Mari Ketahui Prosedur pertolongan pada  Orang Tenggelam

pertolongan pada orang tenggelam

Go Dok- Pertolongan pada  orang tenggelam- Anda pasti sering melihat adegan orang tenggelam di film-film dan tidak lama kemudian pasti ada sosok baik hati yang langsung datang untuk menyelamatkan. Tapi pernahkah Anda berpikir, apa yang akan dilakukan jika suatu saat melihat orang tenggelam?

Sue Mackie, direktur eksekutif dari U.S. Swim School Association (USSSA), mengatakan bahwa seseorang yang tenggelam pada dasarnya akan sibuk mencoba bernafas dan mempertahankan diri untuk tetap mengambang sebelum akhirnya memanggil bantuan. Untuk menyadarinya berikut ciri-ciri orang yang tenggelam:

  1. Mulut akan terlihat sejajar dengan ketinggian air
  2. Kepala mendongak ke belakang seperti sedang mencoba untuk mengambang
  3. Mata berkaca-kaca atau tertutup.

Nah, jika sudah yakin bahwa seseorang itu sedang tenggelam, ini yang dapat langsung Anda lakukan, sesuai dengan panduan yang berlaku tentang pertolongan pada orang tenggelam.

1. Cari Bantuan

Jika lokasi kejadian berada di pantai atau kolam renang umum, sebaiknya mintalah bantuan kepada petugas penyelamat yang berada di sana. Orang-orang tersebut sudah dilatih untuk memberikan pertolongan pada orang tenggelam.

2. Jangan langsung melompat, lemparkanlah bantuan!

Jika petugas tidak di tempat dan Anda berinisiatif menolong korban sendiri, sebaiknya sebelum memutuskan untuk melompat langsung ke dalam air siapkan dulu keselamatan Anda. Orang yang tenggelam, biasanya akan dengan cepat menarik langsung si penyelamat, maka jika si penyelamat tidak siap akan sangat membahayakan nyawanya. Jadi akan lebih baik Anda melemparkan sesuatu yang mudah diraih oleh korban, seperti tali, handuk atau pool noodle (pelampung berbentuk panjang). Barang-barang tersebutlah yang akan digunakan untuk menarik korban ke tempat yang lebih aman dan selanjutnya barulah diselamatkan.

3. Cek tanda vital

Setelah berhasil menepikan korban, pertolongan pada orang tenggelam selanjutnya dengan mulailah lakukan langkah pengecekan tanda vital dengan tahapan seperti berikut:

  • Segera baringkan korban dalam posisi terlentang.
  • Selimuti dengan bahan yang kering dan menghangatkan, seperti handuk.
  • Angkat sedikit kepala korban ke atas, namun jika ditemukan cedera leher/kepala, yang Anda harus lakukan adalah hanya membuka rahangnya.
  • Jika korban muntah, segera miringkan badannya dan buang isi mulutnya agar ia tidak tersedak.

Itu dia yang harus Anda ketahui dan lakukan disaat tiba-tiba melihat orang yang tenggelam! Ingat sebelum melalukan prosedur pertolongan pada orang tenggelam sebaiknya pastikan dulu Anda sudah mempelajari semua tahapannya.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.