Manfaat Lebih Dalam Secangkir Teh Hijau

teh hijau

Teh hijau menjadi salah satu jenis minuman teh yang terkenal dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan seperti meningkatkan fungsi otak, cocok untuk diet hingga meningkatkan kesehatan gigi Anda.

 

Go Dok Minuman teh tentu bukan menjadi minuman asing lagi bagi Anda. Hampir di setiap tempat makan, teh tidak pernah ketinggalan masuk dalam daftar menu minuman. Ada bermacam-macam jenis teh di dunia dan teh hijau menjadi salah satu jenis minuman teh yang terkenal. Teh yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya menurunkan berat badan. Tentu Anda setuju bila teh hijau merupakan minuman tersehat yang ada di dunia. Tahukah Anda apa saja manfaat yang terkandung dalam teh hijau ini?

 Yuk, kita lihat satu per satu manfaat teh hijau!

– Meningkatkan Kesehatan

Teh hijau tidak hanya sekadar minuman, lho. Teh ini mengandung sekitar 30 persen polifenol yang memiliki efek seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker serta  mengandung sejumlah besar katekin yang disebut EGCG. Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lain. Sedangkan EGCG (Epigallocatechin Gallate) adalah salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau. Zat-zat tersebut dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas ini dikenal memainkan peran dalam penuaan dan segala macam penyakit. Teh hijau juga memiliki sejumlah kecil mineral yang penting bagi kesehatan. Hebat ya,manfaat teh hijau yang satu ini!

– Dapat Membuat Anda Lebih Cerdas

Teh hijau dapat membuat Anda lebih cerdas? Mau dong. Bagaimana bisa ya? Ternyata di dalam teh hijau ada bahan aktif utama yaitu kafein, yang dikenal sebagai stimulan. Memang kandungannya tidak sebanyak di kopi, tetapi cukup menghasilkan respon tanpa menyebabkan efek gelisah yang terkait dengan terlalu banyak kafein.

Teh hijau juga memiliki asam amino L-theanine, yang mampu melintasi penghalang darah-otak.

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Kombinasi keduanya sangat ampuh dalam meningkatkan fungsi otak.

– Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar gembira bagi Anda yang saat ini sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan. Karena, salah satu manfaat teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Teh hijau telah terbukti dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak dalam jangka pendek, meskipun tidak semua penelitian setuju. Mengingat bahwa teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam jangka pendek, sehingga dapat efektif membantu Anda menurunkan berat badan dan untuk mengurangi lemak perut yang berbahaya.

– Dapat Menurunkan Risiko dari Beberapa Jenis Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah dari berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolorektal.

– Dapat Meningkatkan Kesehatan Gigi

Anda ingin meningkatkan kesehatan gigi? Dengan rajin mengonsumsi teh hijau Anda akan merasakan manfaat teh hijau untuk kesehatan gigi Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan beberapa virus. Ini dapat menurunkan risiko infeksi dan mengarah pada perbaikan kesehatan gigi, risiko karies yang lebih rendah dan mengurangi bau mulut.

Setelah membaca beberapa manfaat teh hijau di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba menikmati teh hijau dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan salam sehat!

Baca juga:

Konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter online 7 x 24 jam. Download aplikasinya di sini.

TS/PJ/MA

Referensi