Mari Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Kulit 

Gejala kanker kulit

Gejala kanker kulit akan berbeda sesuai jenisnya. Bisa jadi tahi lalat yang tumbuh, sakit, atau berdarah bisa menjadi tanda kanker kulit. Dua jenis kanker yang paling umum adalah kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Jenis lainnya yaitu melanoma. Bagaimana dengan penyebabnya?

 

Go Dok Penyakit kanker masih menjadi momok bagi kebanyakan orang. Ada bermacam-macam kanker dan salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah kanker kulit. Kanker kulit adalah bentuk kanker paling umum di Amerika Serikat. Sebagian besar kasus kanker ini masih dapat dengan mudah dicegah.

Apa saja penyebab kanker kulit?

Kanker kulit terjadi akibat paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan.Selain menyebabkan kulit terbakar, terlalu banyak paparan sinar UV dapat mengubah tekstur kulit, menyebabkan kulit menua sebelum waktunya, dan dapat menyebabkan kanker kulit. Kanker kulit paling sering berkembang pada area kulit seperti kulit kepala, wajah, bibir, telinga, leher, dada, lengan, tangan, dan kaki. Namun, juga dapat terbentuk pada area seperti telapak tangan, di bawah kuku jari tangan atau kuku jari kaki, dan di daerah genital Anda.

Tahukah Anda, siapa pun bisa terkena kanker kulit, loh. Orang dengan faktor risiko tertentu lebih mungkin rentan terkena kanker kulit. Faktor risiko ini bervariasi, tetapi lebih sering terjadi pada:

  1. Orang yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari atau terbakar matahari.
  2. Orang yang memiliki kulit, rambut dan mata berwarna terang.
  3. Orang yang memiliki anggota keluarga dengan kanker kulit.
  4. Orang yang berusia lebih dari 50 tahun.
Lalu, bagaimana gejala kanker kulit?

Penting bagi Anda untuk mengenali tanda dan gejala kanker kulit. Kenapa itu penting? Karena berbagai bentuk kanker kulit memiliki tanda dan gejala kanker kulit yang berbeda.Bisa jadi tahi lalat yang tumbuh, sakit, atau berdarah bisa menjadi tanda kanker kulit. Dua jenis kanker yang paling umum adalah kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Jenis lainnya yaitu melanoma, lebih berbahaya tetapi kurang umum.

1. Basal cell carcinoma(BCC)/ Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal (BCC) adalah jenis kanker kulit yang dimulai di sel basal, sel-sel di dalam kulit yang menghasilkan sel-sel kulit baru saat yang lama mati.Ini adalah kanker kulit yang paling sering didiagnosis.

Lesi BCC sering terlihat seperti benjolan berlilin yang cenderung muncul di area kulit yang paling sering terkena sinar matahari, termasuk wajah dan leher Anda. Seperti pada kebanyakan kanker kulit, gejala kanker kulit yang utama jenis BCC adalah nyeri yang tidak akan sembuh, atau yang berulang kali mengeluarkan darah dan berkembang menjadi keropeng. BCC juga dapat muncul sebagai:

  • Benjolan berwarna putih atau berkilau seperti mutiara (coklat atau hitam pada orang yang berkulit gelap) dengan pembuluh darah terlihat yang dapat mengeluarkan darah dan mengembangkan kerak.
  • Bercak datar, bersisik, berwarna coklat atau daging di punggung atau dada Anda.
  • Bekas luka berwarna putih, yang mungkin merupakan tanda kanker yang sangat invasif dan merusak yang disebut karsinoma sel basal morfeaform.

2. Squamous cell carcinoma(SCC) / Karsinoma sel skuamosa

Bentuk umum kanker kulit yang berkembang dalam sel-sel skuamosa tipis dan datar yang membentuk lapisan luar kulit Anda.

Meskipun dapat menjadi agresif, SCC umumnya tidak mengancam jiwa. Namun, jika tidak diobati dapat tumbuh atau menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda, menyebabkan komplikasi serius.

Sel skuamosa ada di banyak area tubuh Anda. SCC paling sering terjadi pada area kulit yang terpapar sinar matahari, seperti kulit kepala, punggung tangan, dan telinga.Namun, dapat terjadi di daerah lain, termasuk bagian dalam mulut Anda, anus, dan alat kelamin.

Gejala kanker kulit jenis SCC meliputi:

  • Nodul merah yang tegas
  • Luka rata dengan kerak bersisik
  • Luka baru atau area luka pada bekas luka lama
  • Tambalan kasar bersisik di bibir
  • Sebuah bercak merah atau kasar di dalam mulut Anda
  • Tambalan merah di bagian atas atau di anus atau alat kelamin Anda.

3. Melanoma

Jenis kanker kulit yang paling serius. Kanker ini berkembang dari melanosit, sel-sel yang menghasilkan melanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Penyebab pasti melanoma tidak diketahui. Namun, seperti kebanyakan kanker kulit, melanoma dikaitkan dengan paparan berlebihan terhadap radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau tanning bed.

Melanoma dapat berkembang di mana saja di tubuh Anda, termasuk di mata Anda, saluran pencernaan, kelenjar getah bening, dan organ lainnya. Melanoma dapat dialami orang-orang dari semua warna kulit, tetapi pada orang dengan kulit lebih gelap, itu lebih mungkin terjadi di daerah yang biasanya tidak terkena matahari, seperti telapak tangan dan telapak kaki.

Perubahan pada kulit Anda adalah tanda kanker kulit yang paling umum. Berikut ini ada cara sederhana untuk mengingat gejala kanker kulit jenis  melanoma yaitu mengingat A-B-C-D-E-melanoma.

  • A –asymmetrical (asimetris). Apakah tahi lalat atau titik memiliki bentuk tidak beraturan dengan dua bagian yang terlihat sangat berbeda?
  • B – border (perbatasan). Apakah perbatasannya tidak beraturan atau bergerigi?
  • C– color (warna). Apakah warnanya tidak merata?
  • D– diameter (diameter). Apakah tahi lalat atau tempat lebih besar dari ukuran kacang polong?
  • E – evolving (berkembang). Apakah tahi lalat atau noda berubah selama beberapa minggu atau bulan terakhir?

Itu tadi penyebab dan gejala kanker kulit. Jika Anda melihat perubahan pada kulit Anda seperti pertumbuhan baru, rasa sakit yang tidak sembuh, perubahan pada pertumbuhan lama, atau pun tanda A-B-C-D-E melanoma apa pun, segeralah bicarakan dengan dokter Anda.

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

TA/PJ/MA

Referensi