Manfaat Sauna untuk Kesehatan Sangatlah Beragam

Manfaat sauna

Manfaat sauna bagi kesehatan ternyata sangatlah baik jika dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur. Salah satu manfaat sauna yaitu meredakan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh seperti  nyeri otot dan nyeri dari arthtritis.

Go DokSauna merupakan salah satu teknik mengeluarkan keringat dari tubuh yang sejatinya sudah ada sejak zaman dulu. Suku Maya telah menggunakan teknik ini pada 3.000 tahun lalu, untuk keperluan religius dan menjaga kesehatan.

Begitu pula banyak kultur lainnya baik di Eropa maupun Asia, yang memang sejak dulu menggunakan sauna untuk keperluan relaksasi dan kesehatan. Dewasa kini, sauna pun belum kehilangan pesonanya. Banyak dari Anda, khususnya para wanita, yang kerap menjalani perawatan kecantikan sauna di salon. Nah, tahukah Anda bahwa sauna juga memiliki ragam manfaat kesehatan? Apa saja manfaat sauna tersebut?

Berikut ragam manfaat sauna untuk kesehatan Anda!

1. Menjaga kestabilan tekanan darah

Manfaat sauna yang pertama adalah membantu dalam menjaga kestabilan tekanan darah Anda. Berdasarkan suatu hasil studi yang diterbitkan pada Journal of Human Hypertension, bahkan sekali saja penggunaan sauna dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar tekanan darah.

Nah, jika Anda ingin mencoba metode ini, pastikan untuk membicarakannya terlebih dulu dengan dokter. Pasalnya, sauna tidak disarankan untuk Anda yang memiliki tekanan darah terlalu tinggi, atau penyakit jantung lainnya.

2. Meredakan rasa sakit

Manfaat sauna yang selanjutnya adalah meredakan sakit atau nyeri yang kadang Anda alami di beberapa bagian tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Alternative and Complementary Medicine mengamati 37 individu yang kerap mengalami sakit kepala kronis untuk rutin menjalani sauna.

Hasilnya, partisipan menunjukan pengurangan signifikan pada intensitas sakit kepala kronis yang dialaminya setelah 8 minggu. Ini menunjukkan bahwa sauna dapat meredakan nyeri pada beberapa tipe nyeri atau sakit yang kronis. Selain sakit kepala, sauna juga mampu mengurangi nyeri otot dan nyeri dari arthtritis.

3. Mengurangi stres

Kathryn Smerling, Ph.D., seorang terapis di New York City, menyatakan bahwa bagi sebagian orang, sauna dapat menjadi jalan untuk merelaksasikan diri. Sauna merupakan satu tempat yang hangat, sepi, dan tertutup, di mana banyak orang merasa nyaman dan aman sehingga memberikan rasa tenang dan relaks.

Hasilnya, sauna dapat menunjukkan peningkatan kadar relaksasi pada pasien penderita depresi. Selain itu, panas yang dihasilkan sauna meningkatkan sirkulasi darah Anda, sehingga menciptakan rasa relaks yang bagus untuk kesehatan mental Anda.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Berdasarkan sebuah hasil studi yang diterbitkan pada Journal of Human Kinetics, para atlet yang menghabiskan sekitar 15 menit di dalam sauna mengalami peningkatan jumlah sel darah putih secara cepat. Hal ini menandakan sistem imun yang lebih kuat.

Ya, rutin menjalani sauna dapat meningkatkan sistem imun Anda dan membantu dalam produksi sel-sel darah putih yang bertugas melawan infeksi virus serta bakteri.

5. Mengurangi risiko dementia dan Alzheimer

Berdasarkan suatu hasil studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Age and Ageing, mereka yang menjalani sauna lebih dari satu kali dalam seminggu, memiliki risiko 65% lebih rendah dalam mengalami penyakit Alzheimer dan dementia daripada mereka yang hanya menjalani sauna sekali seminggu. Hal ini bisa jadi terkait dengan peningkatan aliran darah ke arah otak saat seseorang menjalani sauna.

6. Mengontrol kadar kolesterol

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk rutin menjalani sauna. Pasalnya, suatu hasil studi yang dimuat dalam International Journal of Occupational Medicine and Environmental Health menemukan bahwa individu yang menjalani sauna setiap 20 hari dapat turun kadar kolesterolnya. Para peneliti menyimpulkan bahwa hal ini karena manfaat sauna mampu menurunkan kolesterol yang sama efektifnya dengan latihan fisik.

7. Mengatasi penyakit asma

Para penderita asma bisa menemukan sedikit pengurangan gejala penyakit ini dengan menjalani sauna secara teratur. Pasalnya, sauna dapat membantu dalam membuka jalan masuk udara, mengurangi dahak, dan mengurangi stres atau tekanan.

Nah, itu dia 7 manfaat sauna yang bisa saja Anda dapatkan jika menjalaninya secara teratur. Jadi, jangan ragu untuk menjalaninya, ya! Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Konsultasi dengan dokter seputar permasalahan kesehatan Anda kini  bisa langsung lewat gadget. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi