Manfaat Jeruk Lemon Yang Belum Anda Ketahui

Manfaat jeruk lemon

Manfaat jeruk lemon ; Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Beberapa manfaat jeruk lemon bagi kesehatan yaitu menurunkan risiko stroke, mencegah kanker sampai meningkatkan sistem imun.

 

Go Dok Semua setuju, lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Bahkan, tidak jarang lemon dijadikan sebagai rasa utama dalam sebuah produk minuman bervitamin.

Memang, kebanyakan khalayak mencari manfaat jeruk lemon guna mendapat efek dari vitamin tersebut. Padahal, lemon tidak hanya kaya akan vitamin C, lho. Rupanya, masih banyak vitamin dan mineral lain yang terkandung dalam buah ini, yang tentunya baik bagi kesehatan kita.

Sebagai perbandingan, sebuah lemon ukuran sedang berbobot setengah ons, mampu mencukupi 40 persen kebutuhan vitamin C Anda sepanjang hari. Bahkan, kulitnya memiliki kandungan vitamin dua kali lipat jumlah sari buahnya, lho.

Mau tahu lebih banyak manfaat jeruk lemon? Makanya, jangan segan untuk cek artikel di bawah ini, ya!

 1. Menurunkan risiko stroke

Sebuah pulbikasi dari American Heart Association menyatakan, buah-buahan dari jenis sitrus dapat menurunkan risiko stroke bagi kaum hawa. Sebuah penelitian kepada 70 ribu perempuan yang dilakukan selama 14 tahun menyebutkan bahwa manfaat jeruk lemon mampu menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah hingga 19 persen, lho!

2. Mempertahankan tekanan darah normal

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah, perlu, nih, untuk memasukan jeruk lemon dalam menu harian Anda. Pasalnya, sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasan berjalan kaki dan mengonsumsi buah lemon secara teratur memiliki tekanan darah yang lebih stabil.

3. Mencegah kanker

Kanker sudah dikenal sebagai salah satu penyebab kematian utama. Padahal nyatanya, penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi sari lemon secara rutin, lho.

Antioksidan yang terkandung dalam buah ini mampu mencegah pembentukan radikal bebas yang sudah terkenal sebagai pemicu kanker. Nah, dengan begini, risiko kanker bisa diturunkan kan?

4. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C memegang peran penting dalam pembentukan kolagen yang mendorong reproduksi sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak atau mati pada sebuah jaringan, termasuk jaringan kulit.

Nah, ketika dikonsumsi dalam bentuk sari buah maupun suplemen, vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon membantu melawan kerusakan sel kulit akibat paparan matahari dan polusi. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan, lho.

Nah, untuk Anda yang ingin tetap terlihat muda, cukupkan konsumsi vitamin C Anda sehari-hari ya!

5. Mencegah asma

Sebuah hasil penelitian dalam Allergy, Asthma and Clinical Immunology menyebutkan bahwa penyakit asma bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi nutrisi tertentu, termasuk vitamin C.

Seperti yang sudah Anda ketahui, penyakit asma bisa disebabkan oleh saluran pernapasan yang terlalu sensitif, sehingga udara yang tidak higienis bisa saja dengan mudah menimbulkan infeksi di daerah ini. Nah, vitamin C dipercaya ampuh untuk menurunkan sensitifitas tersebut.

 6. Memaksimalkan penyerapan zat besi

Kekurangan zat besi merupakan faktor utama penyebab anemia. Bahkan, risiko lebih besar dapat terjadi pada penduduk di negara berkembang lho, seperti Indonesia.

Memadukan makanan yang mengandung zat besi dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk lemon bisa meningkatkan penyerapan zat tersebut. Dengan begini, penyakit anemia dan gejalanya dapat dicegah, deh.

 7. Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat jeruk lemon ialah meningkatkan sistem imun dengan vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Kemampuan vitamin C dalam mencegah penyakit seperti demam dan flu memang tidak terlalu signifikan. Namun, durasi penyakit tersebut bisa diturunkan secara drastis, lho. Nah, bagi Anda yang mudah terserang demam dan flu, mungkin sebaiknya Anda perlu mengonsumsi jeruk lemon lebih banyak lagi.

Nah, itulah manfaat jeruk lemon yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Mulai sekarang, pastikan selalu buah ini terus tersedia dalam mesin pendingin Anda, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ

Referensi