Manfaat Kopi Hitam Tak Hanya untuk Mencegah Kantuk

Manfaat kopi hitam

Manfaat kopi hitam ; Kopi lebih dari sekedar minuman berwarna hitam. Banyak nutrisi dalam biji kopi yang membuatnya menjadi minuman pilihan. Tak hanya mencegah kantuk kopi hitam juga dapat melindungi Anda dari penyakit Alzheimer, lho. Lalu, apa saja manfaat lainnya?

 

Go DokKopi adalah salah satu minuman yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia. Mungkin Anda pun juga termasuk salah satu penikmat kopi. Namun, sebenarnya minuman berwarna hitam ini baik atau buruk bagi kesehatan? Para peneliti mengatakan bahwa “minum kopi mungkin lebih bermanfaat bagi kesehatan daripada merusaknya”. Lebih dari 200 penelitian menemukan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi per hari dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah jika dibandingkan dengan tidak minum kopi.

Kandungan di dalam kopi hitam

Sebelum kita mengupas manfaat dari minum kopi, mari kita cari tahu apa saja sih kandungan di dalam kopi? Kopi lebih dari sekedar minuman berwarna hitam. Banyak nutrisi dalam biji kopi yang membuatnya menjadi minuman pilihan. Satu cangkir kopi berisi:

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari Angka Kebutuhan Dasar (AKD).
  • Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% dari AKD.
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKD.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKD.

Yuk, sekarang kita lihat satu per satu manfaat kopi!

1. Kopi Dapat Meningkatkan Stamina

Manfaat kopi hitam yang paling umum yaitu membantu meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan kafein adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan diteruskan ke otak.

2. Kopi Bisa Melawan Depresi

Depresi adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Ini sangat umum dan sekitar 4,1% orang di AS saat ini memenuhi kriteria untuk depresi klinis. Dalam studi Harvard, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20% lebih rendah menjadi depresi. Manfaat kopi hitam tampaknya dapat menurunkan risiko mengembangkan depresi.

3. Kopi Dapat Melindungi Anda Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berusia di atas 65 tahun. Sayangnya, tidak ada obat yang diketahui untuk Alzheimer. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini muncul dengan makan sehat dan berolahraga, serta minum kopi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 65% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

4. Kafein dapat Menurunkan Risiko Parkinson

Sama seperti Alzheimer, sampai saat ini belum ditemukan obat untuk Parkinson. Dalam penelitian, peminum kopi memiliki risiko hingga 60% lebih rendah untuk mendapatkan penyakit Parkinson -gangguan neurodegeneratif kedua yang paling umum.

5. Peminum Kopi Memiliki Risiko Lebih Rendahterkena Beberapa Jenis Kanker

Manfaat kopi hitam ternyata dapat mencegah beberapa jenis kanker, lho. Suatu penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah –hingga 40% terkena kanker hati. Sebuah penelitian terhadap 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Itu tadi beberapa manfaat kopi hitam yang bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, alangkah lebih baiknya bila tetap bijak dalam mengonsumsi kopi agar Anda dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TS/PJ/MA

Referensi