Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Cantik dan Cerah

manfaat jeruk nipis untuk wajah

Manfaat jeruk nipis tidak hanya dapat dirasakan bagi para pencinta kuliner, namun juga baik untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Siapa sangka, perasan jeruk nipis efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati, sehingga merangsang sel kulit baru untuk tumbuh.

Go DokMungkin belum banyak yang tahu tentang manfaat jeruk nipis untuk wajah, mengingat buah kecil yang satu ini selalu setia menjadi bahan penyedap tambahan pada sajian berkuah seperti soto. Memang jeruk nipis serupa dengan jenis buah citrus lainnya yang kaya akan vitamin C, dan nyatanya vitamin C baik untuk merawat serta merangsang regenerasi pada kulit.

Bentuknya yang kecil dan sangat mudah untuk didapatkan di manapun membuat jeruk nipis bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah di rumah, tanpa harus keluar banyak biaya ke salon kecantikan. Bahkan, tidak sedikit orang yang menanam jeruk nipis di pekarangan rumahnya.

Nah, mau tahu apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

  1. Baik untuk Mencegah Jerawat Datang

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dipercaya mampu mencegah jerawat datang dan memenuhi wajah mulus Anda. Untuk mendapatkan khasiat ini caranya cukup mudah, yaitu cukup campurkan air perasan jeruk nipis dengan madu. Didukung dengan kandungan anti-bakteri yang ada pada jeruk nipis rupanya mampu mengontrol produksi minyak (sebum) pada wajah. Gunakan setiap minggu sebagai bagian dari perawatan kulit wajah, ya!

  1. Mengurangi Bintik Hitam

Air perasan jeruk nipis dapat meringankan dan mengurangi bintik-bintik gelap pada wajah. Caranya mudah sekali, oleskan jeruk nipis menggunakan kapas ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu mencerahkan wajah, lho.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung setelah melakukan perawatan dengan jeruk nipis. Makanya, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya ketika keluar rumah, ya!

  1. Meredakan Bekas Luka Bakar

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih gelap atau terbakar. Nah, jeruk nipis dapat meredakan bekas luka bakar nih. Caranya, campurkan beberapa gram tepung dan dadih dan kemudian tambahkan beberapa air jeruk nipis.

Dadih sendiri merupakan sebuah produk yogurt hasil dari fermentasi dari susu kerbau yang disimpan di dalam bambu dan menjadi makanan khas rayat Minangkabau. Kemudian, oleskan secara merata pada kulit wajah dan biarkan mengering. Setelah itu, cuci muka dengan air dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan ini satu minggu sekali.

  1. Menghilangkan Ketombe

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan ketombe, tidak usah khawatir! Pasalnya, air jeruk nipis dapat menyingkirkan ketombe yang terus datang. Caranya, cukup tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam air dan gunakan sebagai bilasan terakhir ketika Anda mencuci rambut. Kandungan asamnya dapat membantu untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe.

  1. Mencerahkan Wajah

Selain digunakan untuk wajah, jeruk nipis juga dapat memberikan manfaat dari dalam tubuh, lho! Caranya, minum segelas air hangat dengan campuran madu dan air jeruk nipis. Minumlah setiap pagi untuk hasil yang maksimal!

Selain itu, racikan perasan jeruk nipis dengan kecap juga dipercaya untuk meredakan batuk akibat gatal pada tenggorokan, lho.

  1. Mengencangkan Pori-pori

Jeruk nipis memiliki kandungan astringents yang terbukti dapat mengencangkan otot wajah. Seiring dengan hal tersebut, maka pori-pori wajah pun ikut mengencang sehingga mencegah kotoran dan minyak terjebak dalam pori-pori penyebab jerawat dan komedo. Ditambah, kandungan pada perasan air jeruk nipis juga mampu mengurangi produksi minyak pada kulit dan membuat wajah lebih cerah.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ini lah manfaat jeruk nipis untuk wajah yang sudah disebutkan sebelumnya. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang terbukti dapat mengangkat sel kulit mati. Tentunya Anda menyadari dong, ketika sedang berada di luar ruangan di dalam perjalanan pulang, begitu banyak kotoran dan debu polutan yang menempel pada lapisan terluar kulit dan menyebabkan wajah tampak kusam.

Ketika sel kulit mati terangkat, maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bersinar tanpa adanya sel kulit mati yang menumpuk. Pengangkatan sel kulit mati ini juga dapat mencegah penyumbatan pori-pori. Selain itu, seiring sel kulit mati terangkat, maka dapat merangsang sel kulit yang baru untuk tumbuh dan memberi penyegaran pada kulit wajah.

Nah, itu dia segudang manfaat jeruk nipis untuk wajah cerah dan bersinar. Jadi, sudah siap mencoba perawatan alami pada wajah yang satu ini? Selamat mencoba!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

GT/PJ/TP

Referensi