Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya

Manfaat masker putih telur

Manfaat masker putih telur ; Bagi Anda yang mengalami sejumlah gangguan pada kulit wajah, termasuk soal jerawat dan kulit kusam lantaran sering terkena debu dan paparan sinar matahari setiap hari, tidak ada salahnya untuk mencoba masker putih telur.

 

Go Dok – Sepertinya, telur telah menjadi menu makanan favorit setiap keluarga, mengingat cara membuatnya yang mudah dengan segudang nutrisi di dalamnya, terutama protein pada bagian putih telur. Namun, siapa sangka, selain bergizi untuk tubuh, putih telur juga membawa manfaat pada bagian luar tubuh, seperti wajah, lho.

Mungkin banyak yang belum tahu kalau putih telur dapat mengencangkan kulit, terutama di area wajah jika dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Jika saat ini Anda sedang mengalami sejumlah gangguan pada kulit wajah, termasuk soal jerawat dan kulit kusam lantaran sering terkena debu dan paparan sinar matahari setiap hari, tidak ada salahnya untuk mencoba dan merasakan manfaat masker putih telur bagi kesehatan kulit, nih.

Manfaat Masker Putih Telur

Kandungan yang ada pada putih telur terbukti memiliki khasiat untuk mengencangkan kulit dan menunda tanda-tanda penuaan pada kulit, termasuk munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah sehingga membuat Anda terlihat awet muda.

Bagi Anda yang wajahnya berminyak, putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori pada wajah, lho. Seperti yang sudah diketahui, pori-pori yang besar membuat sel kulit mati, kotoran, dan sebum (minyak) terperangkap yang  membuat wajah jadi kusam dan berjerawat. Selain itu, putih telur juga memiliki zat yang dinamakan lisozim, yang dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat dengan mengasimilasi dinding sel.

Untuk penjelasakan lebih lanjut, yuk kenali zat-zat yang terdapat pada putih telur dan manfaat masing-masing zat terhadap kulit wajah Anda:

1. Protein

Protein pada telur menjadikan manfaat masker putih telur mampu menjaga elastisitas kulit, memperbaiki jaringan pada kulit dan pertumbuhannya. Zat ini berguna untuk menunda tanda penuaan, seperti mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

2. Potasium

Bagi Anda yang meninginkan wajahnya selalu tampak segar dan kenyal, kandungan potasium dalam putih telur bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada sel-sel kulit.

3. Riboflavin

Nah, zat Riboflavin dalam telur menjadikan manfaat masker putih telur dapat menangkal radikal bebas bersifat toksin yang dapat merusak sel dan mengembangkan garis-garis halus serta kerutan pada wajah.

4. Magnesium

Ingin selalu tampil awet muda? Zat magnesium pada telur dapat membuat kulit Anda terlihat awet muda dan cerah, lho. Zat ini menunda proses penuaan pada kulit wajah.

Cara Membuat Masker Putih Telur

Sebagian dari Anda pasti mempertanyakan bagaimana cara membuat masker putih telur, mengingat baunya yang cenderung amis dan bertekstur kental nan berlendir. Tenang saja, ada kok caranya agar putih telur tidak terlalu berbau amis sehingga terasa nyaman ketika dioleskan pada wajah agar Anda dapat merasakan manfaat masker putih telur pada kulit wajah Anda. Begini caranya:

  1. Siapkan satu telur dan wadah kecil. Pecahkan telur dan pisahkan putih dan kuning telur ke dalam wadah kecil tersebut. Simpan kuning telur untuk keperluan lain.
  2. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan air lemon.
  3. Kocok campuran putih telur dan air lemon tersebut menggunakan Kocok dengan cepat hingga putih telur menjadi mengembang dan berbusa.
  4. Tambahkan setengah sendok teh madu ke dalam campuran putih telur yang sudah mengembang.
  5. Cuci wajah Anda terlebih dahulu menggunakan air hangat. Hal ini supaya pori-pori pada wajah Anda terbuka, sehingga masker akan bekerja secara efektif.
  6. Oleskan masker ke wajah Anda. Anda bisa menggunakan jari atau kapas. Ingat, ya, untuk menghindari pemakaian di area hidung, mulut dan mata!
  7. Posisikan diri dalam keadaan horizontal dengan senyaman mungkin, seperti terlentang, karena ada kemungkinan masker akan menetes dan menyebar ke baju atau kasur Anda.
  8. Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakanhanduk secara halus untuk menghindari iritasi akibat gesekan dari kain yang digunakan.

Itulah salah satu cara memanjakan diri Anda sendiri dengan melakukan perawatan kecantikan dengan merasakan manfaat masker putih telur bagi kulit wajah. Tidak ada salahnya kan untuk mencoba perawatan wajah dengan bahan yang alami dan mudah didapatkan di dalam rumah? Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.