraf tubuh.

 

Go Dok Belakangan ini, suntik botox menjadi salah satu jenis prosedur kecantikan yang cukup populer, terutama di kalangan wanita dan pria yang tengah memasuki usia paruh baya. Pasalnya, prosedur suntik botox cukup efektif dalam mengatasi serta menghilangkan kerutan di wajah sekaligus keriput yang biasanya muncul di usia tersebut. Hasilnya, wajah akan kembali tampak mulus dan terlihat jauh lebih muda. Nah, apakah Anda salah satu yang tergoda untuk mencobanya? Jika iya, yuk kenali lebih dekat prosedur suntik botox melalui penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu prosedur suntik botox?

Suntik botox merupakan suatu jenis obat-obatan yang menggunakan berbagai bentuk botulinium toxin, yang disuntikkan pada area tubuh tertentu guna melumpuhkan aktivitas otot-otot di area tersebut. Suntik botox bersifat sementara, dan tidak permanen. Zat ini dikenal mampu mengurangi keriput di wajah Anda. Meski begitu, botox paling efektif reaksinya untuk memperbaiki keriput yang belum terlalu jelas garis-garisnya, dan hanya muncul ketika Anda menggerakkan wajah, seperti saat merengut atau mengerutkan dahi.

Apa alasan melakukan prosedur suntik botox?

Suntik botox bekerja dengan cara memblokir suatu sinyal kimiawi dari syaraf-syaraf tubuh, paling sering adalah sinyal yang menyebabkan otot-otot berkontraksi. Karenanya, penggunaan dari suntik botox sejatinya adalah untuk merelaksasikan otot wajah yang menyebabkan keriput dan kerutan secara temporer, seperti :

  • Kerutan di dahi
  • Kerutan di ujung-ujung kedua mata
  • Garis kerutan di antara kedua alis.

Nah, Anda mungkin juga akan memerlukan suntik botox untuk memperbaiki masalah-masalah kesehatan berikut ini :

  • Mata malas (lazy eye), suatu kondisi di mana salah satu atau kedua mata Anda memiliki daya penglihatan yang sangat parah. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah ketidakseimbangan fungsi otot-otot yang bertanggungjawab dalam memposisikan mata.

  • Kontraksi otot,di mana otot-otot yang mengalami kontraksi dapat direlaksasikan dengan suntik botox.

  • Cervical dystonia, suatu kondisi menyakitkan, di mana otot-otot leher Anda berkontraksi tanpa dikomando, sehingga menyebabkan kepala terpelintir pada posisi yang tidak nyaman.

  • Hyperhidrosis, alias berkeringat secara berlebihan di saat cuaca atau suhu ruang tidak sedang panas, dan tidak tengah melakukan pekerjaan berat.

  • Migrain kronis, di mana jika Anda mengalami migrain hingga lebih dari 15 hari dalam sebulan, maka prosedur suntik botoxbisa mengurangi frekuensi sakit kepala ini.

  • Mata berkedut, di mana suntik botox dapat membantu dalam meredakan kontraksi otot atau kedutan otot-otot di area sekitar mata.

  • Disfungsi kandung kemih, suatu kondisi di mana kandung kemih tidak berfungsi seperti seharusnya, dan terlalu aktif. Suntik botox bisa membantu dalam mengurangi keaktifan kandung kemih tersebut.
Lalu, bagaimana prosedur suntik botox ini dilakukan?

Umumnya, prosedur suntik botox akan dilakukan oleh dokter yang berpengalaman, dan bersertifikat resmi. Jika perlu, Anda bisa melakukannya di rumah sakit. Prosedur ini tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui. Biasanya Anda tidak akan memerlukan anestesi lokal sebelum penyuntikkan. Area kulit lokasi penyuntikkan akan dibersihkan, dan sejumlah kecil botolinium toxin akan disuntikkan ke dalam otot-otot wajah Anda. Pada area-area yang berbeda, kemungkinan diperlukan beberapa kali suntukan. Prosedur akan memakan waktu sekitar 10 menit, dan akan terasa sedikit sakit.

Efeknya tidak akan terasa langsung, dan membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 hari untuk terlihat hasilnya, dan sekitar 2 minggu untuk efeknya terasa penuh. Hindari memijat atau mengelus-elus area suntikan selama 3 hari setelah prosedur dilakukan. Efek dari suntik botox umumnya akan bertahan selama 4 – 6 bulan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai prosedur suntik botox yang bisa Anda pahami sebelum mencobanya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi