Mari Mengenal Kanker Paru-Paru

kanker paru-paru

Kanker paru-paru merupakan suatu perkembangan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol yang pertumbuhannya dimulai pada salah satu, atau kedua paru-paru Anda. Biasanya, pertumbuhan sel-sel kanker ini dimulai pada area saluran udara.

Go Dok Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi salah satu masalah utama bagi praktisi kesehatan di Indonesia. Pasalnya, berdasarkan data yang dikeluarkan World Health Orgnization (WHO), kanker paru-paru merupakan penyebab kematian utama kaum pria di Indonesia.

Lebih lanjut, International Agency for Research on Cancer (IARC) juga merilis data di tahun 2012, bahwa terdapat 34.696 kasus kanker paru-paru di Indonesia dan 25.322 di antaranya menimpa kaum pria. Mengerikan, bukan? Mengapa hal ini bisa terjadi? Untuk menjawabnya, yuk mengenal kanker paru-paru lebih dekat melalui penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu kanker paru-paru?

Kanker paru-paru merupakan suatu perkembangan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol yang pertumbuhannya dimulai pada salah satu, atau kedua paru-paru Anda. Biasanya, pertumbuhan sel-sel kanker ini dimulai pada area saluran udara. Sel-sel abnormal ini tidak akan berkembang menjadi jaringan paru-paru yang normal, namun terbagi dengan cepat dan membentuk tumor.

Paru-paru Anda merupakan sepasang organ yang terletak di bagian dada. Keduanya bertugas untuk membawa oksigen masuk ke dalam tubuh dan melepaskan karbondioksida saat Anda  bernapas. Saat kemudian berkembang menjadi lebih besar dan lebih banyak, sel-sel tumor akan merusak fungsi paru-paru dalam mensuplai aliran darah dengan oksigen.

Tipe-tipe kanker paru-paru

Terdapat dua tipe kanker paru-paru, yaitu :

  • Small cell lung cancer,yang muncul khusus hanya pada para perokok berat, dan lebih jarang terjadi dibandingkan tipe kanker yang lainnya. Tipe ini umumnya lebih cepat menyebar dan lebih berbahaya dibandingkan tipe kanker lain.

  • Non-small cell lung cancer,tipe-tipe kanker paru-paru ini termasuk di antaranya squamous cell carcinoma, large cell carcinoma, bronchioalveolar carcinoma dan adenocarcinoma.

Apa penyebabnya?

Penyebab utama dari kanker paru-paru adalah merokok, baik pada perokok aktif maupun perokok pasif. Jadi, jika seorang yang kerap terkena paparan asap rokok atau seorang perokok terkena kanker paru-paru, maka bisa dipastikan kebiasaan buruk tersebutlah penyebabnya.

Meski begitu, pada beberapa kasus kanker paru-paru juga ditemukan pada merokok yang bukan perokok (pasif maupun aktif). Dalam kasus-kasus ini, dokter belum bisa memastikan penyebabnya.

Kebanyakan dokter percaya bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dengan cara merusak sel-sel yang melapisi paru-paru Anda. Saat Anda menghirup asap rokok -yang mana penuh akan racun penyebab kanker, seperti karsinogen- perubahan pada jaringan paru-paru Anda langsung dimulai.

Pertama-tama, tubuh Anda akan dapat mengatasi kerusakan ini. Namun, jika paparan zat-zat dari asap rokok ini berlangsung berkali-kali, maka sel-sel normal yang melapisi paru-paru akan semakin rusak. Akhirnya, kerusakan ini akan menyebabkan sel-sel paru-paru Anda berfungsi tidak normal hingga kanker terbentuk.

Faktor risiko

Faktor risiko merupakan hal-hal yang dapat meningkatkan risiko Anda dalam terkena kanker paru-paru. Beberapa di antaranya adalah :

  • Berusia di atas 40 tahun, di mana kanker paru-paru jarang ditemukan pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun.
  • Perokok aktif atau pasif
  • Sering terpapar zat asbestos, nikel, arsenik, dan kromium, atau zat-zat lainnya yang mengandung karsinogen.
  • Keturunan, di mana Anda yang memiliki orang tua, saudara kandung, atau kakek-nenek yang menderita kanker paru-paru akan lebih berisiko menderta kanker ini pula.

Lalu, apa saja gejala yang mungkin muncul?

Pada tahap awal, umumnya tidak ada gejala yang muncul. Namun, seiring bertambah parahnya kanker paru-paru yang Anda derita, maka akan muncul gejala, seperti :

  • Batuk yang tidak kunjung berhenti
  • Batuk berdarah
  • Sesak napas yang semakin sering terjadi dan berulang
  • Kelelahan tanpa sebab yang jelas dan penurunan berat badan drastis
  • Muncul rasa sakit atau nyeri saat bernapas atau batuk.

Bisakah kanker paru-paru disembuhkan?

Seperti tipe kanker lainnya, jika terdiagnosis pada tahap awal dan sel-sel kanker hanya terbatas pada satu area, Anda dapat menjalani operasi pengangkatan kanker. Biasanya, area paru-paru yang terkena kanker juga akan turut diangkat.

Jika operasi tidak memungkinkan karena kondisi kesehatan Anda, maka biasanya dokter akan menjalankan radioterapi untuk menghancurkan sel-sel kanker.

Sementara itu, jika sel-sel kanker sudah menyebar terlalu jauh dan pada tahap krisis, maka Anda bisa menjalani kemoterapi.

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai kanker paru-paru. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi