Manfaat Ketan Hitam Bagi Tubuh Anda

Manfaat ketan hitam

Manfaat ketan hitam dilihat dari kandungan nutrisinya seperti zat besi, serat, protein dan antioksidan sangatlah baik untuk menjaga kesehatan Anda. Manfaat yang akan Anda rasakan menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, melancarkan sistem pencernaan dan mendukung pertumbuhan sel tubuh.

Go Dok Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan ketan hitam. Ya, biji-bijian berwarna ungu tua ini sangat populer digunakan sebagai bahan makanan tradisional indonesia, seperti bubur ketan hitam, kue bugis, dan lemang tapai.

Namun tahukah Anda dibalik warnanya yang gelap tersebut tersimpan sederet nutrisi yang baik bagi tubuh? Bahkan ketan hitam dianggap lebih sehat daripada beras putih yang biasa dikonsumsi orang indonesia sehari-hari, lho.

Pada zaman cina kuno, ketan hitam dianggap sebagai makanan mulia dan hanya disajikan bagi keluarga kerajaan karena kandungan nutrisinya dan kemampuannya menyembuhkan penyakit. Ada pula yang mengatakan jika rakyat biasa tertangkap mengonsumsi ketan hitam tanpa izin pada zaman tersebut, nyawa bisa jadi taruhannya! Wah, menarik sekali ya.

Berikut manfaat ketan hitam dilihat dari kandungan nutrisinya!

Zat Besi

Ketan hitam diketahui sebagai biji-bijian yang mengandung tinggi akan zat besi. Zat besi sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Selain itu zat besi juga berperan dalam kelancaran sirkulasi oksigen dan proses transmisi saraf tubuh. Zat sejuta manfaat ini dapat menunjang pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan tulang.

Antioksidan

Nah, manfaat  ketan hitam yang satu ini sangat dicintai oleh para wanita. Ketan hitam diketahui sebagai salah satu sumber antioksidan tinggi. Dalam hal ini, ketan hitam lebih disukai daripada blueberry karena mengandung antioksidan lebih tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.

Antioksidan terbukti secara klinis dapat menjaga kesehatan kulit dengan menangkal radikal bebas, racun, dan dapat mengurangi tanda penuaan dini. Itulah sebabnya antioksidan banyak ditemukan di produk-produk kecantikan. Ketan hitam sendiri sangat kaya akan anthocyanin antioxidants, yang bermanfaat melawan kanker, diabetes, obesitas, dan sakit jantung.

Serat

Tidak seperti beras putih, ketan hitam dikonsumsi bersama kulit luarnya. Dengan demikian kandungan serat dalam satu sendok ketan hitam masak lebih tinggi daripada beras putih. Anda pasti tahu kalau serat sangat penting bagi tubuh, bukan?

Manfaat ketan hitam yang mengandung serat ini  tidak hanya melancarkan sistem pencernaan, tapi  juga membantu meredakan level kolesterol, tekanan darah, dan membantu proses penurunan berat badan. Inilah mengapa makanan kaya serat dan rendah gula seperti ketan hitam dan oatmeal populer digunakan dalam program diet.

Bagi Anda yang ingin memulai program penurunan berat badan, cobalah mengganti konsumsi nasi putih harian dengan ketan hitam, ya.

Protein

Karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, para vegetarian sering memasukkan ketan hitam dalam menu sehari-harinya. Protein nabati yang terkandung dalam ketan hitam bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mendukung pertumbuhan sel tubuh.

Para body builder juga memanfaatkan protein untuk memperbaiki jaringan otot setelah olahraga intens, lho. Selain itu protein juga bagus untuk program pembentukan tubuh.

Nah, itulah manfaat ketan hitam bagi tubuh. Hingga kini ketan hitam masih sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun toko swalayan. Ketan hitam curah maupun kemasan sama sehatnya, meskipun terkadang ada perbedaan kandungan nutrisi antara merk satu dengan yang lainnya.

Anda dapat mengecek tabel nutrisi yang tertera pada kemasan untuk membandingkan kandungan nutrisi pada beberapa merk sebelum memutuskan untuk membelinya.

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

ZF/PJ/MA

Referensi