6 Manfaat Lobak Putih bagi Kecantikan

Manfaat lobak putih

Manfaat lobak putih bagi kesehatan digadang-gadang efektif untuk melawan kanker. Tak hanya masalah kesehatan tubuh, vitamin yang terdapat dalam lobak putih baik juga untuk mengatasi permasalahan kecantikan Anda salah satunya  mengatasi sel kulit mati dan kering.

Go DokLobak putih adalah tanaman akar yang berasal dari keluarga Brassicaceae. Tumbuhan ini pertama kali dibudidayakan di Cina berabad-abad yang lalu dan perlahan menyebar ke bagian dunia yang lain.

Faktanya, di awal peradaban, beragam manfaat lobak putih sangat terkenal di Mesir dan Yunani. Lobak putih bukanlah satu-satunya jenis lobak di dunia. Di beberapa negara, ada jenis lobak pink, dan kadang ada juga lobak hitam.

Tanaman akar ini spesial karena kaya akan vitamin, asam folat, dan anthocyanins serta dianggap efektif sebagai agen yang melawan kanker. Bahkan vitamin yang terdapat pada lobak putih dapat juga mengobati gangguan pada kulit.

Dengan manfaat tersebut, Anda pasti bertanya-tanya apakah tanaman akar berwarna putih ini memiliki manfaat yang berkaitan dengan kecantikan? Jawabannya adalah, ya.

Berikut beberapa manfaat lobak putih bagi kecantikan:

1. Mengenyahkan sel kulit mati dan kering

Lobak putih adalah eksfoliator kulit yang baik. Artinya ia sangat efektif membersihkan sel kulit mati dan kering.Untuk merasakan manfaat lobak putih ini sangatlah mudah. Campurlah sari lobak putih dengan putih telur yang sudah dikocok dan bubuk havermut.

Gunakan sebagai penggosok kulit alami. Anda akan mendapatkan kulit yang tak hanya bersih dari sel kulit mati tapi juga mendapatkan kulit yang lembut dan bersinar.

2. Pembersih kulit yang baik

Lobak putih adalah pembersih kulit yang baik di mana artinya sangat efektif dalam mengenyahkan toksin dan kotoran dari dalam tubuh. Bahan pembersih kulit ini utamanya karena keberadaan beragam nutrisi seperti vitamin dan mineral di dalamnya. Ditambah lagi, kandungannya yang kaya akan air sangatlah efektif dalam membersihkan toksin dan kotoran dari dalam tubuh.

Mengonsumsi lobak putih secara rutin atau mengoleskannya ke kulit dapat bantu mengenyahkan kotoran sehingga menjaganya tetap sehat. Lobak putih juga sumber yang baik dari serat yang berperan sebagai pencahar alami, memperbaiki pencernaan dan memastikan ekskresi yang lancar.

Semuanya membantu membersihkan toksin dan kotoran dari dalam tubuh. Ketika Anda sehat dan bebas toksin dari dalam, hal itu akan terpancar keluar dan membuat kulit sehat dan memesona.

3. Memberikan efek glowing pada kulit

Mengingat kandungan utama lobak putih adalah air, ia tentu dapat menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Untuk itu, manfaat lobak putih ini akan membuat kulit Anda sehat, glowing, dan awet muda. Bahkan, vitamin C, seng, dan fosfor yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kulit tetap segar dalam waktu lebih lama.

Lobak putih telah terbukti sangat bermanfaat untuk kulit dan membantu memberikan kilau alami. Manfaat ini utamanya dikarenakan kehadiran mineral penting seperti seng dan fosfor di dalamnya.

Sebagai tambahan, antioksidan seperti vitamin C yang terdapat pada lobak putih melindungi sel kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan radikal bebas sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput, bintik hitam, dan lain-lain.

Sekitar 95% dari berat sebuah lobak putih adalah air. Ini membuatnya  menjadi sayur yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Tidak hanya dengan dimakan, penggunaan topikan lobak putih telah terbukti efektif dalam memberikan nutrisi untuk kulit dan menjaganya agar tetap halus, kenyal, dan berseri.

4. Mengobati jerawat

Jerawat adalah masalah utama kulit yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Penyebab pasti jerawat adalah kotoran pada kulit, minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, polusi, dan lain-lain.

Manfaat lobak putih sudah terbukti sangat efektif untuk mengobati jerawat. Antioksidan yang terdapat pada lobak putih melawan radikal bebas di tubuh, menstabilkannya, sehingga mencegah mereka untuk menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel kulit. Dengan begitu, ia tidak hanya bantu mengendalikan jerawat tapi juga mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

5. Mengurangi risiko berbagai gangguan kulit

Konsumsi rutin lobak putih sudah terbukti sangat efektif mengurangi risiko dari berbagai gangguan kulit. Ini disebabkan oleh keberadaan banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, dan lain-lain.

Antioksidan yang terdapat di dalamnya melawan radikal bebas, menstabilkannya, sehingga mencegah sel tubuh (termasuk sel kulit) dan jaringan terdampak dari kerusakan oksidatif.

Radikal bebas adalah ion yang tidak stabil yang terbentuk selama proses oksidasi di dalam tubuh. Karena merupakan ion yang tidak stabil, mereka mencuri elektron dari molekul tetangga sehingga menyebabkan kerusakan diakibatkan oksidasi.

6. Menghidrasi kulit

Manfaat lobak putih yang terakhir mampu untuk menghidrasi kulit. Pasalnya, kandungan air pada lobak putih bantu menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang waktu. Sehingga menghasilkan kulit yang selalu sehat. Ia juga mampu melawan kulit kering dan mengelupas.

Hidrasi memainkan peran penting dalam menjaga kulit selalu sehat karena memberikan penyegaran pada sel kulit dan jaringannya, memelihara elastisitas kulit, serta membuatnya halus.

Tak disangka, ternyata banyak juga manfaat lobak putih untuk kecantikan. Selain untuk kecantikan, tidak ada salahnya mengonsumsi lobak putih untuk memastikan agar kesehatan selalu terjaga.

Tak ada yang lebih menyenangkan dari tubuh yang cantik dan sehat luar-dalam, bukan?

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

FY/PJ/MA

Referensi