Manfaat mandi air dingin yang Jarang orang Ketahui

Manfaat mandi air dingin

Manfaat mandi air dingin tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kesehatan psikologi Anda seperti mendongkrak semangat. Hal ini dikarenakan sensasi dari rasa dingin dapat melancarkan pernafasan, membuat aliran darah lancar dan meningkatkan asupan oksigen yang membuat Anda lebih bersemangat.

Go Dok Mulai hari ini, yuk mulai kebiasaan baik yang bagus untuk kesehatan. Selain dengan selalu menyempatkan diri untuk berolahraga dan sarapan dengan menu sehat. Tak ada salahnya, Anda juga mandi  dengan air dingin, walaupun sebagian orang merasa enggan tapi nyatanya manfaat mandi air dingin baik lho bagi kesehatan tubuh Anda. Nggak percaya?

Yuk, baca info berikut dan cari tahu ragam manfaat  mandi air dingin berikut ini!

1. Mendongkrak semangat

Suhu yang terlalu ekstrim adalah salah satu dari banyaknya alasan yang membuat seseorang menghindari mandi air dingin di pagi hari. Namun tahukah Anda bahwa sensasi mengigil dari air yang menyentuh kulit pada akhirnya akan menghangatkan tubuh?

Hal ini dikarenakan sensasi dari rasa dingin dapat melancarkan pernafasan, membuat aliran darah lancar dan meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh. Uniknya lagi, hal tersebut dapat membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari, keren kan?

2. Menyehatkan kulit

Berbeda dengan air panas, faktanya manfaat mandi air dingin dapat mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dan debu tidak mudah masuk.

Selain itu, air dingin juga dapat mengobati jerawat, mengurangi peradangan, melembapkan dan mencerahkan wajah secara alami.

3. Rambut indah

Bersiaplah untuk mendapatkan rambut yang tampak lebih sehat, kuat dan bersinar dengan rutin membilas rambut dengan air dingin.

Sebab air dingin yang menyentuh kulit kepala akan membuat kutikula tertutup sehingga kandungan nutrisi dari sampo atau kondisioner akan meresap sempurna hingga ke kulit kepala.

4. Melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa sensasi rasa dingin pada kulit akan membuat tubuh ‘kaget’, dan hal inilah yang secara tidak langsung memaksimalkan kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Tentu saja hal ini sangat baik untuk sistem imun tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan membersihkan plak dalam pembuluh darah.

5. Membakar lemak

Manfaat mandi air dingin ternyata dapat membakar lemak,lho. Pada dasarnya tubuh manusia mempunyai dua jenis lemak, selain lemak putih yang biasanya menumpuk di daerah pinggang, perut, dan leher yang berasal dari terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Dalam tubuh juga terdapat lemak cokelat atau lemak baik yang berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap hangat bahkan saat terkena udara dingin yang ekstrim. Bahkan ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menyimpulkan bahwa rajin mandi air dingin setiap hari akan membuat berat badan tubuh berkurang hingga 5 kilogram dalam setahun.

6. Meningkatkan kadar hormon testosteron dan kesuburan

Manfaat mandi air dingin dapat  memaksimalkan produksi sperma, tentu saja hal ini sangat baik bagi kesuburan seseorang. Hal ini diperkuat dengan studi yang dilakukan oleh Thrombosis Research Institute, yang mengatakan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Hormon yang tidak hanya berfungsi meningkatkan libido, tetapi juga tenaga dan stamina pria.

7. Mengobati depresi

Menurut sebuah studi yang dilakukan Department of Radiation Oncology di Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin dapat menekan sel otak yang bertanggung jawab atas munculnya depresi.

Selain itu, beradaptasi dengan paparan air dingin dapat membantu tubuh untuk menangani aspek psikologis lainnya seperti kecemasan.

8. Meredakan nyeri otot

Hal ini sangat baik bagi para atlet, terutama bagi mereka yang mengalami cidera. Senada dengan sebuah studi tahun 2009 mengungkapkan bahwa seseorang yang manfaat mandi air dingin selama 24 menit dengan suhu 10 hingga 15 derajat celcius dapat mengurangi sakit otot lebih cepat dibandingkan beristirahat.

Walaupun mandi air hangat terasa menenangkan, setelah mengetahui manfaat mandi air dingin yang baik di atas, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba mandi dengan air dingin? Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.