Manfaat Merajut untuk Kesehatan Ternyata Sangat Beragam

Manfaat merajut

Manfaat merajut menurut corkhill, seorang fisioterapis di Bath, Inggris dapat menjadi terapi yang kuat. Dimana bisa menurunkan rasa sakit kronis, meningkatkaan mood atau keadaan hati, meredakan strees dan mengatasi perasaan kesepian dan meningkatkan kepercayaan diri.

Go DokMerajut sering kali diidentikkan sebagai suatu kegiatan yang merangsang sisi kreatif otak kita. Merajut bisa saja menjadi hanya sebuah hobi untuk mengisi waktu senggang, tetapi, tahukah Anda bahwa banyak manfaat merjaut bagi kesehatan yang akan Anda rasakan ? Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi rasa sakit kronis.

Apa saja manfaat merajut bagi kesehatan?

Menurut Corkhill, seorang fisioterapis di Bath, Inggris, merajut adalah sebuah terapi yang kuat. Penelitiannya menunjukkan bahwa manfaat merajut bagi kesehatan, di antaranya:

  • Menurunkan rasa sakit kronis
  • Meningkatkan mood atau keadaan hati
  • Meredakan stres
  • Mengatasi perasaan kesepian dan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Manfaat merajut dapat menurunkan rasa sakit karena mampu mengurangi rasa takut dan meningkatkan rasa aman. Perasaan berhasil yang didapatkan ketika selesai merajut juga melepaskan zat kimia dalam otak yang meredakan rasa sakit.

Bagaimana mekanisme kerja merajut hingga memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan?

Penelitian oleh Kelly dkk., menunjukkan bahwa merajut memiliki fungsi sebagai pengalihan, bertujuan untuk menyibukkan pikiran, tubuh, dan emosi, begitu pula untuk mengatasi kenyataan tentang penyakit atau disabilitas yang baru diderita. Merajut meningkatkan kemampuan seseorang untuk menghilangkan pemikiran-pemikiran tidak diinginkan.

Pengamatan terhadap 15 anggota kelompok merajut menunjukkan adanya pola interaksi dan minimnya nyeri. Selain itu, para anggota pun merasa lebih didekatkan satu sama lain dengan kegiatan merajut bersama tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa ketika merajut, rasa sakit tidak terasa sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa merajut adalah pengalihan efektif yang menjadi mekanisme perlindungan.

Pergerakan berulang dari merajut, ditambah dengan stimulasi emosional, taktil, dan visual dianggap efektif untuk terapi. Di samping itu, manfaat merajut juga memberikan rasa kontrol sebab para perajut dapat dengan mudah membatalkan kesalahannya dengan membuka kembali rajutan, kemudian mencoba merajut lagi tanpa membuat kesalahan yang sama. Merajut juga tidak benar-benar membutuhkan perhatian penuh karena Anda bisa beristirahat mengerjakannya selama beberapa menit, kemudian memulainya kembali.

Sebuah survei oleh Corkhill di Cardiff University, Wales, membuktikan bahwa lebih dari 3.500 perajut merasa lebih tenang dan lebih senang ketika mereka merajut. Menurut Corkhill, otak tidak ingin dipakai untuk mempelajari hal baru jika tengah berada dalam tekanan atau kesakitan, atau ketika Anda depresi.

Corkhill juga mengatakan bahwa merajut memberikan efek mediasi yang natural karena pergerakannya yang berirama. Cara para perajut mengatur lengan mereka, yaitu seperti sebuah lengkungan protektif di depan tubuh, memberikan zona aman yang dapat memberikan kenyamanan bagi orang yang memiliki permasalahan dengan kecemasan. Corkhill bahkan pernah membantu orang menyembuhkan serangan panik mereka dengan mengajarkan mereka untuk mengeluarkan alat rajut setiap kali mereka merasa cemas.

Sebuah penelitian di Harvard Medical School membuktikan bahwa relaksasi yang ditimbulkan oleh kegiatan merajut dapat menurunkan denyut jantung hingga rata-rata 11 denyut per menit. Tekanan darah pun menurun ketika merajut. Di sisi lain, sebuah survei oleh Knit for Peace tentang manfaat merajut bagi kesehatan membuktikan bahwa merajut memberikan manfaat lainnya, seperti merangsang perasaan sejahtera, melawan depresi, dan menurunkan risiko dementia.

Ternyata, hobi merajut Anda bisa menguntungkan juga bagi kesehatan, ya? Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

VD/JJ/MA

Referensi