Manfaat Mengonsumsi Wortel untuk Kesehatan Anda

manfaat mengonsumsi wortel

Go Dok – Manfaat mengonsumsi wortel – Semua orang pasti sudah tahu fungsi wortel bagi kesehatan mata, tapi ternyata tak hanya itu, di balik warna orange yang menyegarkan sayuran satu ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa lainnya bagi tubuh. Hal ini di karenakan wortel memiliki kandungan yang baik, seperti vitamin A, C, dan K,

Selain memiliki serat tinggi, kandungan wortel juga memiliki varian nutrisi mulai dari seta asam pantonenat, folat, kalium, besi, beta karoten vitamin A,C, K dan B8. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi wortel?

Berikut ulasan manfaat mengonsumsi wortel lengkapnya:

 1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi penyakit yang paling ditakuti setiap orang, hal ini dikarenakan kemunculannya yang bisa datang kapan dan di mana saja. Namun tak perlu khawatir, untuk mencegahnya Anda di sarankan untuk rajin mengonsumsi wortel. Mengapa? Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Gastrointestinal Wolfson di Edinburgh, Skotlandia mengungkapkan bahwa jika rutin mengonsumsi 7 ons wortel selama 3 minggu maka kadar kolesterol turun hingga 11 persen. Ingat, kolesterol yang tinggi berhubungan erat dengan penyakit jantung.

2. Menstabilkan kolesterol

Menurut Mayo Clinic untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, kadar kolesterol LDL dalam tubuh harus berada di antara 100-129 mg/dL. Tapi tahukah Anda apa itu LDL? LDL atau Low-density lipoprotein adalah jenis kolesterol yang berperan penting bagi kesehatan jaringan, namun jika jumlahnya terlalu besar dapat membawa dampak buruk bagi tubuh seperti meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit jantung, dan stroke.

Manfaat mengonsumsi wortel bisa menstabilkan kolesterol tubuh. Kandungan antioksidan tinggi, beta-karoten hingga anthocyanindin pada wortel inilah yang membuat wortel memiliki khasiat menurunkan kolesterol jahat atau LDL

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat mengonsumsi wortel selanjutnya, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin c didalamnya, dengan cara  merangsang aktivitas sel darah putih yang merupakan salah satu unsur terpenting dalam sistem kekebalan tubuh.

 4. Membantu sistem pencernaan

Serat adalah unsur penting untuk menjaga kesehatan pencernaan yang dapat membantu kotoran keluar dengan lancar. Seperti kebanyakan sayuran, wortel mengandung banyak serat dengan jumlah signifikan, tentu saja hal ini sangat baik untuk melindungi usus besar dari berbagai penyakit dan juga mengurangi risiko sembelit.

5. Mencegah kanker

Satu wortel mengandung sekitar 3 miligram beta karoten dan  lewat beta karoten inilah Anda bisa mencegah kanker paru-paru sejak dini. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bawa dengan mengonsumsi beta karoten sebanyak 1,7-2,2 miligram perhari, Anda bisa mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 40 persen, Hebat sekali manfaat mengonsumsi waortel yang satu ini, ya.

6. Mengurangi risiko penyakit degenerasi makular

Ini adalah penyakit mata umum yang menyebabkan hilangnya pengelihatan sentral yang disebabkan oleh kerusakan macula atau bagain tengah pada retina. Seperti yang Anda tahu, wortel mengandung beta karoten yang akan mengeluarkan reaksi enzimatik dan membentuk pro vitamin A yang berguna bagi kesehatan mata

7. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan antioksidan yang tinggi pada wortel akan merangsang gusi dan menginduksi kelebihan air liur. Hal inilah yang dapat menjaga kesehatan mulut Anda.

8. Mengurangi risiko stroke

Faktanya, manfaat mengonsumsi wortel setiap hari dapat mengurangi risiko stroke hingga 68%. Selain itu, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada pasien stroke menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat beta-karoten tertinggi memiliki tingkat kelangsungan hidup paling tinggi.

9. Mengontrol diabetes

Wortel baik untuk regulasi gula darah, hal ini dikarenakan kandungan karotenoidnya yang dapat mempengaruhi resistensi insulin dan mengurangi gula darah, sehingga membantu pasien diabetes untuk hidup normal dan sehat. Selain itu karotenoid juga mengatur jumlah insulin dan glukosa yang sedang digunakan dan dimetabolisme oleh tubuh yang artinya memberikan fluktuasi yang sehat pada penderita diabetes.

Itulah 9 manfaat mengonsumsi wortel. Mulai sekarang rajinlah mengonsumsi wortel, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

IS/PJ/MA

Referensi