Manfaat Kayu Putih (Eucalyptus) yang Harus Anda Ketahui

Manfaat kayu putih

Manfaat kayu putih ; Biasanya Anda akan menggunakan minyak kayu putih untuk menyembuhkan masuk angin, meredakan kepala pusing hingga mengatasi perut kembung. Namun minyak kayu putih faktanya memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

Go DokKayu putih merupakan suatu nama tanaman yang cukup terkenal di Indonesia, terutama karena produk minyak yang dihasilkannya begitu sukses dipasarkan di kalangan masyarakat negeri ini. Sejak lama, kayu putih dan minyaknya dipercaya memiliki banyak manfaat, mulai dari menyembuhkan masuk angin, meredakan kepala pusing, hingga mengatasi perut kembung. Percaya atau tidak, manfaat kayu putih yang disebutkan tadi, memang benar terbukti di berbagai kalangan. Tak heran, semakin banyak perusahaan farmasi yang terus memproduksinya.

Nah, apa sajakah manfaat kayu putih secara keseluruhan? Berikut adalah daftar lengkapnya :

1. Meringankan gejala batuk dan gangguan pernafasan

Manfaat kayu putih yang pertama adalah meringankan gejala batuk dan gangguan pernafasan.  Aroma minyak kayu putih juga dapat digunakan layaknya dekongestan saat dihirup dan dipercaya bagus untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat.

2. Mengobati luka dan infeksi jamur

Peneliti di The University of Maryland Medical Center, baru-baru ini mendeskripsikan bagaimana obat tradisional suku Aborigin ini ternyata efektif dalam mengatasi hal ini. Saat ini, salep yang mengandung kayu putih juga banyak dijual di pasaran, dan dapat Anda gunakan sebagai pengobatan luka minor serta mencegah pembengkakan yang mungkin diakibatkannya. Tetapi, tentu saja Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya jika penyakit jamur atau luka yang dialami sudah berlangsung lama.

3. Meringankan gejala flu dan demam

Manfaat kayu putih yang selanjutnya adalah meringankan gejala flu dan demam. Ya, hal ini memang sudah dipercayai masyarakat Indonesia sejak dulu. Anda cukup mengoleskan minyak kayu putih pada tubuh penderita flu dan demam, atau membiarkan mereka menghirup aromanya, guna meringankan gejala penyakit tersebut.

4. Meredakan nyeri sendi

Penelitian baru-baru ini mengindikasikan bahwa kayu putih juga bisa meredakan nyeri sendi. Bahkan faktanya, banyak salep dan krim pereda nyeri sendi, rematik, dan osteoartritis yang dijual pasaran memiliki kandungan minyak esensial ini. Pasalnya, minyak kayu putih dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada beberapa kondisi seperti nyeri sendi dan nyeri otot.

5. Menyegarkan nafas

Manfaat kayu putih yang terakhir adalah menyegarkan nafas Anda. Percaya atau tidak, kandungan anti-bakteri pada kayu putih dapat membantu menghilangkan bau nafas tak sedap dan melawan kuman penyebabnya. Bahkan, beberapa obat kumur dan pasta gigi juga memiliki kandungan minyak kayu putih di dalamnya sebagai bahan aktif. Dikatakan pula, bahwa produk yang mengandung kayu putih dapat mencegah pembentukan plak pada gigi dan gusi dengan menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi. Hebat, bukan?

Nah, itu dia 7 manfaat kayu putih yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi