Manfaat Menangis ; Salah Satunya Bentuk Menangkan Diri

manfaat menangis

Manfaat menangis ; Menangis merupakan respon fisik yang timbul akibat dari gejolak emosi yang dirasakan seseorang. Seperti halnya tertawa, ternyata menangis juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda, lho. Salah satunya, sebagai bentuk Anda untuk menangkan diri.

 

Go DokTidak bisa dipungkiri banyak orang yang enggan menangis karena takut dianggap cengeng terlebih jika ia laki-laki. Padahal menangis adalah respon fisik yang timbul akibat dari gejolak emosi yang dirasakan seseorang. Biasanya menunjukan bahwa seseorang tersebut sedang dalam keadaan sedih atau tertekan. Namun tahukah Anda, seperti halnya tertawa, menangis ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh, lho!

Berikut 5 manfaat menangis bagi kesehatan tubuh Anda yang mungkin belum Anda ketahui!

1. Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat menangis yang pertama untuk mendetoksifikasi tubuh. Jangan heran jika menangis dapat membuang kotoran dalam tubuh, berikut 3 jenis air mata lengkap dengan cara kerjanya:

  • Air mata yang timbul karena reflek

Jenis air mata ini menghilangkan adanya serpihan kotoran seperti, debu atau asap yang masuk ke mata Anda.

  • Air mata yang bersifat terus-menerus

Guna air mata yang terus mengalir ini adalah untuk melumasi mata dan membantu menjaga mata dari infeksi.

  • Air mata yang bersifat emosional

Para peneliti menemukan bahwa jenis air mata ini mengandung hormon stres dan juga toksin dalam tubuh yang terkumpul dan kemudian terbuang dari kedua mata sebagai air mata emosional.

2. Menenangkan diri

Seperti yang telah  diketahui, menangis adalah salah satu cara tubuh untuk merespon situasi buruk yang terjadi. Bahkan para peneliti telah menemukan bahwa di saat kita sedang menangis, sistem saraf parasympathetic menjadi aktif sehingga tubuh dapat dengan mudah menjadi rileks dan mencerna perasaan negatif dengan seiringnya waktu.

3. Menghilangkan rasa sakit

Manfaat menangis yang selanjutnya dapat menghilangkan rasa sakit, loh kok bisa? Seorang ahli biokimia bernama Dr. William Frey dari Ramsey Medical Center di Minneapolis menjelaskan bahwa saat menangis, zat kimia seperti oksitoksin dan endorfin akan dikeluarkan oleh tubuh sehingga akan membawa perasaan tenang atau tentram. Selain itu, zat kimia endorfin ini, dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang bersifat emosional maupun fisik.

4. Memperbaiki suasana hati

Selain menghilangkan rasa sakit, menangis juga dapat meningkatkan suasana hati Anda, loh! Di saat menangis, Anda tentunya akan mengambil begitu banyak udara di sekitar dengan cara bernapas yang cepat, bukan? Nah situasi inilah yang akan mengatur suhu dan kondisi otak, sehingga akan membawa efek tenang dan pikiran Anda.

5. Menstabilkan emosi

Terakhir, manfaat menangis mampu menstabilkan emosi Anda. Walaupun pada umumnya sering dihubungkan dengan situasi buruk, namun bukankah menangis juga dapat menggambarkan perasaan bahagia? Sebuah studi dari Yale University menyatakan bahwa menangis dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional, karena ketika Anda sangat bahagia atau sedih terhadap suatu hal, kemudian mengekspresikannya dengan menangis, ini pertanda tubuh sedang memulihkan diri Anda dari rasa emosional yang sangat kuat.

Nah, seperti manfaat menangis yang dijelaskan di atas, menangis merupakan proses mekanisme tubuh yang terjadi secara alamiah pada perempuan maupun laki-laki, maka tidak ada alasan untuk memandang seorang yang menangis sebagai lemah. Jadi, apabila Anda merasa butuh untuk menangis, lakukanlah karena menangis merupakan cara untuk mengekspresikan emosi dalam diri Anda!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi