Mari Mengenal Operasi Kelopak Mata

Operasi kelopak mata

Operasi kelopak mata, atau yang di dalam istilah medis dikenal sebagai Blepharoplasty, merupakan suatu tipe operasi yang mampu memperbaiki kelopak mata yang sudah kendor dan terlihat menggantung serta berkantung-kantung. Selain itu, operasi kelopak mata sering dilakukan kaum muda untuk mengencangkan wajah.

 

Go Dok Di kalangan menengah ke atas, selebriti, dan para sosialita, operasi kelopak mata bukanlah sesuatu yang asing. Seiring bertambahnya  usia, kedua pasang kelopak mata Anda akan terus mengendur. Demi mempertahankan kesempurnaan pada wajah, banyak dari Anda yang termasuk kalangan di atas, melakukan operasi kelopak mata, meski harganya selangit. Apakah Anda salah satunya? Jika bukan, dan merasa ingin mencobanya, mungkin Anda bisa mengenal prosedur kecantikan ini lebih jauh melalui penjelasan lengkapnya berikut :

Sekilas tentang operasi kelopak mata

Operasi kelopak mata, atau yang di dalam istilah medis dikenal sebagai Blepharoplasty, merupakan suatu tipe operasi yang mampu memperbaiki kelopak mata yang sudah kendor dan terlihat menggantung serta berkantung-kantung. Prosedur ini akan melibatkan pengangkatan kulit berlebih di kelopak mata, lemak berlebih, dan otot-otot penunjang kelopak mata yang sudah melemah.

Seiring dengan bertambahnya usia, otot-otot penunjang kelopak mata Anda akan melemah, dan kelopak mata pun akan tertarik. Hal ini akan membuat kelopak mata Anda turun, dan terlihat menggantung, seiring dengan mengeriputnya kulit wajah. Untuk memperbaiki hal ini, dan mencegah tampang terlihat lebih tua, maka dilakukan operasi kelopak mata. Di Indonesia, biaya operasi kelopak mata bisa berkisar antara 20 – 30 juta rupiah.

Apa alasan prosedur ini dilakukan?

Sejatinya, selain untuk mempertahankan penampilan agar tetap terlihat muda, operasi kelopak mata juga bisa dilakukan mereka yang masih muda, guna mengencangkan wajah. Selain itu, karena kulit kelopak mata yang mengendur juga bisa mempengaruhi daya penglihatan Anda, operasi kelopak mata juga bisa dilakukan guna memperbaiki masalah penglihatan tersebut. Pasalnya, operasi ini akan mengangkat jaringan kulit berlebih yang membuat kelopak mata menjadi kendor. Anda juga mungkin harus mempertimbangkan Blepharoplasty jika kondisi kelopak mata Anda terlampau parah hingga membuat mata tidak bisa tertutup atau terbuka secara sempurna. Selain itu, berikut adalah beberapa alasan dilakukannya Blepharoplasty :

  • Anda memiliki kantung mata yang sudah parah
  • Kelopak mata bagian atas sudah kendor atau terlalu turun
  • Adanya jaringan kulit berlebih pada kelopak mata sebelah atas, yang menggangggu penglihatan periperal
  • Adanya jaringan kulit berlebih pada kelopak mata sebelah bawah.
Lalu, bagaimana prosedur ini dijalankan?

Jika sudah dipikirkan secara matang, dan Anda tetap merasa perlu melakukan operasi kelopak mata, maka kenali pula prosedurnya. Operasi akan dimulai dengan memberikan anestesi lokal dan bius pada area kelopak mata. Jika Anda melakukannya di rumah sakit, biasanya anestesi umum yang akan diberikan. Operasi pada kelopak mata bagian atas, biasanya akan berlangsung selama satu jam dan dilakukan dengan cara berikut :

  • Dokter membuat suatu irisan di sepanjang lipatan kelopak mata, pada lipatan kulit alami yang terbentuk pada kelopak mata Anda.
  • Kemudian akan dimulai pengangkatan jaringan kulit berlebih, jaringan otot-otot yang melemah, atau jaringan lemak pada kelopak mata.
  • Setelah diangkat, dokter akan menutup dan membersihkan irisan yang dibentuknya, di mana luka bekas irisan akan tersembunyi di balik lipatan kulit alami pada kelopak mata.

Sementara itu, operasi kelopak mata bagian bawah umumnya berlangsung selama dua jam, dan dilakukan melalui langkah-langkah berikut :

  • Dokter akan membuat suatu irisan, tepat di bawah bulu mata bagian bawah Anda, atau di dalam kelopak mata bawah.
  • Setelah itu, akan dimulai pengangkatan pada jaringan lemak dari kantung mata sebelah bawah. Kadang, akan diangkat pula sedikit jaringan kulit di area kelopak mata.
  • Jika dibutuhkan, selanjutnya akan dipasang penyangga otot dan urat pada kelopak mata sebelah bawah.

Dokter bedah biasanya akan memasang suatu strip lengket yang tipis, disebut suture strips, guna menyangga kelopak mata seusai jalannya operasi. Strip ini akan diangkat dalam jangka waktu seminggu setelah operasi.

Nah, itu dia tadi sekilas mengenai operasi kelopak mata yang mungkin dapat berguna untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi