Manfaat Sehat Meditasi yang Harus Anda Ketahui

manfaat sehat meditasi

Go Dok – Manfaat sehat meditasi – Dewasa ini, meditasi tak lagi hanya dilakukan oleh mereka yang memang diwajibkan oleh agama untuk melakukannya. Banyak orang yang kini mengambil langkah meditasi secara rutin guna mendapatkan ketenangan dan sedikit kedamaian di kota-kota besar. Para praktisi meditasi percaya bahwa kegiatan ini bisa membawa banyak manfaat kesehatan. Benarkah hal tersebut? Jika Anda merupakan salah satu yang tengah mempraktikkan meditasi, atau baru berniat mencobanya?

Mungkin Anda harus menyimak penjelasan lengkap tentang manfaat sehat meditasi berikut ini!

1. Mengurangi stres

Manfaat sehat meditasi yang paling pertama adalah mengurangi stres dalam diri Anda. Ya, meditasi memang efektif dalam menghilangkan rasa stres, terutama bagi Anda yang kerap dilanda tekanan hidup dari hari ke hari. Studi terbaru yang dilakukan oleh University of Wisconsin menunjukkan peningkatan aktivitas elektrik pada bagian otak, tepatnya di area lobus frontal kiri, yang umumnya ditemukan lebih aktif pada orang-orang yang optimis. Hal ini terjadi setelah objek penelitian melakukan meditasi selama 8 minggu. Artinya, mereka yang bermeditasi lebih relaks dan optimis, serta tidak stres dibandingkan mereka yang tidak bermeditasi. Hebat, bukan?

2. Mengurangi gejala beberapa penyakit

Manfaat sehat meditasi yang kedua adalah mengurangi gejala yang timbul saat Anda menderita penyakit-penyakit tertentu, terutama yang memang berhubungan dengan rasa stres. Namun, harus Anda ingat bahwa meditasi bukanlah pengobatan utama untuk penyakit-penyakit tersebut, dan harus Anda jalani sembari tetap melakukan pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Berikut adalah daftar penyakit yang gejalanya bisa diatasi dengan bermeditasi :

3. Mengurangi risiko terjadinya pikun

Peningkatan terhadap kejernihan pikiran yang dihasilkan oleh praktik meditasi nyatanya bisa menjadi salah satu cara menjaga ingatan Anda. Studi terbaru menunjukkan bahwa meditasi secara rutin dapat meningkatkan daya ingat dan kecepatan mental pada mereka yang lanjut usia. Tak hanya itu, meditasi juga dapat meningkatkan daya ingat pada penderita demensia. Mengejutkan, bukan?

4. Melawan rasa candu

Manfaat sehat meditasi yang selanjutnya adalah melawan rasa candu terhadap sesuatu, bagi Anda yang tengah mengalaminya. Banyak orang yang menjadi ketergantungan pada suatu hal, baik itu makanan, nikotin, alkohol, maupun obat-obatan terlarang. Nah, kedisiplinan mental yang berkembang melalui meditasi dapat membantu Anda dalam melawan ketergantungan tersebut, dan meningkatkan pengendalian diri Anda. Studi terbaru menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu pecandu dalam mengalihkan perhatian, meningkatkan tekad, mengontrol emosi, serta menyadari bahaya dari rasa candu mereka. Hal ini membuat Anda lebih mudah dalam menghindari hal-hal yang menyebabkan kecanduan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat sehat meditasi yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur Anda. Tidur merupakan suatu kegiatan yang amat penting, di mana tubuh, mata, dan otak Anda bisa beristirahat penuh dalam periode ini. Karenanya, tidur yang berkualitas sangat Anda perlukan setiap harinya. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang kerap bermeditasi dapat tidur lebih awal dan lebih lama, dibandingkan mereka yang tidak bermeditasi. Tak hanya itu, meditasi juga dapat membantu tubuh Anda lebih relaks, dan membuat tidur Anda lebih damai.

Nah, itu dia 5 manfaat sehat meditasi yang harus Anda ketahui. Bagaimana? Masih ragu untuk bermeditasi? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi