Manfaat Jagung dan Kandungan Nutrisinya

Manfaat jagung

Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi dalam jagung bermacam mulai dari air, lemak, karbohidrat, protein, lemak, omega-3 juga vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk kesehatan jantung, pencernaan hingga menaikkan berat badan.

Go DokJagung oh jagung. Siapa tak kenal panganan yang satu ini? Nyatanya, jagung merupakan salah satu jenis makanan yang digemari hampir di seluruh dunia. Bahkan, beberapa negara menjadikan jagung sebagai makanan pokok di samping nasi dan gandum.

Tak hanya itu, jagung juga terkenal dapat diolah menjadi beragam wujud, mulai dari tepung, popcorn, atau bubur. Selain populer karena rasanya yang lezat, jagung juga ternyata sarat akan kandungan nutrisi, lho! Penasaran apa saja manfaat jagung dan kandungan nutrisinya? Yuk, simak penjelasan lengkap berikut ini!

Kandungan nutrisi jagung

Jagung memiliki kadar kandungan air sekitar 73% di setiap penyajiannya, serta kandungan lemak dan protein yang sangat sedikit. Selain itu, dalam tiap buah jagung terkandung sekitar 96 kkal yang dapat melengkapi kebutuhan kalori harian Anda. Tak hanya itu, jagung juga memiliki kandungan lain sebagai berikut :

  • Protein : 3,4 gr
  • Karbohidrat : 21 gr
  • Glukosa : 4,5 gr
  • Serat : 2,4 gr
  • Lemak : 1,5 gr
  • Omega -3 : 0,02 gr
  • Omega -6 : 0,59 gr.

Tak hanya itu, jagung juga mengandung beragam vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, hal ini akan bergantung pada wujud jagung yang Anda konsumsi ; popcorn misalnya, akan lebih kaya akan mineral sementara jagung manis lebih kaya akan vitamin.

Mineral yang dimaksud termasuk fosfor, mangan, magnesium, zinc, tembaga, asam folat, niacin, potasium, dan zat besi. Sementara vitamin yang dimaksud termasuk vitamin B6 dan vitamin E.

Lalu, apa saja manfaat jagung untuk kesehatan?

1. Memperlancar jalannya pencernaan

Tentunya, manfaat jagung dan kandungan nutrisinya akan selalu berhubungan. Salah satunya adalah dalam hal serat, yang terkenal akan fungsinya dalam melancarkan pencernaan. Kandungan serat akan membuat Anda terhindar dari penyakit seperti konstipasi dan BAB berdarah. Kandungan air yang cukup tinggi di dalam jagung juga akan mendukung manfaat sehat yang satu ini.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan, jagung juga mengandung jenis serat lainnya -soluble- yang memiliki manfaat tersendiri bagi jantung Anda. Jenis serat yang satu ini mampu mengikat kolesterol yang masuk ke dalam tubuh dan membawanya keluar dari tubuh Anda, yang pada akhirnya dapat menekan risiko darah tinggi dan mengurangi risiko Anda dalam terkena penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, The Institute of Medicine merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi kandungan serat dari jagung sesuai kadar yang dibutuhkan secara rutin.

3. Memperlancar sistem metabolisme tubuh

Selanjutnya, manfaat jagung untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Tubuh Anda membutuhkan asam folat yang terkandung dalam vitamin B untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Selain fungsi vital tersebut, asam folat juga mampu mengeluarkan homocysteine dari dalam sistem aliran darah Anda yang secara tidak langsung akan mengurangi risiko kerusakan pada pembuluh darah Anda sekaligus melindungi kesehatan jantung.

4. Mencegah cacat dalam kelahiran

Selain untuk metabolisme, asam folat yang terkandung dalam jagung nyatanya juga penting untuk dikonsumsi ibu hamil atau yang tengah merencanakan kehamilan. Pasalnya, asam folat dapat mendukung perkembangan janin sekaligus mencegah terjadinya cacat lahir pada si jabang bayi, terutama pada minggu-minggu pertama setelah janin mulai berbentuk.

5. Mencegah hemorrhoid

Kandungan serat dalam jagung, jika Anda mengonsumsinya secara rutin, dapat mencegah terjadinya hemorrhoid. Tak hanya itu, serat juga terbukti dapat menurunkan risiko Anda dalam terkena kanker usus, serta mencegah terjadinya diare.

6. Meningkatkan berat badan

Terakhir, manfaat jagung dapat meningkatkan berat badan Anda. Jagung merupakan salah satu pakan yang cukup penting, terutama bagi wilayah dunia yang penduduknya kerap mengalami malnutrisi. Pasalnya, jagung merupakan material yang sangat baik untuk memperoleh asupan gizi dan berat badan yang seimbang. Kandungan kalori di dalam 100 gr jagung saja sudah mencapai 342 kalori, yang berkontribusi cukup tinggi dalam memenuhi kebutuhan kalori Anda sehari-hari.

Nah, itu dia 6 manfaat jagung dan daftar kandungan nutrisinya yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

 Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.