Manfaat Sperma Agar Awet Muda, Mitos Atau Fakta?

Manfaat sperma

Manfaat sperma agar awet muda bisa saja benar. Namun, risiko yang harus diambil tampaknya terlalu besar, tidak sebanding rasanya dengan embel-embel kulit lembut yang bersinar seperti yang dijanjikan.

 

Go Dok – Beberapa waktu belakangan, media sosial dihebohkan dengan isu pemanfaatan sperma sebagai terapi kesehatan. Salah satu isu yang cukup fenomenal dalam dunia kecantikan, karena informasinya membeberkan resep awet muda dengan cara mengoleskan sperma ke seluruh wajah agar mendapatkan kulit cerah nan kencang. Lebih lanjut lagi, beberapa meyakini, manfaat menelan sperma membuat sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Para netizen sontak heboh dan mempertanyakan kebenaran dari prosedur tersebut. Sebagian khalayak setuju bahwa sperma sangat efektif untuk meremajakan kulit. Namun sebagian lainnya kontra dan tidak membenarkan hal tersebut.

Lantas, bagaimana pandangan ahli kesehatan dalam menjelaskan secara saintifik mengenai mitos dan fakta seputar manfaat sperma agar awet muda? Nah, netizen, berikut ulasannya.

Manfaat sperma untuk kulit

Setelah diteliti, ternyata sperma memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit yakni magnesium, kalsium, zinc, fosfor, potassium, serta vitamin B12, C, dan E. Umumnya, kandungan dalam sperma tersebut mampu melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, adanya sedikit kandungan amonia di dalam sperma juga berguna sebagai agen anti bakteri.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan sperma mengandung beberapa hormon yang bermanfaat bagi kulit seperti testosterone, prolaktin, prostaglandin, dan estrogen. Manfaatnya, semua hormon tersebut bisa meningkatkan kecepatan kulit dalam melakukan regenerasi, lho.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clifford J. Ponsonby dari State University of Washington kepada 753 perempuan menunjukkan bahwa mereka memiliki hidup yang lebih sehat dan kulit yang lebih cantik dengan melakukan hubungan intim tanpa menggunakan pengaman. Ditambah, pasangan mereka juga cenderung memuntahkan sperma di area sekitar vagina, mulut, atau beberapa bagian tubuh lain.

Pernyataan para ahli akan manfaat sperma agar awet muda

Wajar jika pro dan kontra selalu menyertai sebuah anggapan, termasuk dalam mitos dan fakta seputar manfaat sperma agar awet muda. Di sisi lain, ada sejumlah ilmuwan yang kurang meyakini hasil penelitian tadi. Mereka menganggap subjek penelitian masih terlalu sempit dan masih ada banyak faktor lain dalam memengaruhi hidup yang lebih sehat dan kulit yang lebih cantik.

Dermatologis tenar asal Los Angeles, dr. Will Kirby, termasuk salah satu yang tidak sependapat bahwa sperma bermanfaat agar awet muda. Dirinya mengungkapkan bahwa kenyataan tentang sejumlah kandungan sperma yang baik untuk kulit tersebut tidak didapatkan secara signifikan.

Selain itu, masih dalam sanggahannya, ada potensi alergi yang terjadi jika kulit Anda terpapar sperma. Jangan sampai niat hati untuk meremajakan kulit dengan masker sperma, tapi hasil yang didapatkan ternyata iritasi dan kulit kering. Sakit hati, kan? Pengalaman dr. Kirby mengungkapkan bahwa ada beberapa kasus dimana seseorang menjadi alergi terhadap sperma terkait beberapa jenis protein yang terkandung didalamnya.

Nah, yang lebih berbahaya adalah, belum ada penelitian yang mampu menentukan apakah sperma yang digunakan tersebut aman dari penyakit kelamin atau tidak. Jika Anda memiliki niat untuk mencoba masker sperma, harus diperhatikan, nih, jangan-jangan ada beberapa jenis penyakit kelamin yang terkandung di dalam sperma yang akan Anda gunakan. Wah, seram, kan?

Mungkin, anggapan manfaat sperma agar awet muda bisa saja benar. Namun, risiko yang harus diambil tampaknya terlalu besar, ya? Tidak sebanding rasanya dengan embel-embel kulit lembut yang bersinar seperti yang dijanjikan. Jadi, Anda ada di pihak yang setuju atau tidak, nih, dalam menanggapi mitos dan fakta seputar manfaat sperma agar awet muda.

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi

http://www.sheknows.com/love-and-sex/articles/1079514/health-benefits-of-sperm
https://www.thedailybeast.com/no-a-semen-facial-is-not-a-good-idea
http://www.cosmopolitan.com/sex-love/advice/a5885/coming-on-face-health-facts/