Mari Mengenal Gejala Penyakit Lupus

Gejala penyakit lupus

Gejala penyakit lupus ini sulit untuk didiagnosis, karena umumnya akan meniru gejala dari penyakit lainnya. Meski begitu, tentu saja ada beberapa gejala penyakit Lupus yang dapat Anda amati secara jelas. Apa saja gejala dari penyakit lupus tersebut?

 

Go Dok – Masih asingkah Anda dengan penyakit Lupus? Secara medis, Lupus dideksripsikan sebagai suatu penyakit autoimun sistemik, yang muncul saat sistem imun tubuh Anda justru menyerang organ-organ dan jaringan tubuh Anda sendiri. Hal ini termasuk menyerang persendian, kulit, jantung, paru-paru, ginjal, otak, dan sel-sel darah Anda. Ya, Lupus merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Penyebabnya pun belum diketahui secara pasti, namun para ahli berpendapat penyakit ini kemungkinan besar disebabkan oleh gabungan antara faktor genetis dan lingkungan sekitar Anda.

Parahnya lagi, gejala dan tanda-tanda penyakit ini sulit untuk didiagnosis, karena umumnya akan meniru gejala dari penyakit lainnya. Meski begitu, tentu saja ada beberapa gejala penyakit Lupus yang dapat Anda amati secara jelas. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Demam,baik ringan maupun tinggi, tanpa sebab yang jelas. Biasanya, Anda menderita demam jika terinfeksi virus atau bakteri, yang disertai gejala lain, seperti pilek, batuk, radang tenggorokan, atau flu. Namun dalam kasus ini, demam muncul tanpa sebab yang jelas.

  • Nyeri sendi, rasa kaku pada sendi, serta pembengkakan pada satu area tubuh.

  • Rasa lelah yang datang tanpa henti dan sebab yang jelas dan berat badan yang berkurang secara drastis.

  • Muncul ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu, di mana ruam ini akan menutupi area kedua pipi dan batang hidung.Namun, hal ini akan berbeda pada tiap orang, di mana sebagian penderita Lupus tidak mengalami ruam di wajah, melainkan di bagian lain tubuh.

  • Jari-jari dan jempol kaki serta tangan berubah warna menjadi putih pucat, atau bahkan menjadi biru saat terekspos pada suhu dingin.Jempol dan jari-jari juga bisa mengalami perubahan warna ketika Anda mengalami saat-saat penuh tekanan (stres).

  • Muncul lesi atau suatu bentuk serupa bekas luka, pada kulit Anda.Lesi kulit ini akan muncul atau bertambah parah penampakannya saat terekspos sinar matahari (fotosensitifitas).

  • Sesak nafas,yang bisa berlangsung berkali-kali

  • Muncul rasa nyeri pada dada

  • Mata menjadi kering

  • Kejang-kejang, yang mungkin terjadi sesekali pada penderita Lupus

  • Rambut rontoksecara esktrim.

  • Sakit kepala, kebingungan, yang bisa pula disertai dengan kehilangan ingatan secara berkala dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Gangguan pada sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, pada kinerja ginjal dan jantung, sesuai dengan bagian tubuh dan organ yang dipengaruhi oleh serangan dari sistem imun tubuh Anda sendiri.

Sejatinya, tidak semua gejala penyakit Lupus umum yang dijelaskan di atas dapat terjadi pada Anda, meskipun Anda telah menderita penyakit ini. Pasalnya, gejala penyakit Lupus yang muncul akan bergantung pada bagian tubuh mana yang diserang oleh sistem imun Anda.

Gejala-gejala tersebut juga tidak selalu muncul setiap waktu. Beberapa penderita Lupus mengalami berbagai gejala dalam satu periode tertentu, sebelum kemudian membaik dan hilang setelah beberapa waktu, lalu muncul lagi di waktu lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat Anda sulit dalam mengenali gejala penyakit Lupus secara pasti.

Meski begitu, Anda selalu dapat memeriksakan diri ke dokter dan menjalani serangkaian tes guna menentukan diagnosis penyakit Lupus secara pasti.

Nah, itu dia gejala penyakit Lupus yang dapat Anda waspadai sejak dini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SK/PJ/MA

Referensi