Mari Ketahui Tips Mengasuh Anak Bagi Single Father

tips emngasuh anak bagi single father

Tips mengasuh anak bagi single father yang bisa Anda praktikkan. Tips ini untuk membantu pria-pria berstatus single father yang mengalami kebingungan tentang cara mengasuh buah hati mereka.

Go Dok- Sosok ibu dan ayah bagi seorang anak adalah panutan. Ketiadaan salah satunya bagi anak adalah hal besar yang dapat mempengaruhi kehidupannya. Kehilangan pasangan, baik karena perceraian atau kematian akan menyisakan sejumlah persoalan. Salah satunya adalah risiko menjadi orang tua tunggal, baik single mother (ibu tunggal)  ataupun single father (ayah tunggal). Bagi ibu tunggal, permasalahan yang biasanya dihadapi adalah finansial yang tidak memadai untuk menghidupi anak-anaknya. Sementara bagi ayah tunggal persoalan utama yang harus dihadapi adalah ketidaktahuan dan kekakuan dalam mengasuh anak.

Menjadi single father tentu saja bukan pekerjaan mudah. Selain harus berperan sebagai pencari nafkah, ayah juga harus berperan ganda sebagai ibu yang senantiasa mengasuh sang buah hati. Seringkali pria-pria berstatus single father kebingungan tentang cara mengasuh buah hati mereka.

Berikut tips mengasuh anak bagi single father yang bisa Anda praktikkan!

1. Jangan segan untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada buah hati

Pria, termasuk ayah adalah orang yang lebih mengutamakan logika dibandingkan dengan perasaan. Namun, jika menjadi seorang single father, Anda harus lebih peka dan tidak malu menunjukkan perasaan sayang kepada si buah hati. Menunjukkan kasih sayang tidak selalu dengan memberi hadiah atau dengan kata-kata manis. Menemani kegiatan bermain, membaca, atau kegiatan lainnya juga merupakan bentuk nyata rasa kasih sayang Anda kepada buah hati.

2. Jaga selalu komunikasi

Tips mengasuh anak bagi single father ini salah satu tips yang penting. Pasalnya, komunikasi adalah kunci penting dalam setiap hubungan, termasuk hubungan ayah dan anak. Jadilah teman yang baik untuk anak Anda agar ia bisa terbuka. Jangan biarkan ia merasa sendiri dan melampiaskannya pada hal lain yang negatif. Apalagi jika anak Anda perempuan, perlu komunikasi ekstra agar ia mau terbuka dengan masalahnya. Jangan sampai ia lebih merasa nyaman dengan teman laki-lakinya dibanding dengan Anda sebagai ayah tunggalnya.

3. Pahami bahwa setiap anak akan merindukan sosok ibu

Jika Anda bisa menjadi ibu sekaligus ayah bagi mereka, maka itu adalah hal bagus. Namun, tetap saja anak perempuan memerlukan sosok ibu sebagai role model dirinya. Seberapa dekatpun Anda dengan anak perempuan Anda, ada beberapa hal yang tidak akan bisa ia ceritakan pada Anda ketika beranjak remaja. Maka, sedini mungkin dekatkan ia pada sosok perempuan panutan di sekitar Anda seperti ibu Anda, adik atau kakak perempuan Anda. Agar pada saat remaja, mereka tetap merasa memiliki wanita yang bisa dijadikan tempat curhat, teladan dan tulus menyayanginya.

4. Jangan terlalu protektif atau acuh tak acuh

Tips mengasuh anak bagi single father yang selanjutnya usahakan jangan terlalu protektif atau acuh tak acuh kepada anak Anda. Bersikaplah dengan wajar terhadap anak Anda. Karena, anak yang dididik dengan pola overprotective akan cenderung memberontak dan melakukan segalanya diam-diam tanpa sepengetahuan Anda. Sebaliknya, jika Anda terlalu acuh tak acuh, anak akan merasa tidak berharga. Dia akan mulai mengabaikan Anda. Rasa hormat dan kasih sayangnya perlahan akan pudar dan merasa hidupya sangat bebas. Maka, bersikapkah sewajarnya. Tunjukkan kepedulian Anda ketika ia menghadapi kesulitan, namun tetaplah percaya kepadanya bahwa ia akan menyelesaikannya dengan mandiri. Biasanya hal ini akan terjadi ketika anak beranjak remaja.

5. Dapatkan kelas parentingatau lakukan sharing dengan sesama single parent.

Jangan pernah malu mengikuti kelas parenting demi pola asuh yang baik bagi buah hati Anda. Jika Anda terlalu sibuk untuk mengikuti kelas parenting  dengan psikolog, lakukanlah sharing dengan sesama single parent untuk mendiskusikan hal-hal yang belum Anda pahami tentang cara membangun hubungan dan menyelesaikan masalah dengan si buah hati.

Nah, itulah tadi sebagian kecil tips mengasuh anak bagi single father. Jangan pesimis pada diri Anda, percayalah Anda bisa menjadi ayah sekaligus ibu yang baik bagi anak-anak Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi