Mari Ketahui Efek Samping Lip Filler

efek samping lip filler

Lip filler merupakan salah satu jenis prosedur kecantikan, yang bisa membuat bibir Anda lebih penuh dan tebal. Meskipun dicap minim risiko dan bahaya, tetap ada beberapa efek samping yang terjadi seusai Anda menjalani prosedur lip filler salah satunya munculnya ruam, bintil-bintil merah dan gatal-gatal.

Go DokBelakangan ini, memiliki bibir penuh dan tebal menjadi standar terbaru akan keseksian seorang wanita. Tak diragukan lagi, sosial media dan gaya hidup klan Kardashian-Jenner punya pengaruh besar dalam membentuk pandangan baru ini. Dampaknya, kini banyak wanita (dan bahkan pria) berlomba-lomba dalam membentuk bibir menjadi lebih penuh dan tebal. Salah satu cara yang mereka tempuh adalah dengan menggunakan lip filler. Kepopuleran lip filler saat ini didukung oleh fakta bahwa hasil yang nampak sangat mulus dan minim risiko. Namun, tahukah Anda bahwa lip filler ternyata juga memiliki efek samping tersendiri? Apa sajakah efek samping lip filler yang perlu diketahui? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 Apa itu lip filler (lip augmentation)?

Sebelum mengetahui efek samping lip filler, ada baiknya Anda mengenal terlebih dulu apa itu lip filler. Lip filler merupakan salah satu jenis prosedur kecantikan, yang bisa membuat bibir Anda lebih penuh dan tebal. Material yang paling banyak digunakan saat ini untuk lip filler adalah  hyaluronic acid, yang merupakan salah satu material yang umum ditemukan dalam tubuh Anda secara alami. Material inilah yang membantu dalam menambah volume bibir Anda. Prosedur biasanya dimulai dengan dokter membius area di sekitar bibir Anda, dan mensterilkan area tersebut, sebelum kemudian menyuntikkan lip filler. Metode dan material hyaluronic acid populer sebagai salah satu filler yang minim risiko kesehatan.

Lalu, apa saja efek samping lip filler?

Meskipun dicap minim risiko dan bahaya, tetap ada beberapa efek samping yang terjadi seusai Anda menjalani prosedur lip filler, seperti :

  • Munculnya ruam, bintil-bintil merah, dan gatal-gatal
  • Pembengkakan atau memar pada area injeksi atau di sekitar area injeksi
  • Bibir akan terasa sakit dan kaku, menyebabkan Anda susah untuk tersenyum.

Ketiga efek samping lip filler di atas merupakan hal yang wajar terjadi, dan biasanya akan menghilang dalam waktu beberapa hari. Selain efek samping di atas, ada pula bahaya-bahaya tertentu yang harus Anda waspadai, antara lain :

  • Reaksi alergi,meskipun alergi terhadap material hyaluronic acid sangat langka dan jarang terjadi, namun tetap ada kemungkinan hal ini terjadi. Untuk itu, sebelum melakukan prosedur, minta dokter Anda untuk mengetes terlebih dulu reaksi alergi Anda terhadap zat ini.

  • Infeksi virus dan bakteri, yang bisa saja terjadi apabila peralatan medis yang digunakan untuk menjalankan prosedur tidak disterilkan terlebih dulu. Dalam beberapa kasus, dokter gadungan seringkali menggunakan jarum suntik yang sama berkali-kali sehingga infeksi jauh lebih cepat menyebar.

  • Filler yang disuntikkan tidak masuk tepat pada area yang diinginkan, hal ini akan menyebabkan pembengkakan di area lain wajah Anda. Kejadian ini bisa saja terjadi jika dokter salah suntik.

  • Fillermembentuk suatu benjolan di bawah kulit, meskipun ini merupakan suatu kasus yang langka, namun tetap saja bisa terjadi. Hal ini harus diatasi dengan pengobatan tertentu, atau bahkan operasi pembedahan.

  • Penyumbatan pembuluh darah, yang juga sangat jarang dan langka, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Dalam kasus ini, filleryang disuntikkan justri menyumbat pembuluh darah di area sekitar wajah Anda. Hal ini bisa menyebabkan kematian jaringan kulit, kebutaan permanen, atau emboli paru.
Adakah bahaya lainnya?

Anda juga harus berada dalam kondisi kesehatan yang prima dan tidak merokok sebelum mendapatkan lip filler. Jika Anda memiliki infeksi aktif, seperti herpes oral, atau memiliki penyakit Lupus, diabetes, atau masalah penyumbatan darah, maka sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk melakukan prosedur ini. Selain itu, jangan pula melakukan prosedur ini selain di dokter bedah plastik, dermatologis, atau dokter kecantikan bersertifikat untuk menghindari bahaya. Jangan pula terus menerus menginjeksi bibir Anda, tanpa henti. Beri jarak, jangan membuatnya terlalu tebal, guna menghindari penyumbatan pembuluh darah.

Nah, itu dia beberapa efek samping lip filler yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi