Manfaat Minyak kemiri yang Penting Untuk Kesehatan

manfaat minyak kemiri

Manfaat minyak kemiri ; Disampingkan melezatkan makanan, ternyata kemiri juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko kanker payudara, meredakan gangguan kulit hingga merangsang pertumbuhan rambut.

 

Go Dok – Siapa tak kenal kacang kemiri? Bumbu dapur yang satu ini merupakan salah satu bahan masakan yang wajib ada di dapur-dapur Indonesia. Hampir setiap maskan, resep tradisional maupun modern, kerap menambahkan kemiri sebagai salah satu penyedap rasa. Nah, tahukah Anda bahwa di samping melezatkan masakan, ternyata minyak kemiri juga memiliki berbagai manfaat kesehatan? Penasaran apa saja manfaat tersebut?

Yuk, simak daftar lengkap manfaat minyak kemiri berikut ini!

1. Menurunkan risiko kanker payudara

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah untuk menurunkan risiko wanita terkena kanker payudara. Mengapa? Layaknya  minyak zaitun, minyak kemiri juga mengandung 25% kadar asam oleik, yaitu suatu jenis asam lemak yang berkontribusi dalam mematikan sel-sel kanker di dalam tubuh. Pada suatu studi di tahun 2010, para peneliti menemukan bahwa asam oleik mampu mengurangi gen karsinogenik dari tumor agresif yang kerap menjadi penyebab terjadinya kanker baik ganas maupun jinak.

2. Meredakan gangguan kulit

Terkadang, akan muncul sebentuk ruam pada anak-anak yang masih memakai popok. Nah, minyak kemiri adalah salah satu bahan yang efektif dalam meredakan ruam popok ini. Tak hanya itu, kandungan di dalam minyak kemiri juga  diketahui ampuh dalam mengobati penyakit kulit ringan lainnya, seperti kulit kering, eksim, serta jerawat. Minyak kemiri juga mampu mengurangi peradangan pada kulit, dan mencegah terjadinya infeksi.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat minyak kemiri yang selanjutnya adalah menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung, sekaligus mencegah terjadinya stroke. Pasalnya, minyak kemiri kaya akan vitamin E, yang dapat menurunkan risiko terjadinya stroke, dengan cara menangkal radikal bebas dan mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) pada wanita menopause. Mereka yang mengonsumsi vitamin E secara teratur dan mendapat asupan vitamin E yang cukup, akan lebih kebal terhadap stroke dibanding mereka yang tidak. Kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh juga menjadikan minyak kemiri sebagai penjaga kesehatan jantung.

4. Mengontrol tekanan darah

Jarang yang tahu bahwa mengontrol tekanan darah merupakan salah satu manfaat minyak kemiri. Pasalnya, kadar magnesium yang tinggi di dalam minyak kemiri dapat membantu tubuh Anda untuk menurunkan tekanan darah yang berlebih. Tak hanya itu, masih berkaitan dengan darah, minyak kemiri juga mampu mencegah terjadinya anemia jika dikonsumsi secara rutin, dalam jumlah yang wajar, dan tidak berlebihan.

5. Menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya

Minyak kemiri memiliki kandungan mineral penting, antoksidan, serta vitamin A, C, dan E, yang memberikan efek bagus terhadap kulit Anda. Antioksidan akan mampu menagkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel  yang mungkin terjadi karenanya. Tak hanya itu, menggunakan minyak kemiri atau produk yang mengandungnya secara teratur juga dapat memperlambat proses penuaan kulit, dan mencegah munculnya keriput serta garis-garis halus di wajah Anda. Oleskan minyak kemiri pada kulit Anda secara rutin, untuk kulit yang tampak lebih bercahaya.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat minyak kemiri yang satu ini sudah banyak diketahui sejak dulu. Ya, merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, sekaligus mencegah kebotakan adalah kemampuan yang dimiliki minyak kemiri. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala atau menambahkannya pada shampoo secara rutin setiap harinya.

Nah, itu dia 6 manfaat minyak kemiri yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi