Manfaat Makan Sushi Berikut Kandungannya

Manfaat makan sushi

Manfaat makan sushi dilihat dari bahan yang digunakan seperti ikan salmon, tuna maupun sarden dapat mengurangi risiko inflamasi dan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, Bahan sushi lain nori atau rumput laut memiliki kandungan bermanfaat yang dapat membantu mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

Go Dok Masyarakat, terutama kaum urban, mungkin sudah tidak asing dengan makanan khas Jepang satu ini. Sushi sudah menjadi jajanan populer dan dijual di mana-mana. Makanan yang dibuat dari nasi ini sering kali disajikan dengan segar, berikut pelengkapnya seperti ikan, sayuran, alpukat dan rumput laut (nori).

Tahukah Anda apa saja manfaat sushi bagi kesehatan kita?

Kaya Nutrisi

Sushi pertama kali tersebar pada abad ke-7 di Jepang, sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan ikan-ikan. Awalnya, ikan yang sudah dibersihkan diselipkan di antara nasi dan garam, serta difermentasi selama beberapa minggu sebelum siap untuk dimakan.

Pada pertengahan abad ke-17, vinegar mulai menjadi penambah rasa. Hal ini bertujuan untuk mengurangi proses fermentasi; hingga pada akhirnya, proses fermentasi ikan pun dihentikan pada abad ke-19.

Seperti yang kita tahu, ikan mengandung banyak protein, iodin, vitamin, dan mineral. Selain itu, ikan juga mengandung minyak omega-3 yang dibutuhkan otak dan tubuh untuk bekerja. Minyak omega-3 juga membantu mengatasi kondisi medis seperti stroke dan penyakit jantung.

Menurut Ruggiero, pola makan yang menyertakan ikan-ikan kaya protein seperti salmon, tuna, dan sarden dapat mengurangi risiko inflamasi dan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, minyak asam omega-3 yang terkandung dalam ikan-ikan tersebut juga penting untuk perkembangan otak dan mata.

Jenis ikan yang kaya akan minyak omega-3 di antaranya adalah salmon. Anda bisa mencoba variasi sushi berbahan salmon seperti nigiri, maki, dan lainnya. Selain salmon, tuna juga salah satu sumber omega-3 yang bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tuna bisa mengandung merkuri yang tinggi. Batasi konsumsi sushi tuna maksimal seminggu sekali saja.

Bahan sushi lain yang kaya nutrisi adalah alpukat. Biasanya alpukat disajikan dengan ikan, tapi ada juga sushi yang hanya berisi alpukat, nasi, dan nori. Fiber dan minyak sehat terkandung banyak dalam alpukat, begitu pula nutrien lainnya yang dapat membantu kinerja ginjal, hati, dan syaraf.

Kandungan lainnya

Rumput laut atau nori pada sushi mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, sodium, iodin, vitamin A, C, dan E. Protein dalam nori juga sebanding dengan protein yang terkandung dalam kacang kedelai.

Selain itu, nori memiliki kandungan bermanfaat yang dapat membantu mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Zat besi berlebih dalam tubuh juga dapat dibersihkan dengan mengonsumsi rumput laut.

Di samping rumput laut, mengonsumsi sushi juga erat kaitannya dengan wasabi, yaitu sambal khas Jepang yang sangat pedas, maka sebaiknya dikonsumsi sedikit saja. Wasabi ternyata kaya akan beta-karoten, glucosinolate dan isothiocyanate yang memiliki kandungan anti-bakteria, anti-inflamasi, dan anti-kanker.

Jahe atau gari yang biasa menjadi pelengkap sushi pun memiliki manfaatnya sendiri, sebab jahe itu sendiri adalah sumber potasium, magnesium, tembaga, dan mangan. Jahe juga dapat membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan kanker.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jahe dapat memperbaiki daya ingat dan meredakan mual, nyeri otot, nyeri artritis, nyeri saat menstruasi, dan lainnya.

Nah, itu dia manfaat sushi bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

VD/JJ/MA

Referensi