Manfaat Memberi Hadiah Kepada Orang Lain Untuk Kesehatan

manfaat memberi hadiah

Go DokManfaat memberi hadiah- Di waktu-waktu tertentu, ada kalanya Anda merasa wajib untuk memberikan hadiah pada seseorang. Ulang tahun, valentine, Lebaran, maupun Natal dan Tahun Baru biasanya merupakan waktu-waktu pemberian hadiah yang paling utama. Tentunya, memberi hadiah pada seseorang memiliki banyak manfaat untuk pihak penerimanya. Namun, adakah manfaat memberi hadiah untuk diri Anda sendiri, sebagai pemberi? Ternyata, manfaat memberi hadiah tak hanya mendapatkan kado kembali untuk Anda nantinya. Mau tahu apa saja manfaat memberi hadiah untuk kesehatan?

Berikut adalah daftar lengkap manfaat memberi hadiah untuk kesehatan Anda:

1. Membantu Anda menghargai diri sendiri

Manfaat memberi hadiah yang pertama adalah peningkatan penghargaan Anda kepada diri sendiri. Hal ini terutama sangat tampak pada perkembangan di masa remaja. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa remaja yang gemar memberi hadiah atau sumbangan pada orang lain, terutama orang-orang yang lebih membutuhkan, menjadi lebih menghargai dirinya sendiri. Hal ini bagus untuk perkembangan para remaja, terutama jika mereka memberikan sesuatu pada orang lain tanpa pamrih. Tingginya penghargaan kepada diri sendiri juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dan integritas seseorang, lho!

2. Menghindari kenakalan remaja

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, memberikan hadiah pada orang lain bisa meningkatkan harga diri remaja. Meningkatnya harga diri pada mereka, juga berarti mereka lebih menghargai diri dan tindakan yang mereka lakukan. Kemurah-hatian remaja bisa menghindarkan mereka dari pergaulan tidak sehat dan kenakalan remaja. Pasalnya, mereka akan lebih sadar diri, tidak mudah terpengaruh, dan lebih bisa membedakan hal-hal baik dan buruk di lingkungannya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat memberi hadiah selanjutnya adalah terjaganya kesehatan jantung lebih baik. Sebuah studi di tahun 2013 yang dipublikasikan oleh JAMA Pediatrics Jurnal, mengungkapkan bahwa mereka yang gemar memberi hadiah, sumbangan, dan membantu orang lain tanpa pamrih memiliki kadar kolesterol dan pembengkakan jantung yang lebih rendah. Hal ini berarti bahwa memberikan hadiah dan sumbangan bisa membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat memberi hadiah yang keempat adalah untuk kestabilan tekanan darah Anda. Berdasarkan sebuah laporan penelitian yang diterbitkan oleh Journal Psychology and Aging di tahun 2013, memberikan sumbangan dan menjadi sukarelawan dapat menurunkan risiko orang dewasa terkena tekanan darah tinggi, alias hipertensi. Hal ini kemungkinan terjadi karena kegiatan memberi sumbangan dan sukarelawan menyajikan hubungan sosial yang tidak mereka miliki sebelumnya. Tak hanya itu, hal ini juga membuat mereka lebih bahagia, dan meningkatkan suasana hati.

5. Meningkatkan empati

Saat akan membelikan hadiah, Anda tentu akan berpikir tentang hadiah apa yang terbaik untuk diberikan pada orang tersebut. Anda akan berpikir tentang hal-hal yang mungkin disukai atau tidak disukai oleh si calon penerima hadiah. Semakin sering Anda melakukan ini, Anda akan menjadi lebih sensitif dan empatik terhadap orang lain.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat memberi hadiah yang selanjutnya berhubungan dengan kesehatan mental Anda. Studi terbaru menunjukkan bahwa mereka yang gemar menyumbang dan memberi hadiah untuk orang lain, memiliki kemungkinan kecil untuk menderita stres dan depresi. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa orang-orang pemurah juga memiliki keinginan yang sangat rendah untuk bunuh diri.

7. Mendekatkan hubungan

Terakhir, memberikan hadiah pada orang terdekat, kerabat, maupun kekasih juga merupakan suatu cara mengekspresikan diri yang dapat mendekatkan hubungan Anda dengan mereka. Memberi hadiah, atau bahkan saling bertukar hadiah menunjukkan keintiman yang lebih jauh dibandingkan orang lainnya lho!

Nah itu dia 7 manfaat memberi hadiah yang mungkin berguna untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi